Skip to main content

5 Poin Kunci Utama dalam Layanan Pelanggan (Costumer Service)

Costumer Service - Setiap orang yang ahli dalam sebuah bisnis, mereka akan memberitahu anda bahwa layanan pelanggan adalah salah satu hal yang paling penting untuk dipertimbangkan ketika memulai usaha. Sayangnya, itu juga sesuatu yang sering dilupakan oleh pengusaha. Tapi, itu tidak harus terjadi pada anda, kan!

Ikuti 5 poin kunci dari costumer service dan persahaan anda dapat menjadi model bagi orang lain untuk diikuti:
  • 1. Ketersediaan
Salah satu hal yang paling menjengkelkan adalah harus menunggu waktu yang lama untuk mendapatkan feedback dari perwakilan layanan pelanggan. Ketika dibutuhkan lebih dari 2 hari kerja bagi mereka untuk menanggapi email anda, itu sangat mengecewakan. Kecuali anda memiliki perusahaan dengan call center, anda tentu tidak perlu khawatir tentang pelanggan yang menunggu cukup lama. Tapi, ketika pelanggan meninggalan anda sebuah pesan, anda harus memastikan bahwa anda meresponnya dalam waktu 24-48 jam. Aturan yang berlaku untuk email juga.

  • 2. Tingkat Perhatian
Sebagai usaha kecil, anda mampu untuk membayar perhatian ekstra untuk kebutuhan pelanggan anda. Bahkan, layanan pelanggan yang baik adalah salah satu alasan mengapa orang memilih untuk melakukan bisnis dengan perusahaan-perusahaan kecil. Hal ini sangat penting bagi anda untuk menyadari bahwa faktor besar dalam bisnis anda berkembang adalah konsumen yang lebih baik daripada perusahaan lain.

  • 3. Tanggung Jawab
sepertinya banyak perusahaan tidak bertanggung jawab atas tindakan mereka lagi. Ini berarti itu adalah lebih penting daripada sebelumnya untuk membangun reputasi sebagai perusahaan yang baik dan mengakui ketika kesalahan yang dibuat. Para ahli bisnis juga berpendapat bahwa anda harus mengakaui ketika salah. Dan kadang-kadang bisa juga menyalahkan karyawan anda atas nama pelanggan.

  • 4. Proses
Cara anda menangani pertanyaan pelanggan atau keluhan sangat penting. Anda harus memastikan itu mudah bagi pelanggan anda untuk berhubungan. Saya biasanya merekomendasikan bahwa perusahaan-perusahaan memiliki kontak di situs web mereka. Hal ini membuat dimana pelanggan anda dapat mengirim email, menelepon, atau mengirim surat.

  • 5. Kualitas
Ingat bahwa satu-satunya cara bagi anda untuk membangun bisnis yang akan berlangsung lama adalah melalui program layanan pelangan yang solid :
  • Menanggapi pertanyaan pelanggan atau keluhan cepat.
  • Pastikan Anda mudah dihubungi.
  • Kalau bukan untuk pelanggan Anda, Anda tidak akan memiliki bisnis - sehingga memperlakukan mereka dengan baik.
  • Apa rencana layanan pelanggan saat Anda terdiri dari?

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu