Skip to main content

Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Saat Liburan

Mencari penghasilan tambahan ketika memasuki waktu liburan natal dan akhir tahun, mungkin sudah sering terpikirkan dikalangan pelajar dan mahasiswa. Khususnya bagi sebagian mahasiswa perantau (jauh dari orang tua), kendala terbesar yang sering terjadi pada mereka ialah kesempatan dan kepercayaan untuk mendapatkan pekerjaan sampingan saat liburan agak sulit untuk didapatkan.

Status yang masih menempel sebagai pelajar dan juga mahasiswa kadang membuat perusahaan-perusahaan tidak mempercayai mereka dengan berbagai macam alasan seperti:
  • Karyawan yang masih berstatus pelajar atau mahasiswa masih lambat dalam mengambil keputusan penting.
  • Umur yang terbilang masih muda (17-20 tahun) dianggap masih belum matang untuk dibebani pekerjaan.
  • Belum bisa konsisten dengan keputusannya sendiri, yang kadang justru bisa merugikan perusahaan.

Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Saat LiburanLalu apakah mereka yang masih berstatus pelajar dan mahasiswa hanya bisa terus meminta uang pada orang tuanya masing-masing, ketika musim liburan datang? Miris rasanya jika itu memang benar terjadi, dimana sebenarnya banyak kemampuan para muda-mudi jauh lebih kreatif dari yang dibayangkan. Mereka hanya kurang mempunyai tempat atau wadah untuk menuangkan ide-ide kreatif yang mereka miliki.



Namun tidak perlu takut, ini beberapa cara yang bisa kalian lakukan jika ingin mendapat penghasilan tambahan saat musim liburan datang:

Punya Hobi Fotografi? Manfaatkan Momen ini!

Jika selama ini kamu memiliki hobi fotografi, kenapa tidak kamu manfaatkan saja hobimu ini sebagai penghasilan tambahan? Ayo angkat kamera-mu, karena kamu bisa menjadi fotografer freelance di acara pernikahan, event di mall, atau mungkin menjadi fotografer buku tahunan sekolah-sekolah. Fee yang bisa kamu dapatkan lumayan menggiurkan, berkisar Rp. 200.000 – 500.000. Apakah kamu berminat?

Jadi Guru Les Private Dadakan? Siapa Takut!

Menjadi guru les private bisa kamu manfaatkan selama masa liburan. Mengajar anak-anak TK, SMP SD adalah target yang tepat, karena banyak murid-murid kelas akhir yang menghabiskan waktu liburannya untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian. Ketika mengajar bukan merupakan hal yang sulit untuk kamu, karena pasti kamu sudah mempelajari materi pembelajaran mereka sebelumnya. Sebetulnya yang kamu perlukan hanyalah kesabaran. Hehe,bagaimana tidak? Mengajarkan pelajaran pada anak usia dini memang terlihat agak sulit, karena mereka masih senang untuk bermain di luar bersama teman sebayanya. Nah di sana lah peran kamu diuji. Buatlah metode mengajar yang menyenangkan agar anak-anak tidak jenuh. Fee yang bisa kamu dapat juga terhitung lumayan, berkisar Rp 50.000 hingga Rp 150.000 per 90 menit. Nah, lumayan bukan? Bisa menambah penghasilan ketika musim liburan dengan ilmu pengetahuan-mu.

Menjadi Penulis Lepas

Bagi kamu yang mau mendalami dan juga mengasah kemampuan dalam bidang jurnalistik, kamu bisa menjadi penulis lepas di website dan kontributor lepas di media cetak maupun online. Menjadi kontributor lepas, karya kamu bisa dihargai mencapai Rp 100.000 sampai Rp 200.000. Untuk bekerja di bidang ini juga terbilang mudah, kamu hanya membuat karya sesuai rubrik di media online serta cetak dan mengirimkannya.

Menjadi Tour Guide

Ketika musim liburan datang biasanya akan ada banyak para wisatwan asing datang berkunjung. Nah ada kesempatan itu kamu bisa manfaatkan lho. Apalagi jika kamu mempunyai mampu berbahasa Inggris dengan baik dan kamu menguasai tempat-tempat wisata di lingkungan kamu. Kalau kamu aktif di beberapa situs pertemanan online yang berbasis mancanegara, kamu pasti dengan mudah mendapatkan pekerjaan ini sekaligus menambah teman baru. Pendapatan yang bisa kamu dapat sangat menggiurkan lho semua tergantung kamu membimbing turis dengan baik. Yakin gak mau coba?

Menjadi Penyanyi di Café
Bisa bernyanyi dan bermain banyak alat musik adalah nilai plus bagi setiap orang. Apalagi jika kamu memang hobi memainkan alat musik. Kamu bisa memanfaatkan kemampuan kamu tersebut menjadi rupiah yang cukup banyak. Jika kamu beruntung kamu bisa lho menjadi musisi papan atas di negeri ini. Tapi untuk langkah awalnya ya kamu harus berani bersusah payah terlebih dahulu, lagipula, saat kita menjalankan hobi tidak ada yang terasa berat bukan? (Sumber dari cekpremi.com/blog/cara-mendapatkan-penghasilan-tambahan-saat-hari-libur/)

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu