Skip to main content

7 Faktor Mempengaruhi Wawancara Kerja Sukses Untuk Pertama Kalinya

Wawancara kerja adalah suatu proses tahapan dalam seleksi kerja yang melibatkan percakapan antara pelamar/pencari kerja dengan pihak perwakilan dari satu perusahaan yang anda mempekerjakan untuk melihat, apakah anda merupakan calon pekerja yang tepat atau tidak. Sebuah wawancara kerja yang berhasil sering menjadi kunci keberhasilan dalam memperoleh kontrak atau pekerjaan. Keputusan untuk menyewa anda sebagai karyawan sebuah perusahaan didasarkan pada kesan pertama, sehingga anda ingin membuat image yang paling positif yang kamu bisa. Kebanyakan interview berhasil tergantung pada persiapan yang dilakukan sebelum wawancara itu sendiri. 

Lalu Apakah Tujuan dari Wawacara? 
Kenapa harus Interview? Sementara nilai atau IP kita cukup tinggi. Hasil wawancara akan sangat menentukan apakah kamu merupakan calon karyawan yang tepat mengisi posisi lowongan kosong tersebut. Secara umum tujuannya adalah untuk mengetahui potensi dan kemampuan yang dimiliki oleh calon karyawan sesuai bidang atau jabatan yang diinginkan. 
  • Mengetahui Kemampuan dan Keterampilan - Pihak perusahaan secara umum harus mengetahui apa sih kemampuan dan keterampilan yang dimiliki seorang karyawan melalui interview. Hal ini sangat menentukan keberhasilan seseorang apakah mampu dalam mengemban tugas yang akan diberikan, melalui beberapa tahap tes.
  • Mengetahui Motivasi Kerja - Pertanyaan ini sering muncul pada pencari kerja. Sebaiknya hati-hati menjawab pertanyaan ini. Apakah anda bekerja hanya karena gaji yang besar atau lainnya.
  • Untuk mengetahui kepribadian pelamar
  • Membantu perusahaan untuk mengidentifikasi pelamar-pelamar yang layak sesuai posisi yang dibutuhkan.

Berikut adalah beberapa tips pra-wawancara yang dapat mempersiapkan kamu untuk interview yang berhasil :
  • 1) Mempunyai Surat Referensi Yang Terupdate
Dalam wawancara kerja sering dilakukan denga lebih dari satu orang, sehingga perlu salinan resume tambahan ditangan anda. Tahu di mana perusahaan tersebut berlokasi dan sekitar berapa banyak waktu yang akan membawa anda kesana. Jika posisi yang anda lamar memerlukan itu, bawalah tas dengan surat pengalaman kerja jia anda. Pastikan membahwa lembar surat referensi kerja ter up to date 

  • 2) Kenakan Pakaian yang tepat untuk Posisi yang anda Lamar
Seharusnya tidak ada noda dalam pakaian anda. Itu harus menjadi pertama kalinya anda kenakan setelah dicuci. Tunjukkan bahwa kamu peduli tentang diri anda dan perusahaan yang ingin dilamar. Dapatkan gambaran umum tentang orang di posisi yang sama di perusahaan baru tersebut dan memakai pakaian seperti mereka. Melakukan hal ini menciptakan kesan bahwa kamu adalah salah satu dari tim. 

  • 3) Jangan Merokok atau Minum Sebelum Wawancara
Rokok dan alkohol meninggalkan bau khas pada tubuh. Anda tidak ingin mengambil kesempatan bahwa pewawancara adalah seorang non perokok yang dapat mendeteksi asap rokok dari 10 meter jauhnya. Minum sebelum interview memberikan kesan bahwa  anda ceroboh dan tidak peduli tentang majikan potensial anda.

  • 4) Tepat Waktu
Ingat pewawancara membuat penilaian mereka tentang mempekerjakan berdasarkan presentasi yang anda buat dalam wawancara itu. Mereka mencari kualitas yang terbaik sesuai dengan perusahaan mereka, dan akan membuat keputusan mereka tepat. Terlambat untuk sebuah wawancara untuk alasan apapun (kecuali bencana) menciptakan nada negatif untuk sisapewaatau tepat waktu.

  • 5) Praktek
Ada beberapa standar pertanyaan yang digunakan oleh pewawancara. Apa kekuatan terbesar anda? Jelaskan situasi dimana anda memecahkan masalah. Mengapa kami harus mempekerjakan anda? Mempersiapkan diri dengan menulis jawaban atas pertanyaan-pertanyaan itu dan menghafalnya. Cobalah praktek interview dengan teman atau orang yang sudah bekerja. Pastikan teman-teman anda jujur. Itu adalah salah satu cara melatih kemampuan wawancara anda untuk mengidentifikasi dan memperkuat kelemahan anda.

  • 6) Pelajari tentang Perusahaan
Siapa pemain kunci di perusahaan? Carilah informasi sebanyak mungkin tentang perusahaan yang anda lamar di website perusahaan atau testimonial diweb lain. Lihat apa yang dapat anda cari tentang orang yang akan mewawancari kamu. Ketahui apa saja produknya? Hal-hal positif tentang perusahaa tersebut. 

  • 7) Tahu dan Punya Keterampilan yang Anda Tawarkan
Sambil mempersiapkan untuk wawancara dan melakukan praktek interview, anda akan memiliki kesempatan untuk menemukan apa keahlian anda, apa ciri-ciri unik yang dapat anda tawarkan kepada perusahaan itu? Sebaliknya, ketahui juga kelemahan anda dan berusaha untuk mengubahnya menjadi kekuatan dan keterampilan. Apakah anda mempunyai keterampilan yang di iklankan untuk pekerjaan yang anda lamar? Karena dengan mengetahuinya akan lebih membuat diri kamu lebih percaya diri dan meningkatkan kesempatan kamu untuk mendapatkan pekerjaan.

Berikut adalah cara menjawab pertanyaan "Kenapa anda menginginkan pekerjaan ini?" yang kami kutip dari Jobsdb.Com - " Tunjukkan Bahwa Posisi yang Kamu Lamar Sejalan dengan Rencana Karirmu". Contoh : “Keinginan terbesar saya adalah menjadi seorang kepala editor pada sebuah majalah lifestyle. Sebagai lulusan baru, saya sangat mengerti bahwa saya harus melalui proses yang panjang untuk bisa sampai pada posisi tersebut dan saya ingin tetap pada jalan yang saya pilih. Itulah mengapa saya tertarik pada posisi asisten editor. Saya yakin bahwa banyak kemampuan yang akan saya terima di sini sangat berarti bagi saya dalam mengejar mimpi saya.”

Keberhasilan wawancara ditentukan jauh sebelum anda berhadapan dengan majikan yang potensial. Penyusunan dan penyajian diri dalam cahaya terbaik adalah kunci untuk menciptakan kesan pertama yang terbaik dan mendapatkan pekerjaan yang kamu impikan selama ini.  

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu