Skip to main content

Apakah Facebook Berguna Untuk Bisnis Anda?

Apakah Facebook Berguna Untuk Bisnis Anda? - Facebook sangat berguna untuk bisnis dalam meningkatkan penjualan, terlibat pada konsumen, mengetahui pesaing dan banyak lagi. Apakah anda tahu bahwa ada konten yang dibagikan di Internet saat ini adalah tentang anak kucing dan makanan? Mereka bahkan lebih populer daripada artis. Sehingga anda mungkin sedikit bingung dan merasa hal itu aneh. Aneh bagi orang yang tidak suka dengan kucing. Siapa yang benar-benar peduli? Yang jelas orang-orang yang suka kucing dan cara perawatannya. Jika anda menggunakan media sosial (terutama facebook) untuk memasarkan bisnis anda, maka anda harus tahu apa yang bisa membuat pengikut anda terlibat. 

Jadi apa yag harus dilakukan dengan bisnis? Semuanya. Ini tentang merek yang bergema bersama khalayak yang lebih besar dan menciptakan konten menarik, menyenangkan bagi orang yang ingin mengomentari dan berbagi. 

Apakah anda baru masuk ke platform media sosial hari ini? Dan ingin membuktikan kehandalan media sosial dalam menjual produk anda. Oh, saya kira anda terlalu cepat mengambil kesimpulan demikian. Ketahuilah yang pertama, orang masuk ke media sosial untuk bersenang-senang dan berinteraksi dengan teman-teman dan keluarga mereka. Apakah itu berarti bahwa apa yang dikatakan orang salah tentang facebook tidak dapat dijadikan sebagai bisnis online? Tidak, tapi bukan begitu cara mainnya. Banyak kok yang menggunakan jaringan sosial sebagai alat utama mencari uang dari internet dengan menjadikan facebook sebagai wadah menjual produk atau jasa.

Apakah Facebook Berguna Untuk Bisnis Anda?Bisnis online di facebook tidak semudah yang anda lihat dan anda pikirkan. Mencari uang di facebook itu bukan seperti memungut sampah di jalanan.  Mencari uang dari internet saat ini memang boleh dikatakan dapat dijadikan sebagai sebuah pekerjaan menjanjikan yang penghasilannya bisa melebihi gaji dari pekerja kantoran. Bahkan banyak orang yang mengabdikan diri mencari uang dari internet, berbisnis di internet dan berbisnis online. Bahkan dalam pencarian di mesin pencari, banyak yang mencari cara berbisnis online di facebook. Itu membuktikan bahwa mencari uang dari internet benar-benar nyata dan sekarang menjadi sebuah pekerjaan tetap.


Ini Tentang Kepercayaan 
Orang tumbuh lebih banyak dan lebih tidak toleran dengan iklan, tapi orang-orang mencoba untuk menjerit keras demi mendapatkan perhatian banyak orang. Di Facebook, ini tentang hubungan baik dengan pengikut (audience) anda. Anda harus memberi mereka makan infomasi yang menarik, menyenangkan, unik dan bermanfaat. Ada alasan kenapa orang tidak mau terlibat dengan konten bisnis anda. Facebook adalah media untuk melakukan yang terbaik untuk menjaga orang terlibat bersama konten yang lebih relevan. 
  • Facebook bukanlah Twitter. Jika Facebook itu seperti Twitter dimana setiap postingan atau komentar dari setiap orang dalam jaringan akan membombardir feed berita anda. Itu akan membuat facebook tidak dapat digunakan. Facebook membatasi apa yang anda lihat, mereka melakukan itu untuk kebaikan anda sendiri. 
  • Facebook Memiliki Sebuah Algoritma - algoritma ini dirancang untuk menampilkan konten dari orang-orang yang berinteraksi dengan yang paling banyak. Itu berarti jika anda berbagi konten menarik, maka ketika anda berbagi sesuatu dari orang atau halaman lain, teman-teman anda (pengikut) akan lebih memungkinkan untuk melihat apa yang anda bagikan.
  • Mereka Ingin Anda Membeli Iklan - Facebook itu gratis itu juga sebuah bisnis. Mereka ingin anda untuk meningkatkan posting agar dilihat oleh semua orang seperti pengikut, penggemar pada halaman bisnis atau merek anda. Ini semacam memaksa orang-orang yang menyukai halaman bisnis anda untuk melihat barang-barang anda. Anda juga dapat menggunakan Facebook iklan, sebuah alat yang mengagumkan untuk bisnis dan memungkinkan anda untuk menargetkan pada orang menyukai dan bahkan pada orang yang belum menyukai halaman bisnis anda.

Rencana Bisnis Facebook
Jika anda terus-menerus posting konten bisnis, maka orang akan menjadi mati rasa untuk segala pesan anda. Ada aturan yang mengatakan 80 - 20. Dimana 80% memposting menyenangkan dan konten menarik, termasuk gambar anjing, pengalaman hidup yang lucu atau kutipan. Orang-orang akan suka, berkomentar dan berbagi informasi seperti ini sepanjang hari. Kemudia yang 20% dari waktu akan berbagi beberapa informasi tentang produk atau bisnis. Kita perlu melatih audiens/ pengikut di sosial media untuk berinteraksi, sehingga ketika memposting tentang bisnis, mereka sudah terbiasa berinteraksi. 

Berikut adalah beberapa tips yang akan membantu anda menciptakan lebih banyak keterlibatan pengikut pada posting bisnis :
  • Gunakan gambar - Gambar dan video meningkatkan keterlibatan pada posting hingga 70%. Gambar menciptakan hubungan emosional dengan konten anda. Terutama dalam bisnis, pastikan ini adalah foto asli atau kalau tidak anda harus memuat sumbernya, karena menggunakan gambar atau video orang lain di halaman bisnis tanpa izin dapat menyebabkan masalah.
  • Berbagi Hal Gembira - orang-orang terutama di Facebook ingin hiburan. Menciptakan konten menyenangkan asli adalah rencana terbaik. Ada juga kemungkinan bahwa mereka mungkin berakhir pada pada halaman bisnis atau merek anda, dan mereka akan mulai membaca dan menggunakan konten lainnya. Ini bisa menjadi blog, podast, gambar atau apapun yang membuat mereka tersenyum, berupa informasi yang menghibur.
  • Posting di halaman Bisnis anda kemudian bagikan di Dinding (Wall) facebook anda - Bila anda posting di halaman bisnis anda atau halaman, anda mungkin melihat keterlibatan pengikut terbatas, tetapi ketika anda posting ke dinding atau ke kelompok, anda akan melihat peningkatan minat (apalagi jika sebelumnya anda sudah melatih audiens anda selalu terlibat berinteraksi). 
Baca Juga :
Gagasan Akhir
Anda harus mendapatkan kepercayaan rakyat dalam Facebook, agar mereka mempercayai anda setelah menggerakkan mereka di luar facebook. Seperti anda menjual produk diluar bisnis anda. Gunakan waktu untuk memelihara hubungan dengan mereka sehingga anda dapat dengan mudah memimpin mereka ke tanah yang dijanjikan internet marketing. Ketika mereka sudah percaya dengan anda, maka anda bisa mengalihkan perhatian mereka untuk bergabung daftar email, mendaftar webinar atau membeli produk atau jasa di website anda. 

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu