Skip to main content

4 Manfaat Olahraga Golf Bagi Bisnis

Golf memiliki banyak manfaat. Selain baik bagi kesehatan, golf juga bisa menunjang berbagai jenis bisnis. Anda bisa membuka peluang bisnis melalui golf. Anda juga bisa melakukan lobi-lobi dengan olahraga ini. Bagi Anda yang sedang berbisnis dan ingin cakupan bisnis lebih besar, cobalah sesekali ajak rekan bisnis Anda bermain golf. Perlu diketahui bahwa golf bukan kewajiban dalam bisnis, namun memiliki pengetahun bermain golf akan menjadi nilai tambah Anda dihadapan rekan bisnis. Brian Short, seorang instruktur golf dari Penn State University, mengatakan bahwa golf adalah hal penting dalam karir.
Lalu, apa saja manfaat golf bagi bisnis?

  • Menciptakan Target Bisnis

Kalau Anda ingin melakukan ekspansi bisnis, cobalah bermain golf. Lalu bagaimana strateginya? Sebenarnya hal ini sangat umum dan sudah diterapkan banyak pebisnis. Saat tengah bermain golf, susun bahan obrolan dengan rekan bisnis. Awali dengan obrolan kecil yang menyenangkan, jangan langsung to the point ke arah pencapaian target bisnis. Pada dasarnya, golf mengharuskan Anda berjalan kaki selama 18 hole. Pada saat itu, Anda bisa bercengkrama dengan rekan bisnismu dari satu hole ke hole lain. 

Cobalah berbasa-basi, bahaslah tentang turnamen golf atau berita golf yang sedang hype. Selanjutnya, bicarakan tentang bisnis, apa yang sudah Anda bangun dan bagaimana hasilnya. Pebisnis biasanya lebih senang mendengar cerita tentang proses yang diiringi dengan hasil berupa statistik. Jadi, pastikan obrolan tidak terlalu mengacu ke arah ‘uang.'

  • Membaca Situasi Bisnis Lebih Tepat
Ingin lebih peka terhadap berbagai hal? Golf bisa menjadi salah satu solusi karena permainan ini merupakan olahraga yang unik. Golf bisa meningkatkan kemampuan Anda dalam membaca situasi dan kondisi lebih cepat, alias, lebih cekatan. Kecepatan dalam membaca situasi dan kondisi ini yang bermanfat saat Anda bertemu dengan rekan bisnis. Sebab, Anda harus mampu dengan cepat mengetahui tindakan apa yang selanjutnya harus dilakukan. Sehingga Anda bisa lebih peka terhadap situasi rekan bisnis.

  • Membangun Taktik Bisnis yang Oke
Setelah membaca situasi dan kondisi, Anda harus menentukan taktik dan strategi yang tepat. Tentunya, agar pesan yang ingin Anda sampaikan ke rekan bisnis tepat. Dalam golf, Anda harus tahu Anda merupakan orang yang mudah emosi, tidak sabaran, atau Anda tipikal orang yang kalem. Di sini, Anda harus bisa meminimalisir ego dan sisi negatif. Sama halnya ketika Anda ingin melakukan ekspansi bisnis. Kamu harus tahu dulu kekurangan dan kelebihan bisnis sendiri. Usahalah untuk mengubah kekurangan menjadi kelebihan. Tentunya, tonjolkan kelebihan bisnismu terlebih dahulu.

  • Handal Menangani Berbagai Macam Rekan Bisnis
Pribadi yang tahan banting dapat diartikan bahwa Anda memiliki pribadi yang kuat dan kesabaran yang tak berbatas. Lalu, apa hubungannya dengan bermain golf dan bisnis? Bermain golf bukan hanya membutuhkan konsentrasi yang tinggi serta strategi dan taktik yang tepat. Melalui bermain golf, tanpa disadari Anda membangun pribadi yang kuat dan sabar.

Sumber Artikel by Ayopreneur

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena...

Apa Itu Usaha Menengah?

Usaha menengah adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perseorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dengan usaha kecil atau usaha besar dengan jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan (Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Bab 1 pasal 1). Usaha kecil menengah juga berfungsi sebagai sarana untuk memeratakan hasil-hasil pembangunan yang telah dicapai. Kewirausahaan dalam menjalankan industri menengah adalah modalnya cukup besar, peralatan dan sarana tempat sudah bagus dan pembagian kerja sudah jelas, tenaga kerja/karyawan berjumlah 20 sampai 100 orang. UKM (Usaha Kecil Menengah) adalah tulang punggung ekonomi Indonesia. Jumlah UKM hingga 2011 mencapai sekitar 52 juta. UKM di Indonesia sangat penting bagi ekonomi karena menyumbang 60% dari PDB dan menampung 97% tenaga kerja.  Baca Juga ...

Apa Arti Pedagang ? Ketegori, Jenis Pedagang dan Ciri-Ciri Pedagang

Pedagang adalah orang atau badan yang melakukan aktivitas jual beli barang atau jasa dipasar. Di dalam aktivitas perdagangan, Pedagang adalah orang atau instusi yang memperjualbelikan produk atau barang, kepada konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung. Dalam ekonomi, pedagang dibedakan menurut jalur distribusi yang dilakukan dapat dibedakan menjadi : pedagang distributor (tunggal), pedagang partai besar, dan pedagang eceran.  Sedangkan pengertian pedagang secara etimologi adalah orang yang berdagang atau bisa disebut juga saudagar. Pedagang ialah orang yang melakukan perdagangan, memperjual belikan produk atau barang yang tidak diproduksi sendiri untuk memperoleh keuntungan. Berdasarkan penggunaan dan pengelolaan pendapatan yang diperoleh dari hasil perdagangan, pedagang dapat dikelompokan menjadi : Pedagang profesonal yaitu pedagang yang menggunakan aktivitas perdagangan merupakan pendapatan/sumber utasa dana satu-satunya begi ekonomi keluarga. Pedagang...