Skip to main content

Apa itu Chief Operating Officer (COO)?

Seorang Chief Operating Officer (COO), sering disebut Direktur Operasi, adalah seorang eksekutif perusahaan yang memastikan operasi sehari-hari dan administrasi umum bisnis berfungsi dengan baik.

Apa definisi dari chief operating officer? COO suatu perusahaan adalah orang yang memastikan bahwa operasinya berada di jalur yang benar dan sejalan dengan strategi dan visi perusahaan. COO melapor langsung ke Chief Executive Officer (CEO) dan mengkomunikasikan pesannya. Dengan demikian, Chief Operating Officer adalah yang kedua di dalam perusahaan.

Sementara daftar tugas yang ditugaskan untuk petugas operasi sangat bervariasi dengan industri dan struktur organisasi yang berbeda, beberapa tugasnya meliputi:
  • Terus memberi tahu CEO tentang operasi dan acara harian
  • Membuat dan menerapkan strategi dan kebijakan
  • Menjaga tenaga kerja sejalan dengan visi / sasaran bisnis perusahaan
  • Memastikan komunikasi yang tepat dalam organisasi
  • Lengkapi CEO sesuai kebutuhan

Misalnya, Perusahaan A sedang mempertimbangkan memasuki bidang bisnis baru. Dengan demikian, peran CEO adalah untuk menganalisis hasil jangka panjang dari keputusan dan mengukur apakah usaha itu layak dikerjakan atau tidak. Setelah CEO menyampaikan keputusan, sekarang menjadi tugas COO untuk mengimplementasikan strategi. Ini akan mencakup estimasi tingkat operasional proyek dan membentuk tim sumber daya ideal untuk hal yang sama. Selain itu, pemantauan kemajuan yang konstan dan memastikan kelancaran lingkungan kerja bagi tim untuk melakukan tugas berada di tangan petugas operasi.
Apa itu Chief Operating Officer (COO)?

Singkatnya, sementara CEO adalah orang yang beridealisasi, COO adalah orang yang benar-benar mengimplementasikan hal yang sama di tingkat dasar.

Seorang Chief Operating Officer (COO) adalah anggota tim eksekutif organisasi. Mereka menangani administrasi sehari-hari dan operasi bisnis. Dengan pelatihan, pengalaman, dan keterampilan yang tepat, seorang individu dapat mengisi peran ini dalam berbagai organisasi, seperti bisnis nirlaba, organisasi nirlaba, entitas pemerintah, atau sekolah. COO biasanya memiliki tanggung jawab pengawasan keseluruhan untuk semua operasi entitas.

COO dapat juga disebut Wakil Presiden Operasi. Sebagai yang kedua dalam komando kepada CEO, posisi COO ditugaskan untuk memberikan kepemimpinan, manajemen, dan visi untuk memastikan bahwa bisnis memiliki orang-orang yang efektif, kontrol operasional, dan prosedur administrasi dan pelaporan yang berlaku. COO harus membantu menumbuhkan perusahaan secara efektif dan memastikan kekuatan keuangan dan efisiensi operasinya.

Pekerjaan Singkat
Chief Operating Officer atau COO yang berpengalaman untuk mengawasi operasi dan prosedur organisasi yang sedang berlangsung. Posisi ini akan menjadi orang kedua di perusahaan dan bertanggung jawab atas efisiensi bisnis.

Peran COO adalah anggota kunci dari tim manajemen senior, yang hanya melapor kepada Chief Executive Officer (CEO). Mempertahankan kendali atas operasi bisnis yang beragam, jadi diharapkan jika anda diposisi ini harus menjadi pemimpin yang berpengalaman dan efisien. Juga memiliki keahlian orang-orang hebat, ketajaman bisnis.

Tujuan dari posisi COO adalah untuk mengamankan fungsi bisnis untuk mendorong pertumbuhan yang luas dan berkelanjutan.

Tanggung Jawab
  • Merancang dan mengimplementasikan strategi, rencana, dan prosedur bisnis
  • Menetapkan tujuan komprehensif untuk kinerja dan pertumbuhan
  • Menetapkan kebijakan yang mempromosikan budaya dan visi perusahaan
  • Mengawasi operasi harian perusahaan dan pekerjaan eksekutif (TI, Pemasaran, Penjualan, Keuangan, dll.)
  • Memimpin karyawan untuk mendorong kinerja dan dedikasi maksimum
  • Mengevaluasi kinerja dengan menganalisis dan menafsirkan data dan metrik
  • Menulis dan mengirimkan laporan kepada CEO dalam semua hal penting
  • Membantu CEO dalam usaha penggalangan dana
  • Berpartisipasi dalam kegiatan ekspansi (investasi, akuisisi, aliansi perusahaan, dll.)
  • Kelola hubungan dengan mitra / vendor
Keterampilan & Kompetensi Kepala Operasional (Chief Operating Officer (COO)
Selain persyaratan pendidikan dan pengalaman, organisasi mencari kandidat COO yang juga memiliki soft skill berikut:
  • Kepemimpinan: COO harus memiliki keterampilan kepemimpinan yang luar biasa, ketajaman bisnis, dan kemampuan untuk mengelola, memimpin, dan mengawasi tim multidisiplin secara efektif
  • Strategi: Mereka harus unggul dalam pemikiran strategis, terbuka untuk perspektif baru dan cara yang lebih baik untuk melakukan sesuatu; dan menjadi kreatif, visioner, dan mengelola inovasi dengan baik
  • Berorientasi pada penyelesaian: COO harus berorientasi pada hasil
  • Memahami keuangan: COO harus memiliki rekam jejak manajemen keuangan yang sukses
  • Keterampilan pengambilan keputusan: COO yang sukses harus memiliki keterampilan pengambilan keputusan yang unggul
  • Delegasi: Harus memiliki kemampuan untuk mendelegasikan secara efektif
  • Komunikasi: COO harus memiliki komunikasi tingkat eksekutif dan memengaruhi keterampilan dengan kemampuan untuk menyelesaikan masalah, membangun konsensus di antara berbagai kelompok pemangku kepentingan internal / eksternal yang beragam, dan telah membuktikan keterampilan dalam bernegosiasi dan menengahi konflik.

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari