Skip to main content

Mengapa Mempertimbangkan Kewirausahaan (Entrepreneur)?

  • Membuat Ide Menjadi Model Bisnis
Kebebsan untuk mengejar ide-ide anda sendiri dan intuisi adalah keuntungan besar. Anda dapat menghabiskan waktu dan energi fokus mengembangkan ide-ide tersebut dan mengubah menjadi sebuah model bisnis yang sukses.

  • Anda Menjadi Boss Sendiri
Anda yang membuat keputusan, anda memutuskan siapa yang bekerja dengan usaha itu dan memutuskan apa pekerjaan yang harus dilakukan. Mungkin ada kasus di mana anda tidak setuju dengan budaya perusahaan dari suatu perusahaan, atau bagaimana mereka melakukan bisnis. Disini anda bisa memilih bagaimana anda akan menjalankan usaha itu, apa budaya yang akan diterapkan dalam perusahaan. Misalnya Google, perusahaan  yang dikenal mempunyai budaya perusahaan jauh berbeda dengan budaya perusahaan pada umumnya. Dengan memulai perusahaan mereka sendiri, para pendiri memiliki kesempatan untuk menanamkan budaya dan mereka percaya pada praktek bisnis sendiri, dan begitu dengan anda yang dapat melakukan hal yang sama ketika memulai perusahaan anda sendiri.

    wirausaha, pengusaha muda sukses indonesia
  • Memilih Lokasi
Memilih lokasi usaha merupakan keputusan anda sendiri. Anda dapat memilih untuk beroperasi dekat dengan pasar, atau dapat memilih untuk beroperasi dekat dengan rumah. Keputusan ada di tangan anda.

  • Berpotensi Mendapatkan Laba Yang Besar
Dengan memulai bisnis anda sendiri, kamu akan menjadi pemilik dan memiliki sebagian besar ekuitas. Jika bisnis anda sukses, kamu punya potensi untuk mendapatkan lebih banyak. Beberapa orang mungkin melihat pekerjaan mereka tidak memiliki pertumbuhan karir atau prospek pertumbuhan keuangan. Jika anda merasakan hal yang sama, maka mungkin sudah saatnya bagi anda untuk mempertimbangkan memulai usaha sendiri. Namun, sisi negatifnya adalah bahwa tidak ada jaminan sukses, tapi sekali lagi, tidak ada jaminan untuk kemanan pekerjaan anda sebagai karyawan.

  • Bebas Memilih Jam Kerja
Lebih dari apa pun, ini menawarkan fleksibilitas dalam jam kerja daripada kurang bekerja. Start-up paling sukses adalah hasil dari jam kerja yang panjang dan kerja keras. Tapi yang terbalik disini adalah bahwa anda bisa memilih kapan harus pergi berlibur, ketika bekerja dan sebagainya. Asalkan anda menyelesaikan pekerjaan yang perlu dilakukan, tidak ada yang menghentikan fleksibilitas.

  • Terlibat dalam Operasi Bisnis
Sejak start-uo adalah ide, bisnis anda. Anda bebas untuk melibatkan diri dalam setiap aspek dalam proses perjalanan usaha. Hal ini kita ilustrasikan oleh Steve Jobs, pendiri Apple Inc, melibat diri dalam setiap langkah bisnis, langsung dari ide generasi untuk merancang, manufaktur, pemasaran dan pengalaman berjualan di dalam toko. Dia mampu mengabdikan dirinya sepenuhnya untuk bisnis dan sebagai hasil produk adalah perusahaannya menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Melihat usaha anda tumbuh dari bawah ke atas bisa sangat memuaskan dan membanggakan. 

  • Membuat Bisnis Menjadi Sebuah Aset Keluarga
Banyak dari kita ingin meninggalkan rasa keamanan finansial bagi keluarga. Misalnya, karena anda akan memiliki sebagian besar saham perusahaan, anda dapat lulus ke generasi selanjutnya sehingga mereka memiliki rasa aman. Mungkin anak-anak anda dapat mengambil alih menjalankan bisnis dari anda ketika anda sudah siap pensiun. Bisnis keluarga juga dapat memberikan lapangan pekerjaan kepada anggota keluarga yang lain. 

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu