Skip to main content

Belajar Internet Marketing dan Bisnis Online Gratis Untuk Pemula

Belajar Internet Marketing dan Bisnis Online Gratis Untuk Pemula Internet marketing adalah pemasaran yang dilakukan secara online melalui internet. Perkembangan internet di dunia, terutama di Indonesia yang pesat berimbas juga pada bisnis yang dikelola secara online atau disebut sebagai bisnis online. Pengusaha konvensional pun ikut online untuk meningkatkan penjualan produk dan jasa mereka. Akan tetapi, pemasaran internet tidak hanya berfokus menjual. Melainkan terdiri dari berbagai aspek dalam bisnis, yaitu promosi, branding, dan menjalin hubungan bersama para pelanggan. 

Secara umum, internet marketing itu sebenarnya sangat luas. Banyak hal yang saling terkait sehingga bila diaplikasikan pada usaha akan berdampak positif. Tidak cukup hanya tahu, dan menerapkannya. Namun, harus benar-benar diaplikasikan secara baik dan tepat agar memberikan hasil yang maksimal. Makanya tidak heran banyak ahli dibidangnya yang sengaja membuka jasa atau kursus belajar dan seminar pemasaran internet . 

Kenapa? 

Sebab ini, sudah termasuk dalam kebutuhan pokok perusahaan jika ingin pendapatan yang maksimal. Walaupun sebenarnya dapat dipelajari secara gratis. Iya, ada saja yang rela membayar mahal demi hal itu. Oleh karena itu, jangan pernah menganggap remeh pada pemasaran internet terutama usaha kecil menengah. 

Jangan salah, banyak usaha kecil menengah saat ini yang malah lebih menjual banyak secara online ketimbang secara offile. Inilah efek dari kekuatan online. Luar biasa. Bisa saja dalam sekejap, sebuah produk dapat diketahui secara global. 

Kemudian apa gunanya internet marketing bagi Entrepreneur? Sebenarnya dilihat dari pengertian, kita sudah bisa mengambil kesimpulan secara umum. 

Jelas, pengusaha ingin usahanya terus berkembang. Meningkatkan penjualan, memperkenalkan kepada brand kepada lebih banyak jangkauan. saya yakin anda sudah merasakan kekuatan online bagi kehidupan sehari-hari. Begitu berpengaruh, bahkan bagi pertumbuhan ekonomi dunia. 

Diluar itu sebagai media penjualan, Internet begitu penting untuk setiap wirausaha dalam mendapatkan informasi berguna bagi usaha mereka. Seperti mencari ide untuk berinovasi, mempelajari pasar (riset), mencari peluang usaha dan mempelajari pesaing. (Baca JugaSembilan Tips Blogging Untuk Bisnis Online Internet Marketing)

Belajar Internet Marketing dan Bisnis Online Gratis Untuk Pemula

Oke, sebagai tambahan yang membuat anda lebih mudah memahami tentang Internet marketing, berikut dibagi menjadi 2 kelompok :
  • Internet Markting sebagai Sumber Penghasilan 
Maksudnya adalah bahwa media internet dapat dimanfaatkan sebagai sumber yang dapat memberikan pendapatan untuk orang pengguna yang pintar memanfaatkannya. Beberapa diantaranya adalah :
  • PPC (Pay Per Clik ) - Pemilik blog atau website dapat menghasilkan uang dari klik iklan yang dilakukan pengunjung blog/website anda. Dengan syarat weblog anda sudah terdaftar sebagai publisher. Contoh : Google Adsense, Bidvertiser, Chitika, Infolinks, Kumpul Blogger, AdsenseCamp, KlikSaya dan masih banyak lagi. 
  • PPS (Pay Per Sale) - publisher mendapatkan uang dari jika ada yang membeli barang dari link afiliasi mereka punya, besarnya tergantu ketentuan pemilik produk. Contoh : Amazon, Niagahoste, dan masih banyak lagi.
  • PPL (Pay Per Lead) - publisher hanya akan dibayar jika seseorang mendaftarkan email mereka melalui link affiliasinya.
  • Menjualan produk Sendiri/ Toko online
  • Internet Marketing Sebagai Media Promosi Online
Selain sebagai penghasil uang bagi kita, Internet marketing juga bisa dimanfaat kan mempromosikan merek, juga menaikkan trafik blog/ website. 
  • Memasang Iklan PPC - Orang yang ingin promosi produk atau jasa akan membayar untuk setiap link website perusahaan kepada penyelenggara PPC. 
  • SEO (Search engine optimization) - teknik dan strategi marketing untuk mempromosikan website atau blog agar mendapat posisi di mesin pencari seperti Google, bing (Baca Juga : Jenis-Jenis dan Pengertian SEO)
  • Sosial media marketing - Saat ini sangat populer dan terbukti dapat digunakan sebagai pemasaran bisnis seperti promosi juga menjual produk.
  • Email Marketing - Strategi pemasaran melalui email saat ini memang boleh dikatakan kalah dibandingkan sosial media, tapi sebelum ada sosial media, email marketing lah paling jago dalam promosi. Tapi bukan berarti anda menganggap remeh.
  • Pemasaran melalui Forum - secara umum memang forum lebih dikenal sebagai tempat diskusi topik-topik tertentu atau umum, tapi saat ini fungsinya sudah bertambah sebagai tempat pemasaran, promosi dan branding. Lihat saja Kaskus. 
  • Mobile Advertising - layanan pengiklanan melalui perangkat mobile. Smartphone yang kini makin canggih, dan website yang dibuat responsive membuat iklan di smartphone sangat efektif untuk promosi bisnis. 
Setelah membaca kata demi kata dari atas, tentu anda sudah semakin paham bahwa internet marketing saling terkait dengan bisnis online. Bukan itu saja, perlu anda ketahui bahwa belajar internet marketing tidak harus mahal-mahal. Tidak perlu ikut kursus mempelajari internet pemasaran. Tapi, jika punya cukup modal, silahkan. Karena padasarnya artikel-artikel yang disajikan para blogger sangat cocok untuk pemula. Tidak perlu mahal-mahal, banyak pembahasan-pembahasan secara gratis disajikan oleh para ahlinya. 

Comments

  1. Di era informasi online seperti sekarang ini belajar internet marketing menjadi salah satu nilai tambah bagi pelaku bisnis. Infonya sangat bermanfaat. Salam by Pemasaran Jaringan

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu