Skip to main content

Daftar 5 Orang Terkaya di Indonesia yang Berjuang dari Bawah

Para pengusaha sukses pasti berjuang keras selama bertahun-tahun. Sebelum ada di posisi kejayaan mereka saat ini, perjalanan yang ditempuh sebenarnya amat berat. Bahkan tidak sedikit yang mesti memulai kisah suksesnya dari bawah. Ini daftar 5 orang terkaya di Indonesia versi majalah GlobeAsia yang memulai dari bawah hingga sekarang jadi miliarder. Siapa tahu menginspirasi

Keluarga Hartono
Robert dan Michael Hartono mewarisi perusahaan yang didirikan ayah mereka. Namun Djarum yang kini terkenal itu dibangun dari kondisi nol sepeninggal sang ayah.

Pabrik rokok ini hampir habis dilalap api pada 1963. Tak lama kemudian, ayah mereka meninggal. Robert dan Michael mesti banting tulang menyambung hidup warisan sang ayah. Mereka berjuang menyelamatkan usaha keluarga. Perjuangan itu berbuah manis. Kini Djarum menjadi salah satu perusahaan terbesar di Indonesia . Kekayaan Robert dan Michael ditaksir sekitar US$ 14,8 miliar atau sekitar Rp194 triliun.

Anthoni Salim
Daftar 5 Orang Terkaya di Indonesia yang Berjuang dari Bawah
sumber dri Indofood
Anthoni Salim juga pewaris perusahaan. Seperti Hartono bersaudara, ia mesti membangun ulang dari nol usaha yang didirikan ayahnya.

Pada 1998, gara-gara krisis moneter, Anthoni harus menjual sejumlah perusahaannya untuk menutup utang hingga Rp55 triliun! Dari usaha yang tersisa dia mampu bangkit dan menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia. Perusahaannya yang paling berkibar adalah Indofood dan Bogasari. Kekayaan Anthoni Salim diperkirakan US$ 11 miliar atau sekitar Rp144 triliun.

Eka Tjipta Widjaja
Eka Tjipta Widjaja membangun usahanya dari nol, tanpa warisan. Dia datang dari keluarga miskin di Tiongkok ke Makassar. Walau cuma tamatan sekolah dasar, usahanya menggurita dengan induk Sinarmas.

Setelah lulus SD dia berhenti sekolah dan harus membantu orang tuanya berjualan. Bermodal sepeda, Eka mengelilingi Makassar menjual permen, biskuit, dan barang kelontong. Saat berumur 15 tahun, dia mencoba mencari pemasok permen dan biskuit sendiri. Banyak yang gak percaya karena Eka hanya punya ijazah SD. Tapi akhirnya dia bisa mendapat kepercayaan salah satu pemasok dan membayar kepercayaan itu dengan bisnis yang lancar.

Saat ini Eka Tjipta sudah berumur 90 tahun lebih. Kekayaannya diperkirakan US$ 10,5 miliar atau kira-kira Rp 138 triliun.

Chairul Tanjung
Chairul Tanjung alias ‘Si Anak Singkong’ dengan giat menjalankan usaha dari nol. Chairul sudah berjiwa pengusaha sejak masih mahasiswa dengan menjual kaus hingga buku fotokopian.

Dia pernah membuka usaha peralatan medis dan laboratorium. Tapi bisnis itu berujung bangkrut. Tapi dia tidak menyerah. Dengan bantuan kredit dari bank sebesar Rp150 juta pada 1987, dia membuka usaha ekspor barang, antara lain sepatu.

Sampai akhirnya bisa menjadi orang terkaya di Indonesia lewat perusahaan CT Corp. Kekayaannya saat ini sekitar US$ 4,8 miliar atau Rp68 triliun.

Theodore Permadi Rachmat
Meski keluarganya terhitung berada dan punya usaha yang maju, pria yang akrab dipanggil Teddy Rachmat ini tidak mau manja. Dia memilih berjuang sendiri dengan membuka bisnis yang berbeda. Namun akhirnya dia diminta masuk ke bisnis keluarga. Meski begitu, Teddy tidak langsung mendapat jabatan.

Teddy mulai sebagai sales sampai akhirnya mampu belajar banyak dari perjalanan di level bawah itu lalu memimpin Grup Astra dengan baik. Kekayaan Teddy bernilai US$ 2,1 miliar atau Rp 27 triliun.

Kesuksesan tidak akan bisa diraih tanpa usaha. Meski saat ini usaha kita sedang terseok-seok, bukan  tidak mungkin kita kelak ada di posisi atas. Yang penting adalah tidak  kenal menyerah dan waspada melihat peluang.

Sumber dari Suara.com

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu