Skip to main content

Tips Cara Membangun Merek Bisnis Yang Kuat

Tips Cara Membangun Merek Bisnis Yang KuatMerek adalah istilah, simbol, nama, desain yang digabung menjadi satu untuk mengenali sebuah produk, layanan, sebuah instansi, perusahaan dan lain-lainnya dari pemilik untuk membedakan dari produk atau jasa lainnya. Membangun merek yang kuat kini telah menjadi salah satu kewajiban pengusaha agar jualannya memiliki perbedaan dengan produk yang lain. Sekarang sebuah merek yang terkenal bisa menjadikan barang itu semakin mahal, dan menandakan bahwa itu barang bagus.

Pada dasarnya brand atau merek sangat penting bagi usaha apapapun, baik usaha kecil menengah (ukm) dan terlebih bagi perusahaan besar. Pengusaha pun mempertaruhkan segalanya demi sebuah merek, dan membuat strategi promosi merek sekuat-kuatnya. Dengan tenaga dan kemampuan. 

Manfat merek adalah Sebagai sarana memudahkan proses pecalakan produk bagi setiap perusahaan agar konsumen dapat mencirikan suatu produk yang dimiliki perusahaan sehingga dapat membedakan. Konsumen pada umumnya akan lebih memilih merek yang terkenal daripada yang tidak. Walaupun terkadang itu membuat suatu barang menjadi lebih mahal dibandingkan pesaingnya. 

Sehingga pebisnis pun berlomba-lomba membangun merek yang kuat, selain itu merek juga berpengaruh terhadap citra perusahaan dan reputasi perusahaan di mata konsumen. Merek juga boleh dikatakan sebagai aset bisnis yang berharga perusahaan untuk jangka panjang. Banyak orang yang berpendapat bahwa brand terkenal artinya produknya berkualitas. Bahkan masyarakat rela membayar lebih demi mendapatkan produk itu. 

Baca Juga : 5 Cara Pengusaha Berhasil Membangun Merek Sendiri

Tips Cara Membangun Merek Bisnis Yang Kuat
Bahkan kini merek sudah dilalui Undang-Undang merek yang memberikan hak eklusif kepada perusahaan. Yang artinya tidak ada yang boleh memakai nama merek yang sudah dipatenkan tersebut. UU merek berguna untuk mencegah pihak-pihak lain untuk memasarkan produk-produk yang identik atau mirip dengan merek yang dimiliki oleh perusahaan bersangkutan dengan menggunakan merek yang sama. 


Berikut Manfaan Merek Menurut Beberapa Ahli :
Menurut Bilson Simamora (2001;153) - dikutip dari laman ilmumanajemenpemasaran.wordpress.com
  • Manfaat Merek Bagi Konsumen
  • Merek dapat menceritakan sesuatu kepada pembeli tentang suatu mutu produk maupun jasa
  • Merek mampu menarik perhatian pembeli terhadap produk-produk baru yang mungkin akan bermanfaat bagi mereka.

Manfaat merek bagi perusahaan
  • Merek memudahkan penjual dalam mengolah pesanan dan menelusuri masalah yang timbul.
  • Merek dapat memberikan perlindungan hukum atas keistimewaan yang dimiliki oleh suatu produk.
  • Merek memungkinkan untuk menarik sekelompok pembeli yang setia dan menguntungkan.
  • Merek membantu penjual dalam melakukan segmentasi pasar.

Manfaat Merek Bagi Publik (Konsumen)
  • Pemberian merek memungkinkan mutu produk lebih terjamin dan lebih konsisten.
  • Merek dapat meningkatkan efisiensi pembeli karena merek dapat menyediakan informasi tentang produk dan dimana dapat membeli produk tersebut.
  • Merek dapat meningkatkan inovasi produk baru, karena produsen terdorong untuk menciptakan keunikan baru guna mencegah peniruan dari para pesaing.

Manfaat Merek Menurut Keller - 2003 (Dikutip dari laman pemasaranlanjutan.blogspot.com)
Bagi Produsen
  • Sarana identifikasi untuk memudahkan proses penanganan atau pelacakan produk bagi perusahaan, terutama dalam perngorganisasian dan pencatatan akuntansi.
  • Bentuk proteksi hukum terhadap fitur atau aspek produk yang unik. Merek bisa mendapatkan perlindungan properti intelelktual. Nama merek bisa diproteksi melalui merek dagang terdaftar (registered trademarks), proses pemanufakturan bisa dilindungi melalui hak paten dan kemasan bisa diproteksi melalui hak cipta (copyrights) dan desain. Hak-hak properti intelektual ini memberikan jaminan perusahaan dapat berinvestasi dengan aman dalam merek yang dikembangkannya meraup manfaat dari asset bernilai tersebut.
  • Signal tingkat kualitas bagi para pelanggan yang puas, sehingga mereka bisa dengan mudah memilih dan membelinya lagi di lain waktu. Loyalitas mereka seperti ini menghasilkan predictability dan security permintaan bagi perusahaan dan menciptakan hambatan masuk yang menyulitkan peusahaan lain untuk memasuki pasar.
  • Sarana menciptkan asosiasi dan makna unik yang membedakan produk dari pesaing.
  • Sumber keunggulan kompetitif, terutama melalui perlindungan hukun, loyalitas pelanggan dan citra unik yang terbentuk dalam benak konsumen.
  • Sumber financial returns, terutama menyangkut pendapatan masa mendatang
Baca Juga : Tips Pengusaha - Rasa Lapar Dalam Bisnis

Manfaat Merek Bagi Konsumen (Keller 2003)
  • Sebagai identifikasi sumber produk
  • Penetapan tanggung jawab pada pemanufaktur atau distributor tertentu
  • Pengurangan resiko
  • Penekanan biaya pencarian (search cost) internal dan eksternal
  • Janji atau ikatan khusus dengan produsen
  • Alat simbolis yang mempropyeksikan citra diri
  • Signal kualitas

Berikut adalah beberapa tips cara membangun merek yang kuat :
  • Memiliki konsep yang tepat, konsep yang baik adalah yang dapat mengkomunikasikan semua elemen-elemen nilai merek yang tepat, sehingga brand image dapat terus-menerus ditingkatkan
  • Menentukan nama merek, makna, dan desain yang menarik sesuai dengan target market
  • Membuat logo sesuai dengan karakter produk anda
  • Melakukan inovasi terhadap produknya agar mereknya ingin bertahan lama, seperti membuat produk baru, varian baru
  • Menjadi ahli dibidang anda. Anda harus tahu kelebihan dari produk anda, anda harus menjadi ahli atas produk yang dijual.
  • Merek yang kuat bukan dibangun dari promosi saja melainkan dibarengi dengan kualitas.
  • selalu membuat produk yang berkualitas yang membangun image positif
  • Melakukan promosi secara terus menerus agar merek cepat dikenal oleh masyarakat agar bisa meningkatkan brand awarness. Salah satu media yang banyak diperbincangkan saat ini adalah media sosial. Media sosial banyak digunakan pebisnis pemula untuk melakukan promosi.
  • Merek yang baik akan memperhatikan kemasan produk, karena identitas dari sebuah produk  adalah tampilan kemasan
  • Untuk membangun sebuah merek juga bisa dilakukan dengan strategi iklan melalui media televisi dan radio
  • Membangun jaringan yang luas dapat memperkenalkan merek 
  • Membuat sebuah website atau blog - Kini blog dan website sangat baik untuk meningkatkan citra merek
  • Membuat seminar untuk mengedukai tentang manfaat produk ke calon konsumen. Selain berbagi informasi tentang manfaat, merek juga berinteraksi lebih dekat dengan konsumen

Comments

  1. Mantap komplit sekali tips nya.. perlu dipelajari dan di praktekkan.
    Kalo boleh saya juga ingin berbagi tips langkah membangun citra bisnis di sini..
    terima kasih atas bantuannya
    salam sukses

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu