Skip to main content

Prospek Usaha Kecil dan Menengah Paling Menjanjikan

Sebelum memutuskan untuk membangun sebuah bisnis, seorang pembisnis harus melihat prospek dari rancangannya tersebut. Ada banyak ragam bisnis yang bisa dijalankan oleh semua orang. Mulai dari bisnis dalam skala kecil, menengah, hingga skala nasional dan internasional. Jika peluang bisnis yang dipilih tepat dan cara mengelolanya benar, maka bisnis kecil atau usaha sampingan pun tetap mampu mendatangkan keuntungan besar. Demikian sebaliknya, usaha skala besar pun kalau tidak punya peluang besar dan cara mengelolanya tidak benar. Tidak akan memberikan laba dan akan bangkrut. Jadi sangat penting untuk terlebih dahulu menganalisa apakah bisnis yang akan anda bangun memiliki prospek yang menjanjikan. Selain punya prospek yang menjanjikan, seorang pengusaha harus memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Punya keyakinan dengan usaha yang akan dijalankan. Untuk mengetahui prospek usaha yang menjanjikan di masa depan bukalah sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Peluang usaha adalah kesempatan/waktu yang tepat yang seharusnya diambil/dimanfaatkan bagi seorang wirausahawan untuk mendapat keuntungan. 

Memulai usaha atau bisnis merupakan pilihan yang terbaik saat ini, karena jika hanya mengandalkan pekerjaan sebagai karyawan saja akan terasa pas-pasan meskipun Upah Minimum Regional(UMR) setiap tahun naik. Namun jika anda sekarang sudah memulai sebuah usaha, jangan langsung berhenti begitu saja dari pekerjaan. Dimulai pada tahun 2016 sepertinya peluang bisnis yang dipandang cerah adalah bisnis yang masih berbasis teknologi canggih seperti bisnis online. Tentu saja hasil yang diinginkan dapat diperoleh dengan memanfaatkan segala faktor yang ada, baik faktor internal maupun faktor eksternal. (3 Usaha Kecil dan Menengah Yang Menguntungkan Paling Laris)

Cara memanfaatkan peluang usaha/bisnis menurut Dr.D.J. Schwartz adalah:
  • 1. Percaya dan yakin bahwa usaha bisa dilaksanakan.
Hapuskan kata mustahil, tak mungkin, tak bisa, atau tak perlu dicoba dari khasanah pikiran dan khasanan bicara.
  • 2. Jangan hadiri lingkungan yang statis yang akan melumpuhkan pikiran wirausahawan.
Lihatlah peluang-peluang usaha untuk menjadi besar. Tradisi lain yang kurang menunjang peluang-peluang usaha adalah etos kerja yang rendah dan terlalu santai.
  • 3. Setiap hari bertanyalah kepada diri sendiri , “bagaimana saya dapat melakukan usaha lebih baik?”
  • 4. Bertanya dan dengarkanlah.
Dengan bertanya dan mendengarkan, maka wirausahawan akan mendapatkan bahan baku untuk mengambil keputusan yang tepat
  • 5. Perluas pikiran Anda
Bersemangatlah, bergaullah dengan orang-orang yang bisa membuat anda mendapat gagasan-gagasan peluang usaha.
Berikut adalah beberapa prospek bisnis kecil dan menengah yang menjanjikan dapat menjadi inspirasi bagi anda yang ingin mulai membangun bisnis sendiri;
  • Prospek Bisnis di Bidang Kuliner
Bisnis kuliner adalah usaha yang tidak akan pernah mati. Artinya tidak ada habisnya. Mengingat makan dan minuman merupakan kebutuhan pokok manusia diseluruh dunia. Masyarakat Indonesia sangat terkenal konsumtif dibanding negara-negara lain, termasuk dalam hal makanan. Dan Indonesia terkenal dengan jenis makanannya yang beragam dari berbagai daerah, mulai dari makanan utama hingga makanan ringan. Harganya pun beragam mulai dari yang murah, sampai yang mahal. Jadi bisnis makanan merupakan prospek yang sangat bagus untuk dijadikan sebagai usaha kecil dan menengah.  Untuk bisa bertahan dalam bisnis kuliner, seorang pembisnis harus bisa menganalisa prospek yang meliputi peluang dan hambatan terlebih dahulu. Misalnya saja, menganalisa target pasar. 

  • Prospek Bisnis di Bidang Kreatif
Industri kreatif adalah industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu tersebut. Industri kreatif merupakan bidang bisnis yang sangat luas. Seiring dengan perkembangan dunia media sosial, bisnis di bidang kreatif juga semakin berkembang. Setiap orang saat ini bisa menjual hasil karyanya hanya melalui media sosial. Industri kreatif memberikan peranan penting terhadap perekonomian suatu negara. Peran industri kreatif bisa meningkatkan ekonomi secara global. Sebagian orang berpendapat bahwa kreativitas manusia adalah sumber daya ekonomi utama. Sehingga saat ini banyak sektor industri yang lahir dari kreatifitas dan inovasi dari setiap individu.
Contoh : Sektor Arsitektur, Periklanan, Barang Seni, Kerajinan, Design, Fashion, Video, Film dan Fotografi dll
  • Prospek Bisnis di Bidang Fashion
Bisnis fashion peluangnya makin luas dan menjanjikan. Fashion saat ini semakin diminati dengan tidak pandang bulu, baik laki-laki maupun perempuan dari berbagai umur saat ini sudah mulai peduli dengan fashion yang mereka gunakan. Bisnis fashion sangat menguntungkan. Peluang yang sangat luas membuat banyak sekali pemain bisnis ini. Kompetisi yang sangat ketat adalah masalah tersendiri bagi pemul yang bermodal kecil. Bisnis ini murni tentang membaca keinginan konsumen.

  • Prospek Bisnis di Bidang Otomotif

Dunia otomotif salah satu bidang yang banyak di sukai, banyak diantaranya masyarakat yang memiliki ketertarikan kepada bidang ini. Otomotif merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan kendaraan baik itu dalam bentuk sepeda motor, mobil, bus, truk dan lain sebagainya. Melihat peluang yang terbuka lebar sangat di sayangkan apabila anda tidak mencoba bisnis bidang otomotif terlebih bagi anda yang ahli dalam bidang ini.
Contoh : Bisnis Rental Mobil, Jual Beli Kendaraan Bekas, Membuka Bengkel Mobil atau Motor, Membuka Usaha Cuci Motor dan Mobil,  Membuka Toko Aksesoris Kendaraan. 

  • Prospek Bisnis di Bidang Agrobisnis
Prospek bisnis agrobisnis sangatlah besar. Modal yang perlu dikeluarkan pun cenderung tidak terlalu besar, terlebih jika Anda memiliki kemampuan dalam mengembang biakkan tanaman sendiri. Untuk bisa melihat prospek, Anda harus jeli. Jangan sampai Anda memilih bisnis yang sedang “hits” pada saat itu, namun tidak memiliki jaminan untuk prospek di masa depan. 
Contoh : Bertanam Sayur- Sayuran Kecil Kecilan, Peluang Budidaya Tanaman Obat Herbal, Membuat dan Menjual Cangkokan Tanaman Buah dan Tabulampot (Tanaman buah dalam Pot), Berjualan Bunga dan Tanaman Hias, Budidaya Jamur Konsumsi Modal Kecil-Kecilan, Usaha Pembibitan Pohon, Budidaya Tanaman Buah Produksi.

  • Prospek Bisnis di Bidang Online
Ada banyak sekali jenis bisnis online yang bisa kita jalankan, salah satunya yang sangat populer ialah kegiatan blogging, berjualan online, dropshipper, affiliates, dan lainnya. Bagi anda yang saat ini berdagang tidak ada salahnya mencoba memasarkan produk secara online, barang yang mendukung di jual di internet sangat banyak, seperti barang elektronik, perabot rumah tangga, makanan kering, aksesoris, pakaian, sepatu dan masih banyak lagi. (5 Bisnis Online Yang Paling Laris Setiap Hari)

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena...

Apa Itu Usaha Menengah?

Usaha menengah adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perseorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dengan usaha kecil atau usaha besar dengan jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan (Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Bab 1 pasal 1). Usaha kecil menengah juga berfungsi sebagai sarana untuk memeratakan hasil-hasil pembangunan yang telah dicapai. Kewirausahaan dalam menjalankan industri menengah adalah modalnya cukup besar, peralatan dan sarana tempat sudah bagus dan pembagian kerja sudah jelas, tenaga kerja/karyawan berjumlah 20 sampai 100 orang. UKM (Usaha Kecil Menengah) adalah tulang punggung ekonomi Indonesia. Jumlah UKM hingga 2011 mencapai sekitar 52 juta. UKM di Indonesia sangat penting bagi ekonomi karena menyumbang 60% dari PDB dan menampung 97% tenaga kerja.  Baca Juga ...

Apa Arti Pedagang ? Ketegori, Jenis Pedagang dan Ciri-Ciri Pedagang

Pedagang adalah orang atau badan yang melakukan aktivitas jual beli barang atau jasa dipasar. Di dalam aktivitas perdagangan, Pedagang adalah orang atau instusi yang memperjualbelikan produk atau barang, kepada konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung. Dalam ekonomi, pedagang dibedakan menurut jalur distribusi yang dilakukan dapat dibedakan menjadi : pedagang distributor (tunggal), pedagang partai besar, dan pedagang eceran.  Sedangkan pengertian pedagang secara etimologi adalah orang yang berdagang atau bisa disebut juga saudagar. Pedagang ialah orang yang melakukan perdagangan, memperjual belikan produk atau barang yang tidak diproduksi sendiri untuk memperoleh keuntungan. Berdasarkan penggunaan dan pengelolaan pendapatan yang diperoleh dari hasil perdagangan, pedagang dapat dikelompokan menjadi : Pedagang profesonal yaitu pedagang yang menggunakan aktivitas perdagangan merupakan pendapatan/sumber utasa dana satu-satunya begi ekonomi keluarga. Pedagang...