Skip to main content

Dimana Bertemu Klien Ketika Bekerja dari Rumah?

Dengan munculnya Internet, menjalankan bisnis dari rumah telah menjadi semakin umum. Saat bekerja di dalam kenyamanan rumah anda sendiri memang menawarkan sejumlah manfaat, itu pasti membuat perjalanan anda cepat dan mudah. Yang menjadi masalah ketika klien ingin melakukan pertemuan. Kecuali anda memang punya ruang khusus atau ruang terpisah dalam rumah anda. Belum lagi menyuruh pelanggan datang ke rumah bisa menjadi canggung, dan bahkan itu kurang ideal. Berikut adalah beberapa ide-ide kreatif di mana anda dapat melakukan pertemuan bisnis berikutnya jika bekerja dari rumah;

  • Cofee Shop atau Restaurant

Mungkin yang paling umum adalah melakukan pertemuan di coffe shop dan restoran. Tempat ini cenderung menawarkan akeses Wi-Fi yang membuatnya mudah untuk mendapatkan online dan akses informasi penting. Selain itu, dikelilingi oleh orang-orang lain yang dapat membatu untuk membuat situasi kurang intim dan memfasilitasi percakapan menjadi lebih mudah. Sebagai catatan penting, pemilik bisnis mungkin ingin menghindari makan siang atau makan malam pada pertemuan dengan klien untuk pertama kalinya. 

  • Hotel

Hotel merupakan tempat yang menawarkan berbagai macam rapat. Sebagai permulaan, hotel sering memiliki bar atau lounge yang dapat berfungsi sebagai lokasiyang dieal untuk duduk dengan pelanggan. Selain itu banyak hotel memiliki ruang konferensi atau ruang pertemuan yang bisa disewa, itu juga jika anda tidak keberatan menghabiskan sedikit uang. Bahkan, dalam beberapa tahun terakhir praktek ini telah menjadi begitu umum bahwa banyak hotel sudah mulai menawarkan rencana harga khusus untuk apa yang mereka sebut kantor pop-up. 

  • Menyewa Ruang Rapat

Tentu saja, hotel bukan satu satunya tempat untuk menyewakan ruang kantor. Tergantung di kota mana anda tinggal, anda mungkin dapat menemukan tempat pertemuan berkualitas tinggi untuk disewakan satu hari, setengah hari, atau bahkan per jam. Kantor ini biasanya harus disewa di muka, jadi sesuai rencana. Sebagai manfaat tambahan, perusahaan yang menyewakan kantor ini sering bersedia untuk membuat kantor pribadi. Dalam beberapa kasus, klien anda akan berpikir bahwa mereka baru saja mengunjungi kantor anda sendiri. Dan jika anda menggunakan ruangan itu berulang kali, anda mungkin bisa membuat kesepakatan dengan pemilik untuk menyewa ruangan tersebut dengan diskon dan mengehemat pengeluaran dalam jangka panjang.

  • Kantor Teman

Jika anda tidak ingin mengeluarkan uang untuk membayar ruang kantor sewa, maka anda selalu dapat meminta untuk menggunakan ruang teman, Tergantung seberapa baik anda tahu teman itu, anda mungkin bisa menggunakan ruangannya secara gratis. Di sisi lain, jika teman lebih dari kenalan bisnis, anda harus siap untuk menawarkan beberapa jenis kompensasi. Seringkali, pemilik usaha kecil akan menciptakan sesuatu dari sistem barter diantara mereka sendiri. Jika anda ingin menggunakan kantor seseorang, pikirkanlah barang atau jasa yang anda dapat tawarkan padanya sebagai imbalan.

  • Member Club

Untuk bisnis rumahan yang memiliki banyak perteuan, member klub mungkin bisa menjadi solusi terbaik. Seperti dengan restoran dan kedai kopi, klub anggota biasanya menawarkan suasana yang dapat dipakai menyambul klien. Tidak seperti restoran dan kedai kopi lainnya, dengan klub anggota cenderung lebih kelas atas, yang dapat membuat usaha anda tampak bergengsi. Tapi biasanya lebih dulu harganya cukup lumayan.

  • Ruangan Terbuka Besar

Tentu mengadakan pertemyan di luar mungkin tidak disukai setiap pelanggan, dan jika bisnis anda melihat banyak alat bantu visual atau materi presentasi, maka alam luar bukanlah tempat terbaik untuk mengadakan pertemuan. Namun, jika anda tahu bahwa klien anda lebih santai, dan anda berdua punya hubungan  yang ramah, artinya bertemu di luar bisa menjadi pilihan yang murah dan mudah. Duduk untuk pertemuan luar menawarkan banyak sinar matahari dan udara segar, dua hal yang sulit didapat di banyak kantor. Jika anda memiliki klien yang suka untuk tetap aktif, jangan takut untuk rapat sambil jalan atau lari-lari, berjalan disekitar taman setempat atau mendaki gunung.

Jika Anda bekerja di luar rumah Anda, kadang-kadang dapat sulit untuk menemukan ruang pertemuan yang sesuai. Dengan munculnya bisnis kerja dari rumah, kebanyakan klien dan vendor terbiasa bertemu tidak harus dikantor, dan mereka biasanya cukup fleksibel. Mudah-mudahan, setelah Anda mengenal klien Anda dan selera mereka, Anda dapat menemukan tempat yang tepat untuk menampung semua pertemuan bisnis masa depan Anda.

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu