Skip to main content

4 Strategi Membuka Bisnis Makanan Ringan

Peluang Bisnis Makanan RinganKesulitan ekonomi saat ini mendorong setiap orang untuk tidak tinggal diam hanya pasrah. Walaupun sudah bekerja pada sebuah perusahaan swasta atau pada Instansi Pemerintahan, menerima gaji setiap bulan, belum lagi karir yang mungkin cukup gemilang. Semua itu tidak mencukupi, sehingga mencoba peruntungan untuk membuka sebuah bisnis. Maka bisnis yang mudah dibuka atau diolah sambil tetap bekerja, pilihan utama adalah berbisnis online. Memang saat ini sudah sangat populer belanja menggunakan layanan online. 

Kalau dulu barang atau produk yang ditawarkan dalam toko online mungkin terbatas. Tapi kini, apa pun sudah bisa ditawarkan secara online. Seperti makanan ringan. Jangan salah loh, penjual makanan ringan pun sudah sangat banyak jika kita cari di internet. Mereka tidak hanya menjual jenis yang makanan biasa, tapi karena persaingan yang kompetitif membuat mereka terus berinovasi untuk menciptakan jenis-jenis makan camilan yang lebih unik, dan lebih enak.

Sehingga tak banyak dari mereka juga yang tak mampu bersaing, berhenti atau bangkrut ditengah jalan karena persaingan yang tinggi. Buktinya, akibat persaingan yang keras, merek yang sudah terkenal sekalipun terus berinovasi dan menciptakan produk-produk baru. Mereka tak mau diam, memberikan yang selalu baru pada konsumen dan menciptakan strategi penjualan.

Nah, berikut adalah 4 strategi membuka bisnis makanan ringan agar dapat bertahan lama :
  • Menentukan Target Pasar Bisnis Anda
Sangat direkomendasikan, dalam membuka sebuah bisnis. Jenis usaha apapun itu. Terutama dalam usaha makanan ringan, tentukan pasar yang ingin ditargetkan. Mungkin dengan cara membuat perbandingan dari menu-menu ringan yang tengah disukai banyak orang dan tentu bisa dijual secara online. Pastikan kalau makanan yang jual untuk remaja dan anak-anak muda. Selain harganya terjangkau juga rasa yang bervarian dan kemasan yang trendy. Atau lebih jelas adalah membuat daftar.

  • Membuat Produk Sesuai Target Pasar Anda
Jika anda memang belum bisa membuat sendiri, akan lebih baik untuk menjual produk orang lain. Cobalah mencari agen atau distributor yang menawarkan mitra kerjasama tapi dengan persyaratan mudah. Sesuaikan juga dengan budget yang sudah anda persiapkan sebelumnya. Lalu pilihlah produk yang disukai banyak orang, berkualitasdan harganya terjangkau.

    4 Strategi Membuka Bisnis Makanan Ringan
  • Membuat Promosi dan Pemasaran Yang Menyenangkan/ Realistis
Mungkin tanpa harus kami jelaskan disini bagaimana promosi yang menyenangkan, anda sudah mengetahuinya. Banyak cara promosi online dan offline untuk menarik lebih banyak pembeli. Karena ini makanan, anda harus benar-benar hati-hati membuat deskripsi produk yang akan dijual. Seperti bahan baku, jangka waktu pemakaian sehingga orang yang membeli tahu dan yakin.

  • Manjakan Pelanggan Anda
Pembeli itu istimewa. Mereka harus dimanjakan mulai jenis makanan yang bervarian, rasa yang enak, tampilan yang sangat bagus, harga terjangkau, cara pembayaran yang mudah tidak berbelit-belit dan pelayanan memuaskan. Tetaplah menjadikan pembeli sebagai tamu yang istimewa tanpa pilih kasih meski ada konsumen hanya memesan beberapa bungkus.

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu