Skip to main content

5 Tips Aman Belanja di Toko Online Internasional

Kemajuan teknologi memberi kita kemudahan untuk melakukan apa pun, bahkan untuk berbelanja. Keterbatasan pasar lokal untuk menyediakan barang yang diinginkan atau dibutuhkan membuat kita harus melakukan pembelian di luar negeri. Melalui toko online internasional yang melayani pengiriman ke seluruh penjuru dunia, kita bisa mendapatkan item yang diinginkan itu.

Namun, meskipun tergolong mudah, aman dan terpercaya, bukan berarti tak ada resiko atau kerugian yang bisa menimpa kita sewaktu berbelanja di toko online luar negeri. Mengingat begitu banyak testimony yang menyatakan bahwa konsumen kurang puas dengan apa yang dibelinya.

5 Tips Aman Belanja di Toko Online InternasionalHal ini tentu saja bukan murni berasal dari kesalahan pihak toko online di luar negeri. Seringkali kesalahan berasal dari konsumen itu sendiri dan tentu saja pihak toko online tersebut tidak mau menerima klaim atau komplain konsumen mengingat toko tersebut sudah melakukan prosedur yang sudah ditetapkan dan tidak melanggar peraturan atau hukum yang berlaku.



Nah, agar terhindar dari kesalahan yang mungkin terjadi ketika sedang melakukan pembelian di toko online di luar negeri, mari simak 5 tips berikut:

1. Pilih Toko Online yang Kredibel
Bagaimana kita bisa mengetahui apakah sebuah dompet dengan merk ternama adalah produk asli dari designer sebenarnya? Mungkin kita begitu terpesona dengan barang yang ditawarkan oleh toko online di luar negeri sehingga lupa untuk menanyakan apakah barang itu asli atau hanya barang tiruan dengan harga yang sedikit lebih murah.

Agar bisa mendapatkan barang sesuai dengan keinginan, maka ada baiknya untuk melakukan penelitian kecil terlebih dahulu mengenai barang-barang yang ditawarkan. Kita bisa membaca review dari blog atau forum diskusi mengenai toko online tempat kita berbelanja.

Selain perihal di atas, kita juga sebaiknya melakukan survei harga di toko online luar negeri lain untuk item sejenis agar bisa mendapatkan harga terbaik. Selisih harga untuk item yang sama atau sejenis bisa dialihkan untuk ongkos kirim atau keperluan lain.

Setelah kita menentukan barang yang diinginkan dengan harga terbaik, selanjutnya kita menentukan toko online mana yang cocok untuk dibeli. Kita bisa bisa melihat testimoni dari konsumen toko online di blog, facebook dan sebagainya. Dengan begini, kita sudah bisa memastikan bahwa toko online itu adalah toko yang aman, nyaman dan terpercaya.

2. Baca Terms and Condition
Tentunya kita tidak ingin ada kerugian dalam bentuk apapun saat berbelanja online, apalagi di toko online di luar negeri. Pada dasarnya, toko online sudah menetapkan prosedur bagaimana mereka bekerja, dan hal ini tercantum dalam ‘terms and condition’ yang tertera pada laman online shop.

Jika mereka sudah bekerja mengikuti prosedur, kita tidak bisa komplain atau bahkan meminta ganti rugi. Nah, disini kita perlu memahami benar syarat dan ketentuan yang mereka tetapkan dan mengikuti petunjuk belanja yang benar agar terhindar dari berbagai macam kerugian. Dengan kata lain, kita harus menjadi pembeli yang pintar dengan membaca detail toko.

3. Cek Metode Pembayaran
Setelah memutuskan untuk membeli sesuatu dari sebuah toko online, sebaiknya kita terlebih dahulu mengetahui metode pembayaran yang mereka tetapkan. Mungkin kita sudah mengetahui dan bahkan memahami metode pembayaran yang berlaku secara internasional seperti paypal. Namun, kita harus memastikan tidak membayar lebih mahal untuk item yang dibeli. Kita juga harus mempertimbangkan kurs, additional charge dan lain-lain yang menambah total cost yang dikeluarkan.

4. Pilih Metode Pengiriman
Pengiriman barang biasanya akan membebankan pengiriman kita. Semakin cepat dan aman pengiriman, semakin besar biaya yang kita keluarkan. Di Indonesia, ada beberapa jasa pengiriman internasional yang bisa digunakan, tinggal dipilih sesuai keinginan.

5. Cek Pajak Bea Cukai
Biasanya, barang yang masuk ke Indonesia dengan harga di bawah USD50 tidak akan dikenakan pajak. Pastikan kita sudah mengetahui mengenai pajak berlaku untuk barang yang dibeli. Jangan sampai pajak yang dikenakan malah justru lebih besar dari harga barang itu sendiri. (Sumber dari Suara.com)

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu