Blog Bisnis - Mengapa Perusahaan butuh Blog? - Blog adalah media marketing jangka panjang yang akan membawa anda pada kesuksesan. Blog untuk bisnis adalah perangkat pemasaran yang berguna untuk meningkatkan kunjungan ke webite anda dan mendapatkan kontak calon konsumen potensial. Secara fakta memang blog memiliki manfaat bagi perusahaan, namun masih banyak dari mereka para pelaku usaha yang meremehkannya. Blog bisa menjadi media untuk merepresentasikan profesionalisme seseorang dan membangun kepercayaan calon pelanggan.
Melalui artikel ini, kami mencoba membagikan kepada yang benar-benar memerlukan, manfaat terbesar blog untuk bisnis anda.
Bisakah blogger digunakan untuk kepentingan promosi bisnis online?
Bisa sangat!
Trus gimana caranya?
Iya, kita buat blog dari blogger. Lalu dijadikan sebagai sarana prasarana pemasaran bisnis online.
Itu sudah cukup? Pelanggan potensial akan langsung memberi produk kita. Secepat dan semudah itukah?
Berikut dibawah ini Keuntungan dan langkah-langkah sederhana memanfaatkan blog untuk perusahaan :
- Keuntungan Pertama :
Blog memberikan kontribusi yang kuat untuk optimasi website anda. Dengan menulis berbagai artikel lalu menerbitkannya (Tapi bukan sebarangan artikel, disarankan agar sesuai jenis blog usaha anda), halaman itu berkesempatan terindeks oleh mesin pencarian Google. Dengan demikian blog membantu website anda mendapatkan tempat yang lebih baik di hasil pencarian Google diantara pesaing-pesaing anda.
Berikut dibawah ini beberapa cara optimasi sederhana blog;
- Update Blog secara reguler. Update blog sangatlah penting, disarankan melakukan update minimal dua kali seminggu. Usahakanlah artikelnya yang benar-benar berkualitas, unik, dan bermanfaat bagi banyak orang.
Lakukan Optimasi Kata Kunci yang Sesuai pada artikel anda
Pertimbangkan kata kunci yang tepat yang akan dimasukkan calon pengunjung website di mesin pencari. Buat judul artikel anda dengan menggunakan kata kunci yang sesuai dengan bisnis anda jalankan dan mampu meningkatkan peringkat di mesin pencari
Berikut cara optimasi Kata Kunci ;
- Pahami apa yang dibutuhkan pengguna mesin pencari. Kira-kira apa yang menyebabkan seseorang menggunakan mesin pencari? Iya, yang pasti jawabannya adalah Informasi. Mereka menggunakan search engine tentu untukecari informasi yang penting bagi mereka. Jadi tugas kita sebagai blogger menyediakan bagi mereka yang butuh informasi.
- Bagaimana kita mengetahui informasi yang dibutuhkan pelanggan? Untuk mencari tahu apa yang dibutuhkan pemakai mesin pencari dengan melakukan yang namanya riset kata kunci (keyword). Riset kata kunci adalah proses mencari tahu tentang apa yang dibutuhkan oleh pengguna mesin pencari. Riset kata kunci dapat dilakukan Google Keyword Planner dan Ubersuggest.org
- Pahami apa yang dibutuhkan oleh Google. Google sangat menyukai konten berkualitas, oleh sebab itu ketika mengoptimalkan SEO (searh engine optimization) kita perlu menulis konten yang berkualitas. Pengguna google dan google sendiri membutuhkan konten yang bagus. Google akan menyuaki website/blog yang bisa menyajikan konten yang dibutuhkan oleh pengguna google. Jadi jika kita ingin google menampilkan website kita di halaman pertama pecarian, tentu harus menyajikan artikel yang bersifat informasi dibutuhkan pengguna google.
- Keuntungan Kedua :
Blog untuk bisnis adalah perangkat untuk menunjukkan potensi bisnis anda, dengan membagikan informasi kepada umum berkaitan dengan usaha anda berupa opini , tips dan trik. Hal ini berguna untuk membangun kepercayaan calon konsumen setelah menampilkan keahlian melalui blogger.
Kita harus mampu memberikan solusi tentang masalah terbesar apa yang dimiliki oleh para pelanggan. Caranya mudah dengan menuliskan daftar-daftar yang kita-kira proble yang sering dijumpai oleh konsumen. Kemudian melalui blogger, bagikan sulosi terhadap masalah-masalah tersebut kepada semua orang secara gratis.
Menunjukkan keahlian dengan artikel pada blog, akan secara tidak langsung membuat anda mengungguli pesaing-pesaing anda dalam kepercayaan dari pelanggan. Konsumen akan menganggap anda sebagai ahlinya karena selalu tahu cara menyelesaikan masalah mereka.
Setelah mendapatkan kepercayaan calon pelanggan dari artikel, yakinlah bahwa orang akan memutuskan membeli setelah membaca informasi dari blog bisnis yang dibuat.
- Blog Sebagai Pemasaran Jangka Panjang
Seharusnya wirausahawan harus sadar betul bahwa memiliki blog didalam website adalah strategi pemasaran jangka panjang. Selain itu bisa diandalkan dalam membangun merek anda. Jangan remehkan kekuatan blog. Blog di dalam website bisnis dapat memberikan kesempatan unik untuk meningkatkan eksposur dan membangun hubungan dengan konsumen, meningkatkan loyalitas merek. Jika belum memulainya, maka segera luncurkan bisnis anda secara online dan capai keuntngan yang lebih besar. (Baca Juga : Tips Cara Membangun Merek Bisnis Yang Kuat)
Comments
Post a Comment