Skip to main content

Mau Kaya Raya Ala Bill Gates? Ikuti Prinsip Dibawah Ini

Bill Gates adalah seorang tokoh bisnis, investor, filantropis, penulis asal Amerika Serikat, serta mantan CEO yang saat ini menjabat sebagai ketua Microsoft, perusahaan perangkat lunak yang ia dirikan bersama Paul Allen. Bill Gates termasuk salah seorang pengusaha revolusi komputer pribadi terkenal di dunia. Meski demikian, taktik bisnisnya dikritik karena dianggap anti-kompetitif. Bill Gates mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pejabat eksekutif tertinggi di Microsoft pada bulan Januari 2000. Ia masih menjabat sebagai ketua dan membentuk jabatan kepala arsitek perangkat lunak.  Bill Gates dikenal sebagai tokoh dengan kekayaan yang melimpah yang berhasil dia dapatkan dari mengelola sebuah usaha di bidang perangkat lunak. Untuk mewujudkan cita-citanya menjadi seperti sekarang ini, Bill tentunya tidak melakukannya semudah membalikkan telapak tangan. Ia sudah melakukan banyak hal untuk perusahaannya tersebut. Mulai dari drop out dari universitas terbaik sekelas Harvard, hingga akhirnya dia mempelajari ilmu pemrograman dan berhasil mendirikan perusahaan perangkat lunak Microsoft dengan total kekayaannya hampir mencapai 70 miliar dollar AS.

Rupanya dalam hidup, Bill memegang lima prinsip dasar yang berhasil membuatnya menjadi orang terkaya di dunia. Apa saja?

  • Kerja Keras
http://idemotivasibisnis.blogspot.co.id/2016/10/prinsip-kaya-raya-bill-gates.htmlKerja keras sangat diperlukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal juga. Dengan kerja keras, kita akan mendapat imbalan yang sesuai. Jika pintar mengelolanya, uang tersebut juga  bisa digunakan untuk keperluan sendiri. Dengan kerja keras tentunya penghasilan juga akan meningkat.

  • Investasi
Investasi adalah salah satu prinsip yang dipegang oleh sang tokoh Microsoft, karena investasi penting untuk masa depannya. Dalam memaksimalkan keuangan kita, Investasi memang dipercaya sebagai cara yang paling bijak dan tepat. Jangan sepelekan jika Anda memulai berinvestasi dalam skala kecil. Ingatlah bahwa dalam jangka waktu tertentu, hasilnya tentu akan maksimal.

  • Tidak Hidup Boros
Bill Gates, sepertinya tidak menjalankan pola hidup boros selama masa perjuangan dalam meraih kekayaannya. Bill dilahirkan dari keluarga yang berada, namun dia tetap berjuang sendiri untuk meraih cita-citanya, hingga sekarang ini. Pola hidup boros, di manapun dan kapanpun, akan selalu membuat keadaan keuangan kita jadi tidak stabil. Oleh sebab itu, jika ingin mengeluarkan untuk investasi pun, sebaiknya pilih instrumen investasi yang dimengerti saja.

  • Miliki Catatan Belanja
Bagi para wanita, belanja adalah hal yang menyenangkan. Terkadang mereka bisa menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk berbelanja. Namun, belanja tidak hanya disukai wanita, kaum pria juga memiliki kebutuhan dan harus dipenuhi dengan berbelanja. Bill Gates sepertinya memiliki prinsip untuk selalu mencatat daftar barang yang akan dia beli, sekaligus dengan perhitungan harganya. Oleh sebab itu, dia bisa lebih hemat dan memaksimalkan tabungannya.

  • Tidak Meremehkan Harga Barang
Prinsip yang terakhir yang pastinya dilakukan Bill Gates dalam mengatur keuangannya adalah tidak meremehkan harga barang. Walaupun dia punya banyak uang, tapi dia selalu membeli sesuatu dengan harga yang logis dan memang dibutuhkan. Jika anda berbelanja sesuatu barang, harganya juga cukup tinggi, namun dari kegunaanya kurang maksimal, sebaiknya tidak usah dibeli.

Lebih Teliti Untuk Bisa Berhemat
Dalam hal ini, kita memang dituntut untuk lebih teliti. Telitilah dalam memilih sesuatu barang atau produk untuk memenuhi kebutuhan Anda. Begitu juga ketika kita akan menggunakan beberapa alat keuangan seperti Investasi atau pun menabung. Jika dalam hal tersebut kita kurang teliti dalam mengenal kelebihan dan kekurangannya, rasanya untuk hemat cukup sulit. Jika tidak hemat, mustahil Anda bisa hidup kaya. 

Sumber Referensi - Cermati.com/ bisniskeuangan.kompas.com/

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu