Skip to main content

Apa Itu SEO?

Apa Itu SEO?SEO (Search Engine Optimization) adalah suatu proses untuk mengoptimalkan suatu website atau blog dengan tujuan menempati peringkat yang optimal pada hasil pencarian mesin pencari. Nah, apakah penting mempelajari SEO? Sebagian orang berkata bahwa SEO itu tidak terlalu penting, cukup dengan membuat artikel yang bagus dan buat 3 artikel per hari itu sudah cukup membuat sebuah website atau blog rame. Menurut saya, sangat penting. Kecuali anda adalah orang terkenal maka otomatis situs anda akan cepat dikerumuni banyak orang terlebih fans anda banyak. Sehingga begitu situs anda di lauching pada umum. Para fans anda pun akan langsung menuju laman situs anda.

Nah, sekarang apakah anda seseorang yang terkenal? Kalau tidak, maka bila anda memang sedang membuat website atau blog tentu harus tahu apa itu seo, teknik seo, dan bila perlu membaca tips-tips seo yang telah berhasil digunakan orang lain. Mungkin bagi anda, mengoptimalkan keyword itu tidak terlalu penting. Karena alasan banyak artikel banyak pengunjung. Masih banyak orang yang mengaku blogger berpegang teguh pada pepatah yang mengatakan "banyak artikel banyak pengunjung dan banyak uang". Saran saya sih, ubah pola pikir demikian. Karena hal itu akan terus merugikan anda. Apalagi anda seorang pemula.

Lihat saja! banyak sekarang perusahaan sampai merelakan mengeluarkan banyak uang untuk konsultasidengan pakar seo. Apalagi bisnisnya online. Mengeluarkan uang untuk menyewa jasa seo tidak akan merasa rugi. Kenapa?

Sebelum itu saya jawab, alangkah baiknya jika kita mengetahui apa tujuan seo? Tujuan dari seo adalah untuk menjadkan webiste atau blog kita mempunyai peringkat optimal (ranking 1) di mesin pencari (google). Dengan teknik seo yang optimal, website kita lebih bepeluang untuk mendapatkan ranking 1 di google. 

Apa Itu SEO?Bahkan demi mendapatkan ranking 1 google, orang rela mengikuti seminar, webminar dan membeli buku tentang tutorial, trik seo dari para penyedia jasa seo dan pakar seo terbaik. Mereka belajar dan konsultasi seo. 

Saya mau tanya dulu. Apakah anda ingin website anda berada di ranking 1 google?
Oke, saya anggap anda pasti MAU. Untuk apa ranking 1 di google?
Ketika situs kita menempati puncak pertama di mesin pencarian google, maka situs kita berpeluang untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung. Yang artinya jika webiste adalah situs toko online (online shop) maka akan berpeluang untuk mendapatkan banyak pengunjung dan peluang produk terjual lebih besar. Pada umumnya orang-orang yang mencari sesuatu di mesin pencari akan langsung tertuju pada ranking pertama. Sementara situs dibawahnya menjadi alternatif jika yang mereka cari tidak ada dalam situs pertama. Jika kita menemukan barang yang kita cari dalam situs ranking 1 tersebut, kemungkinan besar kita akan menjadi pembeli produk tersebut. 

Bayangkan jika website atau blog kita yang berada dalam rangking 1 google. Jika sebuah situs yang di monetize selalu berada dalam puncak hasil pencarian. Maka bisa dibayangkan dollar yang kita dapat per hari dikalikan per bulan.  Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak belajar seo. Jika hari ini belum cukup uang menggunakan jasa seo. Banyak trik seo, tips seo dan tutorial seo yang dibagikan secara gratis oleh para ahlinya. Boleh dibilang belajar seo itu bisa menjad sebuah invetasi jangka panjang. 

Dengan ranking 1 di mesin pencari google akan lebih berpeluang menjual lebih banyak. Itulah manfaat paling utama dari penerapan seo. Maka istilah banyak pengunjung sama dengan uang akan tepat. Seo hadir untuk optimalisasi terhadap situs anda. Namun walaupun tidak harus menjadi ranking satu dalam mesin pencarian. Setidaknya bisa bertengger dalam satu halaman pencarian google. Sekalipun memang lebih nikmat jika berada paling puncak.  

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu