Tips Membuat Website E-Commerce Sarana Bisnis Lebih Baik - Wesite Ecommerce (perdagangan eletronik) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik dengan internet, televisi dan jaringan komputer. Membuat situs eCommerce jauh lebih dari yang dibayangkan untuk merancang sebuah toko online yang menyenangkan. Sebab Ini melibatkan dalam pengembangan pelanggan E-Commerce. Situs jual beli bukan sekedar sebuah website yang memamerkan produk dan jasanya, tapi bagaimana itu menghasilkan laba. Pada intinya pengunjung merupakan salah satu kunci paling prioritas. Bahkan anda perlu untuk mendapatkan pengunjung dengan menggunakan berbagai strategi SEO untuk memposisikan diri demi kesuksesan tak terbatas yang menjual secara online. Web ecommerce anda harus terlihat oleh mesin pencari kemudian navigasinya yang mudah mengkonversi pengunjung yang menjadi pelanggan. Navigasi boleh sederhana yang penting mudah dimengerti oleh pengunjung. Terbayangkan saat kita mendarat dalam sebuah situs jual beli, kita dibingungkan navigasi yang rumit. Tentu, walaupun produk dan harga yang di tawarkan cukup menarik. Kemungkinan besar kita akan meninggalkannya.
Ada banyak yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan tingkat konversi situs dengan membuat lebih mudah untuk berbelanja online. Berikut adalah beberapa tips membuat web ecommerce sarana bisnis lebih baik.
- Sederhanakan Navigasi
Pengunjung anda datang ke situs mendapatkan informasi yang diperlukan dan untuk melakukan pembelian. Membuatnya sangat mudah bagi mereka tentu akan semakin menarik perhatian mereka untuk berlama-lama apalagi ditambah promo-promo. Biarkan mereka menelusuri halaman web situs anda dan memilik produk yang berbeda dengan hanya satu klik. Beberapa fitur utama dan faktor-faktor yang berkontribusi ke menu mudah pada situs ecommerce meliputi :
- Menu Drop Down Besar
- Sitemap HTML
- Loading cepat
- Tampilan tidak norak
- Menyediakan Bar pencarian (kotak pencarian)
Termasuk bar pencarian di semua halaman situs dan membuatnya mudah untuk ditemukan. Pencarian bar digunakan lebih sering pada situs E-commerce dari pada situs-situs lain. Bahkan, banyak webmaster tidak menyadari seberapa sering digunakan di toko-toko online mereka, tetapi pengunjung anda lebih mungkin untuk menggunakan bar bercarian ketika mereka tidak dapat menemukan produk atau tidak tahu apa yang mereka cari. Sebuah bar pencarian harus memiliki fitur pada setiak keranjang belanja online dan dapat memberikan pelanggan anda cara yang paling langsung melakukan pembelian.
- Gunakan Gambar High Quality dan Asli
Jika anda sudah memiliki situs e-commerce, periksa semua produk dan memastikan bahwa semua gambar yang berkualitas tinggi. Gambar adalah cara anda menampilkan produk untuk pembeli, jadi pastikan mereka jelas dapat menggambarkan produk, jasa dan merek. Selain meng-upload foto resolusi tinggi, disarankan untuk menggunakan gambar asli dari produk.
Apakah produk yang ditampilkan melalui thumbnail (gambar kecil) akan membantu menciptakan dampak yang kuat. Gambar tidak jelas dan resolusi rendah lebih mungkin untuk secara tidak langsung menempatkan pelanggan anda pergi.
- Menggunakan Widget dan Plugins
Gunakan Widget seperti produk terkait, produk populer dan produk paling laris dan lainnya. Hal ini tidak hanya akan membantu pengunjung dalam pengambilan keputusan yang lebih baik, tetapi juga akan meningkatkan navigasi situs anda. Mungkin ada banyak produk sejenis di situs anda dan fitus ini akan membantu pelanggan menemukan lebih banyak pilihan terkait.
Sertakan Deskripsi Kualiatas Produk
Deskripsi produk anda memainkan dua peran penting :
- Deskripsi kualitas produk membantu meningkatkan peringkat pencarian halaman produk anda
- Deskripsi kualitas produk memberikan informasi produk yang dibutuhkan untuk pembeli potensial
Deskripsi produk yang baik jga melayani tujuan-tujuan berikut :
- Membantu membangun hubungan emosional
- Membantu pembeli potensial dalam mengambil tindakan.
- Membantu meningkatkan tingkat konversi dan pendapatan
- Deskripsi produk anda bekerja sebagai asisten penjualan. Asisten ini memberitahu pengunjung semua yang perlu diketahui oleh pengunjung tentang produk yang dijual.
Pastikan bahwa deskripsi memberikan spesifikasi rinci tentang produk. Berat dan dimensi adalah diperlukan untuk produk tertentu dan harus dimasukkan dalam semua deskripsi produk. Anda mungkin mempunya produk terbaik untuk ditawarkan, tetapi bisa dalam penjualan kurang diminati karena anda tidak menjelaskan manfaat dan fiturnya. Mengambil keuntungan dari setiap bagian dari website untuk membuatnya efektif bagi konsumen dan terlihat untuk mesin pencari.
- Sertakan Review Produk dan Penilaian
Review produk dan peringkat yang dapat membuktikan menjadi elemen paling kuat dalam meningkatkan tingkat konversi anda. Menurut laporan, 60 % dari pengguna lebih cenderung untuk membeli produk dari toko eCommerce jika memberikan ulasan produk dan peringkat. Ditambah ketika seorang pelanggan menulis ulasan positif dan tarif produk anda, itu adalah nilai plus untuk anda. Memiliki pelanggan yang memberitahukan kepada orang lain tentang produk anda adalah cara terbaik promosikan produk anda.
Ulasan juga dapat membantu mengubah pengunjung biasa menjadi pembeli. Ulasan dianggap sangat berharga dalam meyakinkan dan mengkonversi. Laporan yang sama juga mengkali bahwa lebih dari 70% dari pengguna akan memeriksa ulasan sebelum melakukan pembelian. Ulasan negatif biasanya tidak digubris oleh pengunjung sekalipun produk ditawarkan lebih bagus dan lebih murah.
Ada banyak cara yang dapat meningkatkan jumlah tinjauan untuk produk anda dari pelangga:
- Menghargai pengulas anda untuk mendorong pembeli mengirimkan review tentang produk anda.
- Optimalkan toko anda dan meningkatkan jumlah pembelian
- Mengotomatisasi review dan sistem penilaian
- Menawarkan dukungan kualitas tinggi
Selain itu, review produk dan penilaan dapat membantu anda ditemukan dan diklik menggunakan Google Structured data Markup. The Structured Data Markup memungkinkan konen anda untuk diindesk lebih cerdas dan menampilkan konten dalam cara yang terbaik untuk dilihat, dipahami dan ditemukan secara online.
- Membuat Label Produk Dalam Persediaan/ Tidak Tersedia
Banyak kali pembeli yang datang ke sebuah situs jual beli kecewa dan jengkel karena tidak menampilkan produk yang dijual ternyata habis (tidak ada stok). Ada kemungkinan mereka tidak akan kembali ke situs anda.
Pastikan dengan jelas label semua dari persediaan barang jualan dengan tulisan atau warna-warna cerah. Pastikan bahwa ada pilihan bagi pembeli untuk memasukkan email mereka untuk menerima pemberitahuan bila produk sudah tersedia lagi. Mengumpulkan alamat email adalah strategi teruji untuk membantu mengurangi jumlah penjualan anda.
- Tampilan Biaya Pengiriman dan Biaya Kemas di Muka (Halaman depan)
Banyak toko online akan menampilkan baya pengiriman pada saat checkout. Sebagai aturan sederhana, jangan lakukan itu. Tampilkanlah biaya pengiriman dan biaya kemas dimuka dengan memungkinkan pengguna untuk memasukkannya atau melakukan pengecekan terlebih dulu. Situ e-commerce yang pada awalnya tidak menampilkan biaya pengiriman menderita tingkat tinggi karena keranjang belanja ditinggalkan. Jangan mengejutkan pelangga dan membantu mereka memahami biaya apa yang harus ditambahkan ketika ingin berbelanja di website.
- Memudahkan Proses Checkout
Masih begitu banyak tempat belanja online yang menyulitkan pelanggan mereka dengan harus melalui beberapa halaman selama proses checkout. Semakin lama proses checkout, semakin kecil kemungkinan pelanggan akan menyelesaikannya. Pelanggan tidak ingin menjumpai kerumitan dalam membeli dan lebih lama, mungkin mereka langsung pergi dan meninggalkan keranjang belanjanya.
Buat halaman checkout cepat. Buatlah semudah mungkin bagi pengunjung untuk memberikan informasi yang diperlukan dan melakukan pembayaran. Ini akan membantu meningkatkan kemungkinan membawa mereka kembali ke situs anda lagi.
- Sistem Pembayaran Lengkap, Mudah dan Aman
Pembeli itu selalu ingin melakukan proses pembelian pada situs toko online dengan pembayaran yang dimilikinya. Jika ia ingin pembayaran dengan kartu kredit, tunai, paypal dan jenis pembayaran lainnya harus disediakan. Mereka tentu tidak ingin mendengar alasan-alasan anda, yang penting bagi mereka sistem pembayaran harus lengkap, mudah dan aman. Melihat banyak kasus yang terjadi tentang penipuan-penipuan belaja online.
- Desain Website Responsif
Hal ini penting untuk diingat bahwa pengunjung dan pelanggan potensial dapat datang melalui berbagai jenis perangkat. Dengan pertumbuhan yang stabil dari penjualan online yang datang melalui perangkat mobile. Bila anda membuat situs tidak hanya untuk pengguna desktop, tetapi untuk perangkat selular kecil potensial, anda juga harus melihat situs web itu sendiri dari berbagai perangkat berbeda. Web desain responsif sekarang memiliki banyak manfaat yang berbeda seperti membuat lebih mudah bagi seseorang untuk melakkan pembelian di situs, untuk menunjukkan pada mesin pencari bahwa website anda adalah mobile dan sebagai hasilnya situs anda mendapatkan peningkatan pertumbuhan peringkat.
Baca Juga :
- Inilah Fakta Blog Perusahaan Sangat Penting Untuk Bisnis
- Tips Pengusaha - Integritas Tak Ternilai Harganya dalam Bisnis
- Kesimpulan :
Membangun website e-commerce lebih baik adalah dengan membuat sebuah belanja online yang dapat bekerja untuk kita, bukan kita bekerja untuk situs itu. Salah satu tujuan utama dari situs ecommerce adalah untuk membuat situs sederhana dan membuat produk terjual untuk konsumen dengan cara yang paling cepat dan efisien. Jadi hal yang paling penting adalah bahwa metode pengiriman produk adalah yang sederhana dan terlihat bagi berbagai jenis pelanggan. Jangan mempersulit tetapi menyederhanakan proses akuisisi pelanggan sehingga pelanggan meninggalkan situs anda bahagia dan datang kembali
Comments
Post a Comment