Skip to main content

Panduan Cara Memulai Bisnis Online Secara Lengkap

Panduan Cara Memulai Bisnis Online Lengkap - Artikel ini adalah jenis pengenalan tentang bisnis online dan panduan cara memulai bisnis online cukup lengkap. Anda akan menemukan disini banyak hal teoritis yang akan menjelaskan apa itu bisnis online dan apa saja jenis bisnis ini. Selain itu, anda akan tahu tentang pro dan kontra utama dari menjalankan bisnis online dan model e-bisnis yang paling populer untuk membuat uang di internet. Ditambah keuntungan dan kerugian membuka usaha secara online, sehingga sebelum memulai anda telah mengetahui untuk dapat mengambil keputusan-keputusan penting dalam usaha tersebut. 

  • Fasilitas Bisnis Online
Biaya rendah dalam menjalankan e-bisnis ini hanyalah suatu kegiatan ekonomi yang memungkinkan untuk memndapatkan pelanggan melalui internet. Ini adalah bentuk usaha yang berbeda dalam banyak hal dari bisnis tradisional. Pertama, dalam bisnis tradisional kita memiliki hubungan sebagian besar secara fisik dengan pelanggan kita. Sering terjadi bahwa kita menjalankan usaha seperti biasanya tapi kita asumsikan website untuk memperluas jangkauan perusahaan kita dan jumlah pelanggan yang diperoleh. Ditambah lagi dengan versi yang berbeda. Terutama dalam situasi di mana kita tidak memiliki terlalu banyak uang di awal. Membuat sebuah situs web, menjalankan bisnis bisnis online dan merek di internet adalah biaya yang jauh lebih rendah daripada  mejalankan bisnis tradisional.

Kadang-kadang anda harus berurusan dengan istilah penggunaan e-commerce ketika berbicara tentang e-bisnis. Namun, e-bisnis tidak selalu bergantung pada penjualan online, tapi kita tidak akan membuang-buang waktu untuk menentukan dimana e-bisnis dimulai dan dimana ia berakhir. Internet menawarkan banyak peluang hari ini. Dengan modal yang relatif kecil dan sedikit kreativitas anda dapat mencapai manfaat yang jauh lebih besar dari bisnis tradisional. 
Panduan Cara Memulai Bisnis Online Lengkap
  • Keuntungan dan Kerugian Bisnis Secara Online
Jumlah orang yang mendapatkan manfaat dari toko online dan jenis lain dari layanan online terus berkembang. Apa keuntungan bisnis internet dibandingkan usaha konvensional? berikut adalah keuntungan dan kerugian paling penting dari menjalankan bisnis di internet.

Keuntungan Berbisnis Online
  • Virtuality - e-bisnis anda berjalan tidak perlu memiliki satu titi fisik penjualan. Kemampuannya, keuntungan e-bisnis untuk menjual produk dan layanan virtual seperti musik, video game, software, e-books, video, dll.
  • Kecepatan - menjangkau pelanggan potensial membutuhkan jauh lebih sedikit waktu dalam bisnis online daripada di bisnis tradisional. Selain itu, anda tidak perlu menunggu beberapa hari untuk mengirim barang jika ada produk virtual. Hal ini juga harus memperhitungkan biaya yang akan dikaitkan dengan transportasi.
  • Ketersediaan klien - kurangnya waktu dan gaya hidup semakin nyaman berhubungan dengan teknologi berkembang, membuat kita semakin ingin berbelanja atau mencari informasi di internet. Bahkan bahan makanan dasar kita sekarang telah dapat dibeli secara online. Tidak ada yang menunjukkan bahwa kecendrungan meningkatnya jumlah pengguna yang berbelanja di internet harus berubah
  • Biaya rendah - melakukan e-bisnis memungkinkan untuk mengurangi biaya melakukan bisnis makin minimum.
  • Otomatisasi - sebagian besar dari tugas sudah dilakukan oleh perangkat lunak yang telah dipasang di website kita. Dengan cara ini kita juga dapat menyimpan uang atau menghemat uang dari biaya mempekerjakan karyawan.
  • Range (jarak) - menjalankan bisnis online anda dapat mencapai jutaan pelanggan di seluruh dunia, tidak memperdulikan hambatan geografis, satu-satunya batasan adalah pelanggan yang tidak ada akses ke Internet.

Kekurangan dari Bisnis Online
  • Persaingan - pasar internet sudah berjalan dalam beberapa tahun. Ini bukan sesuatu yang baru sama sekali. Oleh karena itu, banyak Web yang berkompetisi. Proyek E-bisnis harus dipikirkan dengan baik. Di awal anda sudah harus tahu kemana arah bisnis online anda harus dikembangkan, dan menargetkan kelompok pelanggan yang terkena dampaknya. Analisis persaingan, penilaian kekuatan dan kelemahan merupakan elemen penting yang akan memutuskan pada kesuksesan atau kegagalan dalam jaringan.
  • Visibilitas di Search Engine - sehingga bisnis kita memiliki terlihat di mesin pencari. Memang tidak secepat mata berkedip setelah websitenya berdiri, kita akan memiliki banyak pengguna. Biasanya dibutuhkan beberapa bulan untuk mengurus posisi tinggi di mesin pencari.
  • Model bisnis terbatas - Beberapa kali internet menawarkan peluang besar tetapi tidak setiap perusahaan dapat beroperasi hanya di Internet. 
  • Membangun kepercayaan pelanggan - sering sebelum pelanggan potensial memutuskan untuk menggunakan layanan secara online, mereka mencari informasi lebih di Internet, sebagian besar pendapat pelanggan lain. Kepercayaan yang dibangun bertahun-tahun bisa rusak dalam sekejap saat kita melakukan kesalahan. Bisnis online rentan terhadap merusak citra perusahaan di internet oleh pelanggan yang tidak senang.
  • Bagaimana memulai bisnis online?
Visi. Diatas semuanya, anda harus memiliki visi, itu adalah prioritas. Visi atau konsep binis online, yang berasal dari keyakinan batin . Tentu saja, anda dapat mengatakan bahwa untuk membuat uang secara online anda tidak perlu menyajikan ide tertentu, seperti menjual rokok atau alkohol. Tentu anda itu benar, tetapi tentu jauh lebih mudah anda akan memimpin bisnismu. Pada akhirnya, anda harus menikmati hidup anda, tidak hanya mendapatkan uang. Tentu saja ide tentang bisnis internet di simpan di Notebook, dan tidak semua perencanaan bisnis. Anda juga harus tahu bagaimana untuk melaksanakannya. Bila anda sudah siap dengan visi  tentang bagaimana usaha online, maka tibalah saatnya untuk merencanakan. 

Menyimpan semua ide-ide anda pada kertas dan rencana selangkah demi selangkah bagaiman anda ingin mencapainya. Tentu saja anda dapat menggunakan untuk perencanaan pada perangkat komputer atau perangkat elektronik lainnya, tapi aku lebih suka sepotong kertas biasa dan pena. Ketika saya punya selembar kertas dan sesuatu untuk menulis, itu lebih mudah bagi saya untuk fokus.

Realisasi. Ini adalah titip penting lain untuk keberhasilan proyek kita. Orang menciptakan ide massal, beberapa dari mereka benar-benar menghasilkan ide baik, sayangnya hanya sedikit orang yang memiliki keberanian untuk mewujudkan keberanian tersebut. Sering datang dengan alasan bahwa mereka tidak punya waktu, uang, dll. Jika anda tidak memiliki uang jangan khawatir, banyak cara yang dapat dilakukan tanpa uang untuk memulai bisnis online. Lebih buruk jika anda datang dengan alasan tak punya waktu, karena sayangnya setiap bisnis, baik online memerlukan cukup banyak komitmen dan waktu. 

Prioritas. Anda harus menyadari apa yang menjadi prioritas dalam hidup, apa layak menghabiskan waktu anda untuk itu. Jika anda memiliki uang ekstra, anda dapat menggunakan jasa perusahaan untuk membantu perencanaan dan lainnya. Jika tidak, anda akan perlu menghabiskan beberapa jam dalam sehari untuk menangani e-bisnis baru anda. Ingat, memutuskan bisnis start-up (pemula), anda harus menerapkan disiplin tertentu dalam hidup. Anda harus secara teratur berurusan dengan bisnis anda dan mengembangkannya bahkan jika itu harus fungsional sepenuhnya. Persaingan di Internet berkembang sepanjang waktu.

Jika situs memiliki keuntungan, selanjutnya apa....
  • Saat ini, semakin banyak keuntungan perusahaan terutama melalui situs web kita. Maka perlu dikembangkan agar lebih menguntungkan. Sebuah situs web yang dirancang dengan baik adalah langkah pertama yang memungkinkan anda untuk menjual banyak produk, jasa atau menghasilkan uang dari iklan. 
Pertama-tama, anda perlu menyadari beberapa faktor untuk menentukan kualitas situs dan efektivitas.
  • Konten Yang Berkualitas
Yang paling penting adalah isi dari halaman web anda. Peningkatan konten yang berharga akan berdampak pada naiknya trafik situs web dan posisi di mesin pencari. Hal ini jelas bahwa jumlah uang yang anda peroleh secara online langsung berkaitan dengan situs anda di search engine untuk frase kata kunci relevan. 

Cobalah untuk menulis posting yang sangat substantif. cobalah untuk menulis posting yang panjang, terimakasih bahwa pengguna telah menghabiskan lebih banyak waktu di website anda. Semakin banyak konten yang terkait dengan bidang tertentu, semakin baik, Cara sendiri beberapa niche yang menarik terkait dengan topik yang menarik bagi anda. Tentu saja, juga menjajaki pasar, yaitu jumlah orang tertarik pada cabang yang dipilih oleh anda, apa yang dicari oran-orang, lihatlah persaingan dan sebagainya

  • Layout
Jika ada serius tentang bisnis ini dan ingin mendapatkan uang banyak secara online, website harus terlihat baik. Beberapa puluh tahu yang lalu, halaman penampilan web itu tidak sepenting saat ini, sebagian besar situs-situs tersebut dibuat dalam HTML. Saat ini, teknologi baru, komputer spek tinggi dan terus menerus internet ber expansi, membuat situs anda bernilai subtantif yang harus memiliki tata letak yang baik. Jangan khawatir, membuat website yang bagus tidak harus melibatkan biaya besar. Anda dapat membuat website gratis. Jika anda ingin murah, website cantik, anda perlu akrab dengan Sistem Manajemen Konten seperti : Wordpress, drupal, joomla dll dan menemukan template untuk anda.

  • Fungsionalitas
Langkah selanjutnya untuk membuat website berkembang, dimana anda akan mencari nafkah adalah untuk memastikan fungsionalitas. Ini adalah unsur dasar lain yang mempengaruhi apakah beberapa pengguna tetap di situs anda lebih lama atau meninggalkannya dengan cepat. Jika pengguna tidak dapat menangkap struktur dari situs anda, kemudian menghilang lebih cepat dari yang anda tahu. Tidak ada website yang tidak dapat ditingkatkan. Jika anda tidak tahu bagaimana melakukannya, dibawah ini ada beberapa ide untuk meningkatkannya.
  • Tujuan dari situs anda. Bagaimana pengguna bisa mendapatkan keuntungan dari situs web anda? Anda perlu tahu itu
  • Tata letak halaman, lokasi menu, seperti menu, navigasi bar, atau bahkan warna yang digunakan. 
  • Navigasi, jangkauan yang diinginkan oleh pengguna konten tidak harus mengambil terlalu banyak waktu dan terlalu banyak klik
  • Seperti kami sebutkan diatas sebelumnya, konten halaman harus substantif dan jelas
  • Kode halaman harus sesederhana mungkin untuk mempercepat loadng. Juga perhatikan yang memperberat seperti foto anda. Cobalah untuk menggunakan format gambar yang paling populer seperti JPEG atau PNG
  • Struktur website anda : Home page, halaman kategori, halaman produk dan sebagainya. Website anda harus sederhana. 
  • Mempertimbangkan menempatkan di situs anda bar pencarian (search bar) yang akan memudahkan dan mempercepat navigasi pada website

  • SEO dan statistik - kunci untuk situs berpenghasilan
Jika datang untuk membuat uang melalui website, itu ada hubungannya dengan SEO. Kodisi yang diperlukan untuk bisnis online anda. Singkatnya itu adalah optimasi mesin pencari yaitu smeua kegiatan yang bertujuan untuk membuat website mencapai posisi tertatas dalam hasil mensin pencari untuk kata kunci yang di pilih. Berkat SEO, pelanggan potensial akan mengunjungi situs anda. Sebagian besar pengguna internet hanya melihat sepuluh hasil pencarian teratas, sehingga anda situs kita harus berada di dalamnya, lebih tinggi lebih baik. Jika anda ingin berkenalan dengan SEO, di blog ini ada kami tuliskan pengertian seo yang terkait dengan topik ini. (Baca JugaMedia Sosial vs SEO: Mana yang lebih baik?)

Ingat, di Internet ada banyak perusahaan yang dengan senang hati mengurus membuat website anda berada dalam hasil pencarian teratas, tapi tentu saja dengan biaya. Bahkan pengetahuan dasar tentang seo adalah penting. Jika memutuskan untuk menggunakan perusahaan seo eksternal, anda perlu memeriksa apakah perusahaan itu dapat dipercaya.

Jika anda memiliki website yang memiliki tujuan tertentu seperti menjual produk atau jasa anda, anda harus memiliki strategi yang tepat untuk mencapai tujuan itu. Situs yang dirancang dengan baik belum tentu dapat menghasilkan uang secara online. Anda harus memiliki strategi yang tepat untuk mempromosikan situs ini. 

Terimakasih kepada Statitik anda yang dapat memprediksi pasang surut jumlah pengguna, memberikan manfaat dan mengamati tren. Analisis yang baik sebagian besar memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan pendapatan tidak langsung dan prediksi. Dengan statistik yang baik juga akan tahu perubahan apa yang harus dilakukan di website kita untuk mendapatkan lebih banyak uang dan meningkatkan jumlah pengguna. Ada banyak alat untuk membantu anda sukses dengan bisnis online anda. Tapi telinga dan mata adalah statistik web nomor satu yang diperlukan. 

Kategori Situs (Website Categories)
  • E-Commerce - secara umum penjulan internet. Kategori ini juga mencakup penjualan melali saluran komunikasi lainnya seperti telepon. Bentuk yang paling populer dari perdagangan eletronik adalah perdagangan Internet, dalam bentuk toko online. Selain itu, kategori ini juga mencakup lelang online, perbandingan harga, sistem penyediaan informasi dll
  • E-Layanan  - adalah penyediaan layanan seluruhnya atau sebagian besar online dengan partisipasi beberapa orang. Dengan kata lain, klien mendukung degan sistem konfigurasi benar. Contoh e-service ada di game online, jaringan sosial, pengiriman perangkat lunak online, menyediakan ruang iklan, mesin pencari, webhosting, forum dll.
  • Portal - layanan yang terlibat dalam memberikan informasi kepada khalayak luas, dan topik yang lebih sempit. Selain pengediaan portal informasi, beberapa termasuk layanan online seperti forum diskusi, mesin pencari, cuaca, email dll
  • E-Learning - ini adalah layanan yang terlibat dalam pelatihan menggunakan media elektronik yang tersedia. Sebuah contoh jenis layanan e-learning yang baik adalah yang memungkinkan memberikan ceramah kepada siswa secara online. Keuntungan utama dari e-learning adalah menghemat waktu.
  • Perangkat lunak yang tersedia secara online - Kategori ini termasuk semua situs web yang menyediakan perangkat lunak pada langganan. Ini mungkin perangkat lunak yang terkat dengan pelaksanaan e-bisnis, menerbitkan faktur atau sistem pembayaran. 
  • MLM - Multi Level marketing, ini adalah salah satu strategi pemasaran. Setiap penjual di multi level marketing memiliki kemampuan untuk membangun struktur mereka sendiri. 
Kami berharap artikel di atas bisa membantu anda untuk mendapatkan gambaran lebih dekat tentang metode e-bisnis dan realisasi teorinya. Tentu saja, isu-isu yang berkaitan dengan menjalankan bisnis online dan internet marketing adalah tubuh besar dari pengetahuan.

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu