Tips Cara Membangun Merek Bisnis Yang Kuat - Merek adalah istilah, simbol, nama, desain yang digabung menjadi satu untuk mengenali sebuah produk, layanan, sebuah instansi, perusahaan dan lain-lainnya dari pemilik untuk membedakan dari produk atau jasa lainnya. Membangun merek yang kuat kini telah menjadi salah satu kewajiban pengusaha agar jualannya memiliki perbedaan dengan produk yang lain. Sekarang sebuah merek yang terkenal bisa menjadikan barang itu semakin mahal, dan menandakan bahwa itu barang bagus.
Pada dasarnya brand atau merek sangat penting bagi usaha apapapun, baik usaha kecil menengah (ukm) dan terlebih bagi perusahaan besar. Pengusaha pun mempertaruhkan segalanya demi sebuah merek, dan membuat strategi promosi merek sekuat-kuatnya. Dengan tenaga dan kemampuan.
Manfat merek adalah Sebagai sarana memudahkan proses pecalakan produk bagi setiap perusahaan agar konsumen dapat mencirikan suatu produk yang dimiliki perusahaan sehingga dapat membedakan. Konsumen pada umumnya akan lebih memilih merek yang terkenal daripada yang tidak. Walaupun terkadang itu membuat suatu barang menjadi lebih mahal dibandingkan pesaingnya.
Sehingga pebisnis pun berlomba-lomba membangun merek yang kuat, selain itu merek juga berpengaruh terhadap citra perusahaan dan reputasi perusahaan di mata konsumen. Merek juga boleh dikatakan sebagai aset bisnis yang berharga perusahaan untuk jangka panjang. Banyak orang yang berpendapat bahwa brand terkenal artinya produknya berkualitas. Bahkan masyarakat rela membayar lebih demi mendapatkan produk itu.
Baca Juga : 5 Cara Pengusaha Berhasil Membangun Merek Sendiri
Baca Juga : 5 Cara Pengusaha Berhasil Membangun Merek Sendiri
Bahkan kini merek sudah dilalui Undang-Undang merek yang memberikan hak eklusif kepada perusahaan. Yang artinya tidak ada yang boleh memakai nama merek yang sudah dipatenkan tersebut. UU merek berguna untuk mencegah pihak-pihak lain untuk memasarkan produk-produk yang identik atau mirip dengan merek yang dimiliki oleh perusahaan bersangkutan dengan menggunakan merek yang sama.
Berikut Manfaan Merek Menurut Beberapa Ahli :
Menurut Bilson Simamora (2001;153) - dikutip dari laman ilmumanajemenpemasaran.wordpress.com
- Manfaat Merek Bagi Konsumen
- Merek dapat menceritakan sesuatu kepada pembeli tentang suatu mutu produk maupun jasa
- Merek mampu menarik perhatian pembeli terhadap produk-produk baru yang mungkin akan bermanfaat bagi mereka.
Manfaat merek bagi perusahaan
- Merek memudahkan penjual dalam mengolah pesanan dan menelusuri masalah yang timbul.
- Merek dapat memberikan perlindungan hukum atas keistimewaan yang dimiliki oleh suatu produk.
- Merek memungkinkan untuk menarik sekelompok pembeli yang setia dan menguntungkan.
- Merek membantu penjual dalam melakukan segmentasi pasar.
Manfaat Merek Bagi Publik (Konsumen)
- Pemberian merek memungkinkan mutu produk lebih terjamin dan lebih konsisten.
- Merek dapat meningkatkan efisiensi pembeli karena merek dapat menyediakan informasi tentang produk dan dimana dapat membeli produk tersebut.
- Merek dapat meningkatkan inovasi produk baru, karena produsen terdorong untuk menciptakan keunikan baru guna mencegah peniruan dari para pesaing.
Manfaat Merek Menurut Keller - 2003 (Dikutip dari laman pemasaranlanjutan.blogspot.com)
Bagi Produsen
- Sarana identifikasi untuk memudahkan proses penanganan atau pelacakan produk bagi perusahaan, terutama dalam perngorganisasian dan pencatatan akuntansi.
- Bentuk proteksi hukum terhadap fitur atau aspek produk yang unik. Merek bisa mendapatkan perlindungan properti intelelktual. Nama merek bisa diproteksi melalui merek dagang terdaftar (registered trademarks), proses pemanufakturan bisa dilindungi melalui hak paten dan kemasan bisa diproteksi melalui hak cipta (copyrights) dan desain. Hak-hak properti intelektual ini memberikan jaminan perusahaan dapat berinvestasi dengan aman dalam merek yang dikembangkannya meraup manfaat dari asset bernilai tersebut.
- Signal tingkat kualitas bagi para pelanggan yang puas, sehingga mereka bisa dengan mudah memilih dan membelinya lagi di lain waktu. Loyalitas mereka seperti ini menghasilkan predictability dan security permintaan bagi perusahaan dan menciptakan hambatan masuk yang menyulitkan peusahaan lain untuk memasuki pasar.
- Sarana menciptkan asosiasi dan makna unik yang membedakan produk dari pesaing.
- Sumber keunggulan kompetitif, terutama melalui perlindungan hukun, loyalitas pelanggan dan citra unik yang terbentuk dalam benak konsumen.
- Sumber financial returns, terutama menyangkut pendapatan masa mendatang
Manfaat Merek Bagi Konsumen (Keller 2003)
- Sebagai identifikasi sumber produk
- Penetapan tanggung jawab pada pemanufaktur atau distributor tertentu
- Pengurangan resiko
- Penekanan biaya pencarian (search cost) internal dan eksternal
- Janji atau ikatan khusus dengan produsen
- Alat simbolis yang mempropyeksikan citra diri
- Signal kualitas
Berikut adalah beberapa tips cara membangun merek yang kuat :
- Memiliki konsep yang tepat, konsep yang baik adalah yang dapat mengkomunikasikan semua elemen-elemen nilai merek yang tepat, sehingga brand image dapat terus-menerus ditingkatkan
- Menentukan nama merek, makna, dan desain yang menarik sesuai dengan target market
- Membuat logo sesuai dengan karakter produk anda
- Melakukan inovasi terhadap produknya agar mereknya ingin bertahan lama, seperti membuat produk baru, varian baru
- Menjadi ahli dibidang anda. Anda harus tahu kelebihan dari produk anda, anda harus menjadi ahli atas produk yang dijual.
- Merek yang kuat bukan dibangun dari promosi saja melainkan dibarengi dengan kualitas.
- selalu membuat produk yang berkualitas yang membangun image positif
- Melakukan promosi secara terus menerus agar merek cepat dikenal oleh masyarakat agar bisa meningkatkan brand awarness. Salah satu media yang banyak diperbincangkan saat ini adalah media sosial. Media sosial banyak digunakan pebisnis pemula untuk melakukan promosi.
- Merek yang baik akan memperhatikan kemasan produk, karena identitas dari sebuah produk adalah tampilan kemasan
- Untuk membangun sebuah merek juga bisa dilakukan dengan strategi iklan melalui media televisi dan radio
- Membangun jaringan yang luas dapat memperkenalkan merek
- Membuat sebuah website atau blog - Kini blog dan website sangat baik untuk meningkatkan citra merek
- Membuat seminar untuk mengedukai tentang manfaat produk ke calon konsumen. Selain berbagi informasi tentang manfaat, merek juga berinteraksi lebih dekat dengan konsumen
Mantap komplit sekali tips nya.. perlu dipelajari dan di praktekkan.
ReplyDeleteKalo boleh saya juga ingin berbagi tips langkah membangun citra bisnis di sini..
terima kasih atas bantuannya
salam sukses
Tks bro
DeleteBantu share ya