Waralaba merupakan sistem distribusi produk dengan merk yang sudah diberikan secara hak kepada suatu perusahaan atau individu sehingga barang atau jassa yang diperjual belikannya sudah masuk ke dalam daftar brand yang diangkat. Misalnya saja, usaha waralaba kentang goreng KFC, usaha waralaba kebab Turki, dan lain sebagainya.
Waralaba adalah hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan. Suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir dengan pengwaralaba (franchisor) yang memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu.
Selain pengertian waralaba, perlu dijelaskan pula apa yang dimaksud dengan pemberi waralaba dan penerima waralaba.
Waralaba adalah hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan. Suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir dengan pengwaralaba (franchisor) yang memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu.
Selain pengertian waralaba, perlu dijelaskan pula apa yang dimaksud dengan pemberi waralaba dan penerima waralaba.
- Pemberi waralaba (franchisor) adalah badan usaha atau perorangan yang memberikan hak kepada pihak lain untuk memanfaatkan dan/atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan, atau ciri khas usaha yang dimilikinya.
- Penerima waralaba (franchisee), adalah badan usaha atau perorangan yang diberikan hak untuk memanfaatkan dan/atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan, atau ciri khas yang dimiliki pemberi waralaba.
Untuk menjalankan bisnis waralaba dengan modal kecil, Anda memerlukan uang atau modal minimal sebesar 10 juta dampai 1 miliar rupiah, bergantung pada jenis waralabanya dan kesepakatan antara Anda dengan pihak pemilik brand waralaba.
Berikut ini adalah beberapa tahapan yang perlu diperhatikan saat Anda memilih untuk melakukan usaha atau bisnis waralaba :
- Lakukan perencanaan terhadap bisnis yang akan dijalankan agar bisa sesuai dengan target dan tujuan bisnis Anda. Rencana bisnis yang dibuat ini harus memenuhi apa yang dikatakan sukses oleh diri Anda sendiri atau bahkan oleh orang lain.
- Targetkan jumlah penjualan per jangka waktu pendek serta per jangka waktu panjang agar Anda bisa mengetahui seberapa besar Ada mengalami kemajuan dalam bisnis ini.
- Lakukan praktik berbisnis waralaba ini bersama orang yang memang benar-benar Anda percayai karena berbisnis dengan orang yang tidak dikenal akan lebih memberikan kemungkinan atau risiko kerugian yang besar dibandingkan dengan melakukannya bersama pihak lain yang dipercaya.
- Jika bisnis ini sudah terlihat akan sukses, maka Anda juga bisa melakukan perluasan jaringan agar usaha Anda bisa lebih dikenal oleh masyarakat atau bahkan bisa memperoleh keuntungan yang berlipat. Jika bisnis waralaba yang dijalankan ini sudah lumayan terkenal dan berkembang dengan sangat baik, pertahankan kualitas barang atau produk yang dijual agar pelanggan tetap setia terhadap bisnis Anda.
Sumber Artikel : Ayopreneur.com
Comments
Post a Comment