Skip to main content

Cara Mengembangkan Rasa Kewirausahaan Anda

Kewirausahaan adalah sikap, jiwa, dan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bemilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. Tidak semua orang lahir menjadi pengusaha alami. Kewirausahaan adalah keterampilan yang dapat selalu dikembangkan dan diperluas. Benarkah menjadi pengusaha adalah jawaban menuju kesuksesan, apalagi persaingan ekonomi semakin kompetitif. Banyak yang bilang kunci utama membuka usaha kecil menengah adalah berani untuk memulai sebuah bisnis. Karena pada dasarnya setiap orang bisa menjadi entrepreneur dan dibekali kemampuan untuk berwirausaha. 

Mungkin kita sering membaca bahwa pemerintah semakin gencar mendorong masyarakatnya untuk berwirausaha. Pertama, karena jika sebuah negara memunyai banyak wirausahawan, tentunya akan mendapatkan penghasilan besar dari sektor pajak dan tentu juga kehidupan masyarakat semakin meningkat. Semakin banyak penduduk menjadi wirausaha, maka ekonomi mereka akan mandiri, tidak akan bergantung pada sistem ekonomi kapitalis. Makanya kini pun pemerintah menyediakan fasilitas-fasilitas melalui Bank Negara dengan mempermudah calon pengusaha dalam peminjaman modal usaha (Baca Juga : Pengertian dan TUJUAN KEWIRAUSAHAAN)
Ini Pengertian Kewirausahaan Menurut Beberapa Ahli :
  • Kewirausahaan adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan dasar sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses dan hasil bisnis (Achmad Sanusi, 1994).
  • Kewirausahaan adalah suatu kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (ability to create the new and different). (Drucker, 1959).
  • Kewirausahaan adalah suatu proses penerapan kreativitas dan inovasi dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan. (Zimmerer, 1996).
  • Kewirausahaan adalah suatu nilai yang diperlukan untuk memulai suatu usaha (star-up phase) dan perkembangan usaha (venture growth). (Soeharto Prawiro, 1997).
  • Kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku, dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan, serta menerapkan cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar. (Keputusan Menteri Koperasi dan Pembinaan Pengusaha Kecil Nomor 961/KEP/M/XI/1995).
  • Kewirausahaan adalah suatu kemampuan (ability) dalam berfikir kreatif dan berperilaku inovatif yang dijadikan dasar, sumber daya, tenaga penggerak tujuan, siasat kiat dan proses dalam menghadapi tantangan hidup. (Soeparman Spemahamidjaja, 1977).
  • Kewirausahaan adalah suatu sifat keberanian, keutamaan dalam keteladanan dalam mengambil resiko yang bersumber pada kemampuan sendiri. (S. Wijandi, 1988).
  • Kewirausahaan didefinisikan sebagai bekerja sendiri (self-employment). (Richard Cantillon, 1973). (Sumber by Ilmuakuntasi.web.id)
Berikut adalah beberapa ide berdasarkan pengalaman pribadi yang akan membantu anda, untuk anak muda atau orang dewasa untuk memperoleh dan menambah keterampilan yang berguna menjadi pengusaha sukses. 

Baca Juga : 18 Hal Tak Perlu di Khawatirkan Pengusaha Sukses

Berikut beberapa dibawah ini keterampilan yang dimiliki setiap pengusaha :
  • Inisiatif - Anda harus memiliki motivasi untuk mengambil inisiatif dan melakukan sendiri. 
  • Tanggung Jawab - Anda harus bertanggung jawab atas tindakan Anda dan memahami pentingnya tanggung jawab.
  • Kreativitas - Anda harus memiliki rasa kreativitas, inovasi dan selalu menjadi salah satu langkah maju dalam ide-ide.
  • Komunikasi - Anda harus dapat mengkomunikasikan ide-ide anda, jaringan dan terhubung dengan orang lain.
  • Kepemimpinan - Anda harus mampu untuk menjadi pemimpin dan bertanggung jawab atas proyek, atau perusahaan.
  • Pemecahan masalah - Anda harus memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah sederhana atau lebih rumit.
  • Penentuan - Anda harus sangat termotivasi dan terus bahkan ketika hal-hal yang sulit.

Cara Mengembangkan Rasa Kewirausahaan AndaBerikut adalah beberapa ide untuk mengembangkan Keterampilan :
  • Mulai Sebuah Klub/Organisasi Sekolah - Jika anda masih di sekolah, mulailah dari sebuah klub atau organisasi sekolah. Hal ini membuat anda menjadi kreatif dan kehadiran ide baru, mengambil inisiatif, menjadi pemimpin organisasi dan berkomunikasi di sekolah.
  • Bergabung dengan program relawan - Sukarela tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat tetapi juga untuk anda. Anda akan belajar untuk berkomunikasi, memimpin dan memulai. Pergi keluar dan menemukan organisasi yang tepat untukmu! 
  • Membantu teman dan keluarga - Membantu orang lain adalah cara yang bagus untuk mengembangkan pemecahan masalah dan keterampilan komunikasi anda. Selain itu, ketika anda membantu orang lain, anda akan menyadari masalah mereka yang memberi anda sumber ide untuk membuat bisnis.
  • Membangun sebuah website - Membangun sebuah situs membutuhkan inisiatif dan kreativitas dan akan membuat anda terbiasa dengan teknologi baru. Juga, anda mungkin akan membutuhkan bantuan saran dari orang lain yang akan mengembangkan komunikasidan jaringan keterampilan anda. Misalnya menggunakan layanan gratis Blogger, Wix, Wordpress dll
  • Garage Sale - Anda dapat belajar banyak dengan menyusun garage sale. Interaksi dengan pelanggan juga akan mengembangkan komunikasi dan negoisasi keterampilan anda.
  • Membeli Saham - Jika anda memiliki kemampuan keuangan untuk membeli saham, bahkan hanya beberapa saja, itu menjadi tantangan yang luar biasa. Anda harus mengambil inisiatif, meminta saran, penelitian dan akhirnua mengambil tanggung jawab atas keputusan anda. Mungkin dmulai dengan demonya yang sudah tersedia secara online.

Kreativitas dan tekad mungkin hal terbesar yang diperlukan bagi pengusaha web. Orang-orang kreatif selalu tampaknya membuat tulisan terbaik dan mendapatkan banyak pembaca. Namun, tanpa tekad Anda tidak akan membuatnya.

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu