Skip to main content

5 Poin Kunci Utama dalam Layanan Pelanggan (Costumer Service)

Costumer Service - Setiap orang yang ahli dalam sebuah bisnis, mereka akan memberitahu anda bahwa layanan pelanggan adalah salah satu hal yang paling penting untuk dipertimbangkan ketika memulai usaha. Sayangnya, itu juga sesuatu yang sering dilupakan oleh pengusaha. Tapi, itu tidak harus terjadi pada anda, kan!

Ikuti 5 poin kunci dari costumer service dan persahaan anda dapat menjadi model bagi orang lain untuk diikuti:
  • 1. Ketersediaan
Salah satu hal yang paling menjengkelkan adalah harus menunggu waktu yang lama untuk mendapatkan feedback dari perwakilan layanan pelanggan. Ketika dibutuhkan lebih dari 2 hari kerja bagi mereka untuk menanggapi email anda, itu sangat mengecewakan. Kecuali anda memiliki perusahaan dengan call center, anda tentu tidak perlu khawatir tentang pelanggan yang menunggu cukup lama. Tapi, ketika pelanggan meninggalan anda sebuah pesan, anda harus memastikan bahwa anda meresponnya dalam waktu 24-48 jam. Aturan yang berlaku untuk email juga.

  • 2. Tingkat Perhatian
Sebagai usaha kecil, anda mampu untuk membayar perhatian ekstra untuk kebutuhan pelanggan anda. Bahkan, layanan pelanggan yang baik adalah salah satu alasan mengapa orang memilih untuk melakukan bisnis dengan perusahaan-perusahaan kecil. Hal ini sangat penting bagi anda untuk menyadari bahwa faktor besar dalam bisnis anda berkembang adalah konsumen yang lebih baik daripada perusahaan lain.

  • 3. Tanggung Jawab
sepertinya banyak perusahaan tidak bertanggung jawab atas tindakan mereka lagi. Ini berarti itu adalah lebih penting daripada sebelumnya untuk membangun reputasi sebagai perusahaan yang baik dan mengakui ketika kesalahan yang dibuat. Para ahli bisnis juga berpendapat bahwa anda harus mengakaui ketika salah. Dan kadang-kadang bisa juga menyalahkan karyawan anda atas nama pelanggan.

  • 4. Proses
Cara anda menangani pertanyaan pelanggan atau keluhan sangat penting. Anda harus memastikan itu mudah bagi pelanggan anda untuk berhubungan. Saya biasanya merekomendasikan bahwa perusahaan-perusahaan memiliki kontak di situs web mereka. Hal ini membuat dimana pelanggan anda dapat mengirim email, menelepon, atau mengirim surat.

  • 5. Kualitas
Ingat bahwa satu-satunya cara bagi anda untuk membangun bisnis yang akan berlangsung lama adalah melalui program layanan pelangan yang solid :
  • Menanggapi pertanyaan pelanggan atau keluhan cepat.
  • Pastikan Anda mudah dihubungi.
  • Kalau bukan untuk pelanggan Anda, Anda tidak akan memiliki bisnis - sehingga memperlakukan mereka dengan baik.
  • Apa rencana layanan pelanggan saat Anda terdiri dari?

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena...

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan ...

Apa Itu Usaha Menengah?

Usaha menengah adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perseorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dengan usaha kecil atau usaha besar dengan jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan (Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Bab 1 pasal 1). Usaha kecil menengah juga berfungsi sebagai sarana untuk memeratakan hasil-hasil pembangunan yang telah dicapai. Kewirausahaan dalam menjalankan industri menengah adalah modalnya cukup besar, peralatan dan sarana tempat sudah bagus dan pembagian kerja sudah jelas, tenaga kerja/karyawan berjumlah 20 sampai 100 orang. UKM (Usaha Kecil Menengah) adalah tulang punggung ekonomi Indonesia. Jumlah UKM hingga 2011 mencapai sekitar 52 juta. UKM di Indonesia sangat penting bagi ekonomi karena menyumbang 60% dari PDB dan menampung 97% tenaga kerja.  Baca Juga ...