Skip to main content

17 Cara Memulai Usaha dari Para Pengusaha Sukses Dunia

Pengusaha sukses adalah seseorang yang telah sukses menjalankan kegiatan usahanya baik jual beli maupun usaha produksi dan mencapai tujuan utamanya mendapatkan keuntungan dan menanggung resiko yang telah terjadi pada perusahaanya. Untuk meraih sukses terkadang seseorang perlu belajar dari orang yang lebih dulu mencapainya. Kalau berhasil mendapatkan mentor yang tepat, seorang entrepreneur pasti merasa seperti mendapat berkat melimpah. Tapi, jangan hanya mengoleksi tips-tips dan cara-cara yang telah dibagikan para pengusaha sukses tersebut. Seharusnya mengikutinya, karena itu di dapat dari pengalaman mereka merintis bisnisnya hingga menjadi sukses seperti saat ini. Sekali lagi, tips, kiat dan cara menjadi pengusaha sukses yang mereka bagikan hendaknya segera di implementasikan.

Berikut adalah 17 cara memulai usaha dari para pengusaha sukses :
1. Tantang diri Anda 
Miliarder asal Inggris, Richard Branson, pernah mengatakan motivasi terbesarnya adalah selalu menantang dirinya. Dia membuat hidupnya sebagai proses belajar tak berkesudahan.

2. Lakukan yang Anda sukai
Menjalankan usaha membutuhkan waktu. Pendiri Apple, Steve Jobs, menyadari satu-satunya jalan supaya hidup jadi lebih bermakna adalah dengan melakukan pekerjaan yang ia percayai.

17 Cara Memulai Usaha dari Para Pengusaha Sukses
3. Ambil risiko
Anda tidak akan pernah tahu apa hasil dari usaha Anda kecuali benar-benar melakukannya. Pendiri Amazon.com, Jeff Bezos pernah mengatakan, sangat membantu ketika ia tahu kegagalan bukan untuk disesali, tapi penyesalan akan datang kalau tidak mencoba melakukannya.

Baca Juga : Inilah 8 Orang Sukses dan Kaya Selalu Pakai Baju Sama Setiap Hari

4. Percaya dengan diri sendiri
Henry Ford pernah mengatakan, "Apapun yang Anda pikir bisa atau tidak bisa, Anda pasti benar." Percayalah Anda pasti bisa sukses dan semua tantangan dapat teratasi. Kalau Anda tidak melakukannya, maka yang Anda dapatkan hanya alasan.

5. Milikilah visi
Pendiri dan CEO Tumblr, David Karp, menyadari kalau seorang entrepreneur adalah orang yang memiliki visi atas sesuatu. Selain itu, entrepreneur harus memiliki hasrat untuk mewujudkan visinya.

6. Carilah orang-orang baik
Siapa yang bersama Anda membentuk diri Anda. Salah satu pendiri LinkedIn, Reid Hoffman, mengatakan, cara mengubah diri Anda adalah dengan bergaul dengan orang-orang yang tepat.

7. Hadapi ketakutan Anda
Hal ini tidak mudah, tapi harus dilakukan. Arianna Huffington, pendiri Huffingtonpost.com, pernah berkata ia menemukan keberanian seperti otot. Semakin dilatih, semakin membuatnya kuat.

8. Ambil tindakan
Dunia penuh dengan ide besar, tapi sukses hanya datang melalui tindakan. Walt Disney mengatakan, cara termudah memulai usaha adalah dengan berhenti bicara dan mulai melakukan sesuatu.

Baca Juga : Mau Kaya Raya Ala Bill Gates? Ikuti Prinsip Dibawah Ini

9. Investasikan waktu
Kesuksesan tidak datang dalam sekejap dan semua orang sukses pernah menjadi pemula. Steve Jobs pernah berkata, jika Anda melihat dari dekat, keberhasilan datang dari waktu yang lama.

10. Mengelola energi, bukan waktu
Energi Anda terbatas sehingga waktu pun tidak banyak. Kelolalah dengan bijaksana.

11. Bangun tim yang hebat
Tidak ada yang berhasil membangun bisnis sendirian. Bangunlah tim yang hebat supaya dapat meningkatkan keberhasilan Anda.

12. Rekrutlah karakter
Saat membangun tim, Anda sebaiknya merekrut karakter dan nilai hidup. Anda selalu dapat melatih karyawan soal ketrampilan. Tapi Anda tidak dapat mengubah nilai-nilai hidup seseorang agar sesuai dengan visi perusahaan.

13. Rencanakan peningkatan modal
Pengusaha Richard Harroch punya saran untuk para pengusaha. "Meningkatkan modal hampir pasti lebih sulit dari yang Anda kira dan membutuhkan waktu lama. Jadi, rencanakan dengan baik," kata Harroch.

14. Belajarlah dari kesalahan
Banyak pengusaha menunjuk kesalahan sebagai guru terbaik mereka. Ketika belajar dari kesalahan, Anda bergerak lebih dekat untuk sukses.

15. Ketahui pelanggan Anda
Dave Thomas, pendiri waralaba Wendy's, mengatakan, mengetahui pelanggan sebagai salah satu dari tiga kunci sukses. Anda sebaiknya tahu cara melayani yang lebih baik pelanggan Anda dibandingkan orang lain supaya bisa memberikan solusi yang terbaik.

16. Belajar dari keluhan pelanggan
Pendiri Microsoft, Bill Gate pernah berkata, pelanggan paling tidak bahagia adalah sumber pembelajaran terbesar Anda. Biarkan para pelanggan ini memberi tahu di mana kesalahan pelayanan usaha Anda.

Baca Juga : Mau Kaya Raya Ala Bill Gates? Ikuti Prinsip Dibawah Ini

17. Memberikan lebih dari yang diharapkan
Pendiri Google, Larry Page, mendorong pengusaha untuk memberikan lebih dari yang pelanggan harapkan. Ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan pelanggan setia. (Sumber dari Liputan6.com)

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu