Skip to main content

Apakah Anda Siap Menjadi Pengusaha?

Entreprenuer - Menjadi seorang pengusaha dapat menjadi salah satu pengalaman yang paling berharga dari hidup anda atau salah satu yang paling menegangkan. Sementara faktor-faktor seperti usia dan pendidikan formal tampaknya tidak mempengaruhi kemampuan untuk membuat dan menjalankan usaha yang sukses, penting untuk dicatat bahwa tidak semua orang cocok untuk bekerja. Jika anda berpikir untuk menyerang keluar sendiri, pertama tanyakan pada diri ada jika anda benar-benar siap untuk menjadi seorang pengusaha. 

Pengusaha atau Wirausahawan adalah orang yang melakukan aktivitas wirausaha yang mempunyai bakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun manajemen operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya. Wirausaha yaitu orang yang memiliki kemampuan melihat serta menilai peluang-peluang bisnis, mengelola, mengumpulkan sumber-sumber daya yang diperlukan untuk mengambil sebuah tindakan yang tepat guna untuk meraih kesuksesan

Pada dasarnya semua orang bisa menjadi wirausaha dalam arti mampu berdiri sendiri dalam memulai sebuah usaha guna mencapai tujuan pribadinya, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. Tetapi mewujudkannya dan mencapai kesuksesan hanya dapat ditempuh oleh orang yang mau bekerja keras dan berjuang. 

Anda mungkin tidak siap untuk jalan panjang di depan jika salah satu hal berikut tidak berlaku untuk anda:
Apakah Anda Siap Menjadi Pengusaha?

  • Apakah ide anda tidak unik atau menarik
Setiap mengejar kewirausahaan besar dimulai dengan satu hal sederhana : Sebuah gagasan yang bagus. Anda mungkin sudah memiliki setidaknya gagasan yang jelas tentang apa yang anda ingin capai dari bisnis, tetapi apakah itu sesuatu yang benar-benar unik dan belum pernah terjadi sebelumnya - atau niche yang sudah diisi oleh pesaing anda? Perusahaan yang paling sukses adalah usaha yang sering kali melakukan hal paling inovatif, jadi tunggu sampai anda memiliki gagasan yang jelas berbeda atau anda bisa menjadi frustasi dengan upaya terus-menerus untuk membuat kemajuan dalam pasar yang sangat ramai. 
  • Anda tidak bisa Menghandle Persaingan, Penolakan atau Stres
Untuk menjadi seorang pengusaha, anda harus siap dengan dua pilihan yaitu keberhasilan dan saudara tiri yang buruk, kegagalan. Tidak peduli bagaimana kepemimpinan, kecerdikan dan anda sudah menunjukkan pemecahan masalah, itu akan berjumlah sangat sedikit jika anda runth dibawah tekanan atau mendobrak ketika menghadapi persaingan. Dunia bisnis sangat sulit, dan tersandung sepanjang jalan tidak bisa dihindari. Kecuali anda memiliki, semangat tangguh yang kuat, anda mungkin menemukan diri anda ingin tahu sebelum anda bahkan memulai.

  • Anda tidak tahu tentang bidang anda

Sementara gelar sarjana bukanlah suatu keharusan, anda harus membidik bidang yang sesuai pilihan kamu. Pendidikan itu dapat berasal dari berbagai sumber, termasuk penelitian independen. Tidak peduli bagaimana anda mendapatkan informasi itu, kamu akan perlu tahu bidang anda dengan baik dan setelah anda memulai, pahamilah bahwa kamu akan belajar lebih banyak di sepanjang jalan. (Baca Juga : 8 Ide Bisnis Kreatif dari Dunia Pendidikan)

  • Anda tidak siap untuk terjun hingga pekerjaan terkecilpun
Memulai bisnis adalah kerja keras, dan sebagai pengusaha, anda mungkin akan mengambil langkah-langkah awal pada anda sendiri, segala sesuati dari branding dan pemasaran untuk menyusun strategi dan jaringan. pada awalnya anda mungkin harus menghadiri konferensi industri untuk membagikan selebaran kepada klien potensial. Jika anda tidak siap untuk berkomitmen banyak waktu untuk proses dan mencurahkan hati dan jiwa ke dalam setiap aspek bisnis anda, tidak peduli pekerjaan itu sangat sepele, perusahaan anda akan menderita karenanya.

Untungnya, hanya karena anda tidak siap sekarang tidak berarti anda tidak akan dapat membuat nama untuk diri anda sebagai pengusaha di masa depan yang semakin dekat. Terus belajar, tumbuh, berkreasi dan berinovasi, dan anda akan menemukan cara untuk mewujudkannya. 

Baca Juga : Apa Itu Strategi Bisnis? Tips Cerdas Menyusun Strategi Bisnis

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu