Skip to main content

Panduan Cepat Untuk Bisnis Kecil di Media Sosial

Panduan Cepat Cara Bisnis Kecil di Media SosialSetiap hari, bisnis kecil dan lebih kecil yang menggunakan media sosial sebagai pihak baru. Media sosial menjadi alat pemasaran cerdas dan branding. Tentu saja semua menjadi senang melihatnya. Tapi begitu sering kita melihat halaman Facebook menyedihkan, akun Twitter tidak aktif, platform sosial diabaikan. Sosial media pemasaran (Social media marketing) ini membutuhkan waktu, uang dan pemikiran strategis.  Dimana tiga hal yang banyak usaha kecil tidak benar-benar mengantisipasi atau benar mengalokasikan untuk jadwal dan anggaran tersendiri. Tetapi dengan langkah yang benar, hal itu dapat membuat perbedaan dalam kehidupan jaringan media sosial anda. Mulai dari yang kuat - dengan konsistensi dan strategi cerdas akan membuat anda siap untuk sukses, bahkan ketika anda terlalu sibuk.

3 Langkah untuk Mulai Kuat

Setelah anda berpikir keras dan memutuskan mana jaringan sosial yang terbaik untuk bisnis anda mulailah dengan 3 langkah berikut. Anda akan membangun dasar yang kokoh untuk membangun reputtasi masa depan dan keterlibatan pengguna dimana jaringan yang anda pilih. Berikut adalah panduan cepat untuk bisnis kecil di media sosial :
Panduan Cepat Untuk Bisnis Kecil di Media Sosial, peluang bisnis, bisnis online

  • Jadilah Konsisten dan Teliti dalam Petunjuk Penting
Ketika anda sedang menyiapkan halaman media sosial anda, ada banyak untuk ditambahkan. Foto, salinan, jam, rincian, lokasi dll. Sangat penting bahwa anda menetapkan standar dengan menjadi sangat konsisten di semua jaringan. Jika misalnya, seseorang bisnis Hardware dan Sofware Smartphone, pastikan anda menggunakan judul lengkap untuk di semua halaman media sosial lainnya bahkan jika perlu dalam rekening. Atau jika anda memiliki beberapa logo yang berbeda berbeda, pilihlah salah satu yang akan digunakan untuk Facebook, Twitter dan halaman lain. Pelanggan dan pengguna harus dapat mengenali anda segera dan nama yang berbeda atau logo hanya akan membingungkan mereka.

Setiap jaringan media sosial memberi anda cara yang berbeda untuk daftar informasi bagi anda, tetapi cobalah untuk menggunakan salinan yang sama sedapat mungkin. Jadi Tentang Bisnis (deskripsi bisnis) anda untuk Facebook harus sesuai dengan ringkasan LinkedIn, dan Google + demikian juga Tentang anda sendiri (deskripsi pemilik). Cobalah untuk menggunakan pegangan yang sama dimana pun anda berada, sehingga penggna dapat dengan mudah menandai anda dalam posting mereka.

Bagian terakhir dari konfigurasi penting adalah dasar untuk memasukkan semua informasi yang anda Izinkan untuk dimaksukkan. Ini termasuk jam operasi, inforasi, rincian lokasi dll. Pelanggan sering sekarang beralih ke halaman Facebook atau Google + untuk mengetahui jika anda terbuka apabila mereka sedang dalam perjalanan, dan anda ingin semuanya berada dalam jangkauan bahkan pada perangkat mobile (mobile devide).

  • Meningkatkan atau Promosikan Untuk Membangun Audience
Tentu saja, sebelum orang lain anda harus meminta keluarga sendiri, teman-teman dan pelanggan untuk berbagi dan mengundang pengguna lain menyukai halaman facebook anda, mengikuti anda di Twitter dll. Tapi itu tentu belum cukup. Bagi bisnis besar itu akan sulit untuk berkembang. Bahkan jika anda menghasilkan konten yang besar, itu tidak akan berguna dan tidak akan mencapai siapapun jika pengikut anda sangat terbatas. 

Kesalahan terburuk yang usaha kecil lakukan adalah bahwa dalam mindset mereka itu media sosial gratis. Promosi dengan media sosial membutuhkan investasi, baik investasi waktu bahkan investasi sedikit uang untuk meningkatkan pembaca posting atau mempromosikan halaman anda. Hal itu akan membantu membangun pengunjung/ pengikut yang dibutuhkan untuk membuat kesan baik pada media sosial

Apakah anda memutuskan untuk meningkatkan pembaca posting atau mempromosikan halaman Facebook anda, keduanya sangat murah untuk meningkatkan jangkauan. Untuk banyak bisnis, facebook dapat meningkatkan dengan iklan Facebook. Dimana iklan facebook jauh lebih baik daripada PPC (Pay Per Clikc) standar atau iklan digital. Baru-bari ini setelah posting sesuatu di Facebook, aplikasi menyarankan agar saya meningkatkan jaungkauan kepada lebih banyak orang dengan hanya beberapa ribu rupiah saja.

Hal ini bermanfaat karena akan menumbuhkan jumlah orang yang anda capai dengan konten yang besar (apalagi kalau anda memiliki konten bagus). Tetapi juga penting untuk membangun reputasi anda. Ketika sebuah halaman Facebook dengan hanya 50 Fans, itu pertanda tidak baik sewaktu konsumen browsing dan melihat Halaman Facebook anda hanya di ikuti tidak lebih dari 50 orang. Yakin dan percayalah sedikitpun mereka tidak akan tertarik dan bahkan langsung meninggalkannya. Mereka beranggapan bahwa bisnis anda bukan sebuah bisnis. Mereka akan mencari tempat-tempat yang lebih mapan untuk menghabiskan uang mereka. Sediakan uang sedikit sehingga anda dapat membuat lebih banyak pengikut untuk jangka panjang.
  • Tetap Kendalikan Saluran (Channels) dengan Jadwal Stabil
Buat jadwal rutin untuk semua platform sosial anda, bahkan ketika anda dalam keadaan sibuk. Sekali lagi, jika konsumen mencari anda dan melihat halaman sosial basik karena tidak diperbarui secara teratur, mereka akan tidak berpikir banyak dari bisnis anda. Jika media sosial dapat membangun reputasi, anda tentu ingin membuat kesan bisnis saat ii, bersemangat dengan banyak interaksi dengan pelanggan.

Menggunakan aplikasi manajemen media sosial atau alat seperti Hootsuite yang dapat mencari cara bagus untuk melacak semua jaringan sosial anda, dan memungkinkan anda untuk menjadwalkan posting lama di awal sehingga anda tidak perlu khawatir memeriksa dan posting setiap hari ketika anda sedang sibuk dengan hal-hal lain.

Setelah membaca tiga langkah panduan cepat untuk bisnis kecil di media sosial diatas, kami berharap bahwa promosi dalam media sosial merupakan sebuah investasi untuk jangka panjang. Jadi mengeluarkan lebih banyak lagi untuk investasi di media sosial jangan takut, dan lakukan dengan konsisten secara rutin.

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari