Skip to main content

Tujuh Cara Menekan Pengeluaran Bisnis Kecil

Kondisi perekonomian yang tidak menentu membuat para pelaku usaha kecil dan menengah harus lebih siap dalam perencanaan pengeluaran. Misalnya dalam hal biaya produksi, biaya operasional, sampai gaji karyawan harus diperhitungkan dan di rencanakan secara matang, agar efisiensi tetap terjaga tanpa harus berpengaruh pada kinerja perusahaan.

Dalam mengatur manajemen keuangan sebuah bisnis sebenarnya gampang-gampang susah. Anda tidak hanya membutuhkan daftar rincian kebutuhan yang diperlukan oleh perusahaan, namun juga harus memiliki jalan alternatif atau cara khusus untuk menekan beban pengeluaran.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini akan membahas beberapa tips mengatur pengeluaran bagi bisnis kecil, agar tetap bisa eksis di tengah naik turunnya kondisi perekonomian saat ini. Simak ulasan lengkapnya berikut ini, dikutip dari Okezone.com.

  • Menerapkan Metode Iklan
Cara pertama menggunakan media iklan, iklan menjadi salah satu komponen penting dalam memperkenalkan usaha dan sekaligus menarik lebih banyak konsumen. Sebuah perusahaan ada kalanya tidak berpikir panjang bila berurusan dengan hal ini sehingga rela mengeluarkan lebih banyak biaya agar nama produk muncul di media elektronik atau media cetak koran. Jika ini dibiarkan secara terus-menerus, bukan tidak mungkin rincian biaya bisa membengkak, dan mungkin mempengaruhi kondisi kestabilan keuangan.
http://idemotivasibisnis.blogspot.co.id/
Anda sebenarnya bisa memanfaatkan berbagai media yang lebih murah untuk mempromosikan perusahaan tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam, seperti memanfaatkan media sosial atau media berbasis online lainnya. Maka dengan begitu, perusahaan tetap bisa mendapatkan lebih banyak konsumen tanpa harus membuang cukup banyak uang.

  • Merencanakan Pajak
Menjadi seorang entrepreneur atau pelaku usaha tentunya berbeda dengan halnya karyawan biasa yang mendapatkan penghasilan yang telah dipotong pajak. Anda harus mulai mengurus berbagai jenis pajak terkait usaha, yang harus dibayarkan tepat pada waktunya agar tidak terkena denda. Anda dapat menekan pengeluaran dari segi pajak ini dengan memakai jasa seorang akuntan profesional. Anda dapat meminta bantuannya untuk menghitung estimasi pajak yang harus dibayarkan serta menanyakan secara detail tentang beberapa trik untuk mengurangi biaya tersebut.

  • Kurangi Penggunaan Kertas
Salah satu cara efektif dalam menekan biaya pengeluaran adalah dengan mengurangi penggunaan kertas yang berlebihan. Cara alternatif lainnya dengan mengubah dokumen penting perusahaan ke dalam bentuk file. Selain tidak banyak memakan tempat juga lebih efisien dan mudah untuk mengaturnya, dengan tidak Anda sadari cara seperti ini turut mengurangi sampah, paling penting lebih sehat untuk lingkungan sekitar. Anda juga dapat memanfaatkan media penyimpanan berbasis online untuk menyimpan dokumen penting perusahaan.

  • Memperkerjakan Generasi Muda dan Pintar
Setiap perusahaan memang membutuhkan karyawan yang berpengalaman untuk menjaga kualitas dan kinerja perusahaan agar tetap maksimal juga berjalan sesuai harapan. Namun tidak ada salahnya apabila memperkerjakan pegawai yang belum mempunyai pengalaman, yang paling penting mempunyai potensi juga bersedia untuk terus belajar. Bukan hanya perusahaan Anda akan dipenuhi dengan semangat muda, namun Anda dapat lebih berhemat karena gaji karyawan kalangan menengah jauh lebih rendah dibanding kalangan profesional yang memiliki pengalaman.

  • Jangan Terlalu Sering Memperhatikan Keadaan Kantor
Pebisnis pemula yang baru saja merintis usaha biasanya terlalu fokus mendesain kantor sehingga rela mengeluarkan biaya lebih untuk sekadar membeli furnitur terbaru atau wallpaper. Jika Anda termasuk salah satunya, ada baiknya segera hentikan hal tersebut dan tetap fokus terhadap hal lain yang lebih penting. Sebenarnya Anda tidak memerlukan perlengkapan kantor dengan harga mahal, hanya untuk sekadar memenuhi gengsi semata karena sebenarnya kehangatan suasana dan kebersamaan dalam kantor juga turut berkontribusi memberikan kenyamanan bagi karyawan.

  • Mencoba Sistem Barter
Anda juga dapat mencoba menjalin kerjasama dengan teman, keluarga, atau rekanan profesional untuk lebih mempererat jalinan bisnis dengan menggunakan sistem barter. Contohnya, sebuah perusahaan di bidang teknologi informasi akan melakukan promosi lewat jejaring sosial sebagai ganti dari pemasangan iklan atau penyebaran brosur di berbagai tempat umum. Selain itu, sebuah perusahaan informasi dan teknologi juga bisa barter software tertentu sebagai ganti dari konsultasi pajak pada seorang konsultan.

  • Memaksimalkan Produk
Anda juga bisa melakukannya dengan cara memaksimalkan produk yang Anda jual, dengan mengetahui selera pasar, respon konsumen terhadap produk, serta estimasi biaya yang rela mereka keluarkan, dapat membantu Anda merancang produk maupun pelayanan dengan efisien. Rajin dalam melakukan survei terhadap pasar dapat membantu mengurangi biaya pengeluaran, karena Anda tidak perlu mencoba-coba untuk menciptakan sesuatu yang pada akhirnya gagal juga. 

Sumber Artikel dari ayopreneur.com

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu