Skip to main content

Apa itu Bisnis Online?

Apakah itu Bisnis Online?Bisnis online adalah suatu aktifitas baik jasa maupun produk yang ditawarkan semua melalui media internet. Mulai dari bergabung, negoisasi dan transaksi. Bisnis online merupakan segala jenis kegiatan bisnis yang dilakukan secara online (melalui internet). Setiap pelaku usaha yang sebagian aktivitasnya ataupun semua aktivitas bisnisnya dilakukan melalui internet, bisa dikatakan mereka menjalankan bisnis online. Bicara bisnis online, tidak akan ada habisnya. Banyak sekali jenis dari bisnis online yang sedang marak saat ini. Misalnya MLM (Multi Level Marketing), PPC (Pay per Clikc), affiliasi, toko online dan masih banyak lagi. Saat ini boleh dikatakan hampir seluruh orang mengetahui apa itu bisnis online. Bisnis online sendiri terdiri dari 2 kata yaitu bisnis dan online. Bisnis adalah suatu usaha atau kegiatan yang dilakukan oleh individu maupun kelompok demi mendapatkan keuntungan dengan cara memproduksi produk atau jasanya untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. Sementara Online menurut pada ahli adalah suatu kegiatan yang terhubung melalui jaringan internet komputer dan dapat diakses melalui komputer sejenis lainnya.
Apakah Bisnis Online itu?
Sumber by mediaonlinecenter.com
Jenis Bisnis Online
Kegiatan bisnis online ini bisa diwujudkan dalam berbagai jenis (wujud tampilan di internet). Antara lain berbentuk:

  • Website
  • Toko online atau marketplace
  • Blog
  • Akun sosial media

Beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan diantaranya yakni:

  • Hemat biaya sewa tempat dan karyawan
  • Produknya fleksibel, bisa banyak macam
  • Kemudahan akses lewat internet, kapan saja dan dari mana saja, 24 jam 7 hari seminggu

Bisnis online di bagi menjadi 3 bagian, yaitu:

  • Online to Online: ini merupakan sebuah bisnis yang di lakukan secara online. Seperti contoh, kita membuka jualan domain dan hosting, ebook, jasa web design, SEO service, dan lain-lain.
  • Online to Offline: ini merupakan salah satu bisnis online yang di jalankan secara ofline. Seperti contoh, jika kita membuka seminar internet markting, membuka pelatihan design web, kursus SEO Blog, dan lain-lain.
  • Offline to Online: ini merupakan aktifitas kita sehari-hari sebagai wirausaha yang membuka bisnis-nya dalam keadaan offline kemudian dipromosikan secara online melalui media social. Seperti contoh, kita membuka toko baju online, toko aksesoris online, dan lain-lain.

Bisnis online setiap waktu memiliki prospek yang besar. Puncaknya mulai beberapa tahun yang lalu dan tiba saat ini. Bisnis menjadi bisnis paling banyak diminati masyarakat Indonesia bahkan masyarakat Dunia. Bukan hanya pengusaha, melihat animo masyarakat yang lebih suka berbelanja secara online. Membuat banyak muncul pengusaha online. Karena pekerjaan ini dapat dilakukan darimana saja dan kapanpun. Kalau dulu produk yang dijual secara online mungkin cukup terbatas dalam beberapa jenis seperti elektronik, fashion dll. Namun kini, hampir seluruh produk yang dibutuhkan masyarat sudah dijual secara online. Mulai dari peralatan rumah tangga hingga kebutuhan sehari-hari rumah tangga.

Bicara tentang keuntungan dalam online. Keuntungan terlibat dalam dunia online ini memang mempermudah setiap orang dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Tanpa kita sadari bahwa manusia semakin manja dengan munculnya teknologi baru dan inovasi baru setiap waktu. 

Melihat prospek besar dalam dunia online ini memberikan keuntungan pada dua sisi kehidupan manusia. Satu sisi memberikan keuntungan pada pebisnis online dan satu sisi lagi memberi keuntungan kepada pengguna. Pengguna dimudahkan dalam segala hal. Mulai dari memilih produk yang di inginkan, negoisasi, transaksi hingga produk dibeli sampai pada tangan konsumen. Banyaknya pebisnis online membuat konsumen bebas memilih barang sesuai keinginan, sehingga menjadikan pengusaha melakukan segala hal demi menarik perhatian para calon konsumen. 

Seiring dengan meningkatkan pengguna internet dan juga pertumbuhan ekonomi indonesia saat ini. Perusahaan-perusahaan besar dan kecil pun tidak mau ketinggalan merasakan nikmatnya bisnis online. Dulu barang yang dipasarkan secara offline kini dipasarkan secara online untuk meningkatkan penjualan sekaligus membuat merek lebih populer. Bisnis online pun saat ini bisa dijadikan sebagai mesin penghasil uang. Tidak dipungkiri banyak meraih kesuksesan dalam menjalankan bisnis online, walaupun tak banyak juga gagal ditengah jalan. Pengusaha sukses online pun bermunculan dengan berbagai kisah suksesnya masing-masing.

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu