Tips Pengusaha - Jadilah Solusi dalam Bisnis Anda - Apakah anda pengusaha yang masih baru atau sudah berpengalaman? Krisis atau masalah dalam sebuah perusahaan dapat seketika menghandatam usaha anda secara tiba-tiba. Sesuatu dapat berubah atau suatu masalah datang tanpa peringatan. Disini anda sebagai pengusaha harus bisa berjuang untuk mempertahankan bisnis anda. Kekuatan bertahan merupakan salah satu ciri penting yang harus dimiliki seseorang entrepreneur. Kekuatan untuk percaya dan yakin pada diri sendiri dalam menghadapi krisis akan membuat anda dapat bertahan pada visi anda, bahkan ketika hasilnya tidak seperti yang diharapkan.
Bagi pemilik bisnis baru, mungkin banyak yang tidak akan mampu bertahan ketika sebuah krisis menghantam bisnisnya. Sehingga beberapa pemilik bisnis kecil atau menengah langsung menyerah. Padahal memang di awal menjalankan bisnis selalu ada goyangan-goyangan sering mencoba menguji perusahaan anda. Menjadi pengusaha berarti memberikan semua yang terbaik dan mengeluarkan segenap kemapuan untuk membawa bisnis menuju kesuksesan. Bukan malah menyerah dan menyalahkan orang lain sebagai perusak bisnis anda. Tapi seharusnya bekerja menyelesaikan masalah dan mencari solusi kreatif melalu kebijaksanaan dan strategi. Karena pada umumnya pengusaha muda atau pengusaha pemula sering terbawa emosi dalam menghadapi rintangan dan tantangan yang datang.
Kita selalu berharap untuk tidak menjumpai masalah, baik dalam usaha bahkan dalam hidup. Padahal kenyataan, kadang masalah dapat membuat seseorang untuk belajar. Kita itu harus belajar dan terbiasa mengatasi rintangan dan tantangan yang menghampiri hidup atau pun bisnis. Apalagi anda membiarkan karyawan anda mengatasi masalah tersebut, yang akhirnya bisnis pun terbengkalai. Jadi bagaimana ketika perusahaan anda tersandung satu atau dua masalah setiap minggu? Akankah anda membiarkannya. Jangan lari! Kelola krisis dan arahkan ke arah yang menguntungkan. Selalu siapkan solusi dan tetaplah pada jalur yang tepat.
Seorang pengusaha harus selalu memiliki solusi untuk setiap masalah yang datang dalam bisnis anda. Hal itu juga akan menunjukkan bahwa anda adalah orang yang tepat menjadi seorang bos bagi anak buah anda. Saya pernah mempunyai seorang Bos, yang selalu mempunyai macam jawaban dan solusi untuk setiap pertanyaan dan krisis. Padahal jika dipikirkan lagi, penyelesaiannya cukup simple. Satu hal yang dapat saya simpulkan dari Bos saya tersebut adalah bahwa apa pun masalah yang datang pertama harus dipikirkan dengan tenang. Memang, kebanyakan orang terlebih pemula ketika menghadapi satu masalah langsung terbawa emosi.
Sebagai seorang pengusaha, anda harus bertanggung jawab mencari dan menjadi solusi bagi perusahaan anda. Artinya pastikan anda mengerti lika-liku bisnis anda sendiri.
Anda juga harus memperhatikan karyawan anda. Jangan terlalu cepat menilai mereka sebagai orang yang tak dapat bekerja dan menyelesaikan kendala dalam perusahaan. Pengusaha sering menilai anak buahnya tidak mempunyai kemampuan yang bagus untuk bekerja dengannya. Menilai kinerja karyawan tidak tepat dengan visi dan misis perusahaan anda. Karyawan anda tidak betah bekerja di perusahaan anda. Tidak loyalitas.
Sebelumnya anda harus bertanya pada diri sendiri. Apa benar kinerja anak buah anda lemah atau kenapa karyawannya ada sering keluar masuk? Pernahkah ada bertanya apa alasan mereka keluar dari bisnis anda? Apakah memang benar mereka tidak mempunya kemapuan? Begitulah pemilik bisnis yang sering menyalahkan orang lain, menyalahkan kebijakan pemerintah, menyalahkan lulusan baru yang banyak permintaan. Tapi tanya dulu apakah mereka nyaman dalam perusahaan anda? Apakah anda pengusaha yang nyaman bagi anak buah anda? Tanya lagi, apa yang sudah perusahaan berikan kepada karyawan anda?
Baca Juga :
Menjadi solusi di setiap aspek bisnis anda bukanlah hanya tentang menyelesaikan krisis. Menjaga citra di mata publik pun sama pentingnya , apa yang dikomunikasikan di hadapan orang-orang yang memperhatikan anda. Anda tidak harus selalu berfokus pada hal-hal teknis jalannya bisnis lalu melupakan apa yang anda hadapi di dalam perusahaan. Sangatlah penting anda tahu bagaimana dengan membawa diri anda pada orang yang ditemui.
Comments
Post a Comment