Skip to main content

Apa Itu Arisan Mapan? Keuntungan dan Cara Kerja

Arisan Mapan adalah Aplikasi yang menyediakan ribuan produk kebutuhan bisa dicicil bersama teman lewat arisan. Dengan aplikasi ini anda bisa mendapatkan barang berkualitas yang anda impikan dengan harga terjangkau. Arisan Mapan ini sebenarnya sama dengan konsep yang sama, hanya saja dikelola secara modern, memanfaatkan teknologi dan manajemen terkontrol. 

Arisan Mapan adalah arisan barang yang dikelola oleh PT. RUMA yang telah memiliki 60 cabang di Jawa Bali dan memiliki lebih dari 100.000 anggota. PT RUMA (Rekan Usaha Mikro Anda) atau biasa disebut Mapan adalah sebuah perusahaan rintisan yang menjual produk dan pada 2017 di akuisisi oleh GOJEK. 

Barang-barang yang bisa diperoleh dari program arisan ini dikemas secara modern dan meliputi empat kategori, yakni kebutuhan rumah tangga, kebutuhan isi rumah, kebutuhan keluarga dan anak, serta kebutuhan untuk memulai usaha.

Sejak tahun 2015, PT. RUMA hadir melalui Arisan Mapan untuk membantu masyarakat Indonesia khususnya di Jawa Bali agar dapat semakin mudah beli barang kebutuhan rumah tangga dengan terjangkau melalui sistem arisan. Arisan Mapan memungkinkan masyarakat untuk mudah beli barang dengan adanya aplikasi Rumpi yang dapat diakses setiap saat untuk mencari barang yang diinginkan, mengelola arisan dan lainnya. Tidak hanya itu, Ketua dan anggota Arisan Mapan juga makin mudah beli barang dengan adanya sistem bayar di tempat (COD). 

Melalui sistem bayar di tempat (COD) ini, Ketua Arisan Mapan dapat membayarkan setoran kelompok arisan saat barang diterima sehingga tidak perlu repot keluar rumah untuk melakukan pembayaran. Adanya fasilitas gratis ongkos kirim se-Jawa dan Bali juga makin memudahkan ketua dan anggota Arisan Mapan untuk beli barang di Arisan Mapan.
Apa Itu Arisan Mapan? Keuntungan dan Cara Kerja
img by mapan.id

Arisan Mapan selalu berusaha untuk memilih barang-barang berkualitas dan terjangkau dari berbagai produsen terpilih. Barang-barang berkualitas yang tersedia di Arisan Mapan jadi makin terjangkau dengan makin banyaknya anggota yang bergabung menjadi bagian dari Arisan Mapan karena dengan demikian kami dapat bernegosiasi langsung dengan pihak produsen untuk mendapatkan harga terbaik bagi seluruh anggota. Arisan Mapan selalu memastikan barang-barang yang disediakan untuk anggota adalah barang-barang berkualitas dan terjangkau. Dengan lebih dari 100.000 anggota, Arisan Mapan memiliki kekuatan negosiasi yang kuat dengan para produsen untuk terus menyediakan barang berkualitas dan terjangkau bagi para anggota.

Arisan Mapan hadir di tengah-tengah masyarakat Indonesia khususnya Jawa Bali dengan mengangkat semangat gotong royong yang telah mengakar di masyarakat Indonesia. Melalui slogan Bersama Jadi Terjangkau, Arisan Mapan ingin memperlihatkan inti dari Arisan Mapan, yaitu membuat barang impian dapat terjangkau oleh siapapun. Tidak hanya itu, Bersama Jadi Terjangkau juga menunjukkan bagaimana beberapa orang secara bersama-sama saling membantu dalam membeli barang melalui sistem arisan.

Bagaimana Cara Dapat Penghasilan Tambahan Tanpa Modal?
Arisan Mapan bertujuan untuk memberikan manfaat kepada masyarakat luas, terutama Ketua Arisan dan Anggota Arisan. Seorang Ketua Arisan bisa mendapatkan manfaat lebih berupa penghasilan tambahan tanpa modal. Penghasilan tambahan ini berupa komisi dari total nilai barang yang dibeli oleh kelompok.

Penghasilan tambahan tanpa modal yang bisa didapatkan tergantung dari tipe barang yang dibeli oleh kelompok. Untuk barang-barang non-elektronik, ketua arisan akan mendapatkan komisi 10%, sedangkan dari barang-barang elektronik, ketua arisan akan mendapatkan komisi 5%.

Penghasilan ini dikatakan tanpa modal karena Ketua Arisan tidak mengeluarkan biaya lain di luar biaya barang yang dibeli. Tidak ada biaya administrasi ataupun biaya lain saat pendaftaran awal.

Contoh Perhitungan Komisi
Sebagai ilustrasi, perhitungan penghasilan tambahan tanpa modal adalah seperti ini:

Terdapat 4 orang di dalam satu kelompok Arisan Mapan, yaitu si A sebagai ketua arisan dan B,C, D sebagai anggota. Perhitungannya sebagai berikut:
  • A pesan barang non-elektronik harga 100,000 = komisi 10% x 100,000 = 10,000
  • B pesan barang non-elektronik harga 200,000 = komisi 10% x 200,000 = 20,000
  • C pesan barang elektronik harga 1,000,000 = komisi 5% x  1,000,000 = 50,000
  • D pesan barang elektronik harga 2,000,000 = komisi 5% x 2,000,000 = 100,000

Total komisi yang didapat A = 10,000 + 20,000 + 50,000 + 100,000 = 180,000.

Komisi akan dibayarkan pada saat periode arisan sudah berakhir, tergantung lamanya periode arisan masing-masing kelompok. Komisi ini dapat digunakan untuk membeli barang secara cash dari katalog, menarik tunai dari staff pengiriman PT RUMA, dan juga untuk membayar setoran arisan pada arisan berikutnya.

1. Cara Mendapatkan Anggota Arisan Mapan
cari anggota arisan mapan 1
img by mapan.id
Langkah pertama untuk mendapatkan anggota Arisan Mapan adalah dengan mengingat komunitas apa saja yang kamu ikuti. Komunitas ini bisa berupa komunitas kompleks perumahan di sekitar kamu, posyandu, arisan keluarga, ibu-ibu PKK, kelompok pengajian, dan lainnya. Tuliskan komunitas-komunitas yang kamu ikuti di selembar kertas.

2. Tulis Nama Anggota Yang Akan Kamu Ajak
cara cari anggota arisan mapan 2
img by mapan.id
Langkah kedua untuk mendapatkan anggota arisan mapan adalah dengan menuliskan nama-nama anggota komunitas yang kamu ikuti. Di dalam setiap komunitas, besar kemungkinan ada lebih dari lima orang yang bisa kamu tuliskan. Jika kamu memiliki tiga komunitas, misalnya, kamu bisa menuliskan 15 nama. Tuliskan nama-nama ini di selembar kertas beserta nomor kontak mereka.

3. Tawarkan Produk Arisan Mapan di Katalog
Apa Itu Arisan Mapan? Keuntungan dan Cara Kerja
img by mapan.id
Langkah berikutnya dalam mendapatkan anggota Arisan Mapan adalah menghubungi dan menawarkan Arisan Mapan ke mereka. Alat utama kamu untuk menawarkan Arisan Mapan adalah dengan menggunakan katalog. Kamu bisa menunjukkan katalog online, membawa katalog cetak, atau menunjukkan katalog format pdf yang sudah diunduh ke handphone atau komputer kamu.

4. Catat Data Anggota
Apa Itu Arisan Mapan? Keuntungan dan Cara Kerja
img by mapan.id
Jika kamu sudah mendapatkan minimal 3 anggota, kamu sudah memiliki jumlah minimal 4 orang (termasuk diri kamu) untuk memulai Arisan Mapan. Selanjutnya tuliskan detail untuk setiap anggota:
  • Nama Anggota
  • Barang yang Dipesan
  • Harga Barang
  • Jumlah Setoran untuk anggota tersebut = Harga Barang / Lama Arisan

5. Daftarkan Anggota dan Kelompok Arisanmu
Apa Itu Arisan Mapan? Keuntungan dan Cara Kerja
img by mapan.id
Daftarkan anggota arisan untuk memulai Arisan Mapan. Kamu bisa mendaftar di website Arisan Mapan ataupun dengan menghubungi Penyuluh yang mengontak kamu (apabila ada).

Keuntungan Ikut Arisan Mapan

1. Cicil Barang Tanpa Bunga dan Kartu Kredit
Sistem arisan barang yang ada di Arisan Mapan membuat kamu bisa membeli barang dengan lebih mudah. Kamu bisa mencicil pembayaran barang impian kamu tanpa perlu kartu kredit dan tentunya tanpa bunga. Kini barang impianmu bukan lagi sekedar impian, tetapi Arisan Mapan membantu menjadikannya kenyataan.

2. Aman dan Nyaman Dalam Bertransaksi
Keamanan dan kenyamanan bertransaksi merupakan salah satu keuntungan ikut Arisan Mapan. Dengan hanya sebuah handphone, kamu sudah bisa ikutan Arisan Mapan dan membeli barang impian. Barang akan dikirimkan tanpa ongkos kirim, dan pembayaran dilakukan ketika barang diterima (cash on delivery / COD).

3. Bisa Untuk Membantu Orang Lain
Karena Arisan Mapan mirip dengan sistem arisan pada umumnya, dalam satu kelompok arisan perlu ada minimal 4 orang anggota. Dengan sistem ini, kamu bisa mengajak dan membantu teman-teman atau keluarga kamu untuk bisa ikut membeli barang impian mereka.

4. Sumber Penghasilan Tambahan
Dengan ikutan Arisan Mapan, seorang Ketua Arisan bisa mendapatkan keuntungan lebih. Seorang Ketua Arisan akan mendapatkan penghasilan tambahan dari bonus-bonus menarik yang disediakan Arisan Mapan.

Sumber dari Arisan Mapan

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu