Skip to main content

7 Skill Teknologi Harus Dimiliki Pengusaha Sukses

7 Skill Teknologi Harus Dimiliki Pengusaha SuksesTidak ada yang menyangkap, pengusaha atau mereka yang bercita-cita untuk menjadi pengusaha harus tetap mempertahankan pengetahuan sebanyak mungkin yang mereka bisa dan mereka juga harus terus tumbuh dengan skill tersebut. Itu karena, dalam rangka untuk menjadi sukses di pasar manapun, anda harus mengasah kemampuan, pengatahuan dan wasapada dalam pekerjaan anda. Itu sebabnya selain mengetahui bisnis anda, karyawan dan berbagai strategi untuk sukses, harus juga tahu bagaimana menggunakan semua alat teknologi yang dipergunakan dan diinginkan. Dimana hari ini, alat tersebut sebagian besar terdiri dari teknologi modern dan perangkat lunak.

Bukan berarti anda perlu menjadi seorang teknisi ahli untuk menjadi pengusaha sukses, tetapi ada beberapa bentuk teknologi yang perlu dipahami dan tahu bagaimana menggunakannya dengan tepat untuk tetap bertahan. Aturan ini juga berlaku bagi pencari kerja dan pebisnis profesional yang ingin memasuki pasar high profile. Setidaknya, dengan menambahkan keterampilan khusus untuk resume anda akan meningkatkan personal branding anda, sehingga memungkinkan posisi yang diinginkan.

7 Skill Teknologi Harus Dimiliki Pengusaha SuksesTanpa keterampiran ini, anda mungkin tidak gagal, tapi nama anda pasti tidak akan naik di antara reka-rekan bisnis dan itu penting. Gak mau dong anda terihat bodoh ketika bersama dengan rekan bisnis karena satu teknologi baru. Untuk membuat dampak bagi bisnis atau merek, anda perlu tahu lebih banyak. Keterampilan sederhana seperti bekerja dengan media sosial dan alat komunikasi dan bahkan pemasaran yang akan sangat mempengaruhi keberhasilan anda.


Pada akhirnya, anda akan perlu tahu lebih banyak dari apa yang anda miliki saat ini. Berikut adalah beberapa skill teknologi yang paling penting yang diperlukan jika ingin mencapai puncak bidang anda.
  • Media Sosial

Media sosial tidak hanya untuk penggunaan pribadi, itu adalah platform komunikasi dan pemasaran yang sangat efektif untuk bisnis juga. Jika anda tidak memiliki bisnis, media sosial juga bagus untuk meningkatkan personal branding anda. Anda selalu dapat menyewa sebuah tim untuk menangani proses ini, tetapi pengusaha sukses selalu tahu bagaimana melakukan pekerjaan sendiri.

Ini bukan hanya tentang menggunakan jaringan besar seperti Facebook dan Twitter dengan baik. Anda juga harus tahu bagaimana membuat gebrakan pada jaringan baru. Memahami bagaimana berkomunikasi dengan audiens atau pengikut anda dan mengelola dukungan pelanggan adalah sama pentingnya. Ruang media sosial selalu berkembang dan berubah dan anda harus siap untuk itu. Memiliki pengalaman atau tahu media sosial itu salah satu bonus bagi anda. Ini adalah salah satu keterampiran pertama yang harus difokuskan jika anda tidak mengetahuinya. (Baca Juga :  Inilah Alat dalam Strategi Pemasaran Media Sosial Agar Lebih Efektif)

  • SEO Marketing

SEO atau optimasi mesin pencari mungkin tidak berdampak besar seperti dulu. Tapi itu tidak berarti kurang penting dalam dunia pemasaran. Anda tidak bisa berharap untuk bertahan hidup jika anda tidak memahami dasar-dasar SEO, dan bagaimana menggunakannya untuk keuntungan. Seo marketing masih merupakan faktor yang cukup besar dalam visibilitas atau keterlibatan situs web, dan itu sangat penting untuk usaha kecil menengah.

Sebuah perusahaan kecil di beberapa negara telah melakukan pekerjaan yang sangat baik dengan situs web SEOnya dengan harapan untuk tetap terlihat dalam hasil pencarian lebih lama. Hal ini pada gilirannya mendorong lebih banyak trafik ke situs web, membawa bisnis yang lebih potensial dan akhirnya menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi. Tentu dengan alasan tersebut, anda dapat melihat mengapa memiliki keterampilan itu penting bagi pengusaha pemula.

  • Akuntansi dan Pembukuan Online

Dalam jangka panjang, anda mungkin memiliki tim atau kelompok yang menangai akuntansi dan pembukuan untuk bisnis anda. Sementara itu, akan bermanfaat jika anda memahami proses dan bisa menyelesaikan sendiri. Untuk itu perlu keterampilan dalam mengelola pembukuan anda dan keuangan sebagian besar perangkan lunak dan berbasis online hari ini, itu dimana anda perlu memusatkan perhatian anda.

Ada banyak software akuntansi yang dapat digunakan untuk membantu tugas itu, tapi hal itu juga masih perlu memahami paket perangkat lunak yang anda pilih  dan itu termasuk mengetahui cara penggunaanya.

  • Email Marketing (Pemasaran) dan Komunikasi 

Sebagai seorang pengusaha, anda harus rajin dan giat.  Ini tidak cukup untuk meninggalkan jangkauan dan komunikasi semata-mata untuk dukungan pelanggan dan tim penjualan. Bahkan, untuk bisnis Anda atau merek untuk sukses, Anda harus menginvestasikan waktu pemasaran dan berkomunikasi melalui email juga.

Ada lebih dari hanya mengirimkan email. Tentu saja memahami kapan dan bagaimana dan siapa yang harus di email/ mengemail adalah semua bagian dari persamaan. Namun setelah anda memahami ide-ide inti dibalik pemasaran email dan yakin menjangkau klien potensial, diharapkan berjalan menuju kesuksesan. 

  • Desain Grafis dan Editing Gambar

Pada titik tertentu, mungkin anda perlu untuk turun tangan dan membantu desain atau mengedit gambar pada website anda. Dalam kasus lain, seperti membantu dalam menciptakan iklan yang solit, selebaran atau materi promosi untuk merek anda. Apapun yang mungkin terjadi, memahami dasar-dasar desain grafis dan mengetahui bagaimana untuk mengedit dan memanipulasi gambar adalah keterampilan penting dalam pasar saat ini. 

Tidak perlu menjadi sangat ahli. Mengetahui bagaimana menggunakan softwre desain seperti Adobe Photoshop dan sejenisnya akan sangat meningkatkan skill anda dan itu bisa menjadi aset yang lebih berharga. Dengan harapan itu bisa mnjadi salah satu keterampilan personal brandung dalam perusahaan modern dan perusahaan pemasaran. (Baca Juga : Mengapa Desain Penting untuk Pemasaran Konten)

  • Bekerja dengan Cloud

Penyimpanan lokal seperti Cloud, Google Drive telah mengambil bagian penting akhir-akhir ini dan sekarang semuanya sudah disimpan di Cloud. Sudah banyak Layanan Cloud seperti Google Drive, Dropbox, Salesforce dan layanan lainnya yang ideal untuk berbagi file besar. Tentu hal ini terutama penting jika anda bekerja pada sebuah aplikasi, software, atau platform teknologi yang berhubungan sama. 

Sebuah pemahaman yang tentang penyimpanan online seperti CLoud, termasuk apa itu dan bagaimana menggunakannya akan membuat anda dapat bekerja lebih efisien, meningkatkan skill lebih kompetitif.

  • Tahu Cara Gambar Rangka (Wireframe)

Setelah anda mengetahui bagaimana membuat gambar rangka, anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana halaman web, aplikasi, software dan beberapa proyek yang dirancang. Pada awalnya mungkin anda bertanya-tanya mengapa hal ini penting, terutama karena anda mungkin memiliki tim pengembangan, teknologi untuk menangani hal itu.

Itu karena sekali lagi, mengetahui bagaimana melakukan pekerjaan sendiri berarti anda dapat berkomunikasi dengan lebih efektif dan lebih terbuka. Selain itu ketika anda mengalami masalah, memahami proses akan memungkinkan anda untuk lebih memvisualisasikan solusi. (Baca Juga : Tips Membuat Website E-Commerce Sarana Bisnis Lebih Baik)

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu