Skip to main content

Apa yang lebih baik: Web Hosting Profesional atau Self-Hosting? Inilah Keuntungan Menggunakan Self Hosting

Apa yang lebih baik: Web Hosting Profesional atau Self-Hosting? Inilah Keuntungan Menggunakan Self Hosting - Apa Itu Web Hosting ? - Web Hosting adalah salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat di Internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menampilkan layanan jasa atau produknya di web / situs Internet. Dikutip dari Wikipedia "Layanan host web adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL, atau DNS". Sebagai pemilik usaha kecil, anda tahu bagaimana rasanya kehilangan uang pada hal tidak perlu, dan anda akan melakkan apa pun untuk menghindarinya. Jadi, ketika anda mendengar bahwa anda harus menghabiskan lebih banyak uang untuk membayar untuk layanan web hosting, daripada menggunakan yang gratisan atau self hosting, anda mungkin merasa sedikit skeptis. Sementara kedua pilihan menawarkan pro dan kontra, saya biasanya menggunakan dan merekomendasikan layanan hosting profesional (Tuantakur.com), walaupun saya suka juga menggunakan hosting gratisan seperti blogspot untuk tujuan tertentu, Berikut adalah enam manfaat menggunakan self hosting dibawah ini.
  • 1) Dukungan Konstant atau Teratur
Jika anda menjalankan sebuah situs web dalam hubungannya dengan bisnis anda, anda bisa bertaruh akan mengalami masalah di beberapa titik. Dengan gratis atau hosting sendiri, itu akan sampai kepada anda untuk menemukan kesalahan dan menentukan solusinya. Sementara itu, anda akan kehilangan bisnis ketika website anda sedang down. Dengan layanan web hosting, anda akan memiliki dukungan teknis setiap saat - dan penyedia fasilitas akan selalu sigap menyelesaikan masalah.
Apa yang lebih baik: Web Hosting Profesional atau Self-Hosting? Inilah Keuntungan Menggunakan Self Hosting

  • 2) Server Terpercaya
Terlebih lagi, dengan layanan web hosting yang dapat mengandalkan serer terpercaya. Perusahaan menjaga server dan menjalankan dengan sebaik-baiknya untuk menghindari cras, loading lambat, dan periode pemeliharaan jangka panjang.

Selain itu, layanan web hosting akan memantau server untuk anda. Mereka akan melakukan proses terus-menerus memindai server untuk mencari setiap penyimpangan atau kegagalan. Pada dasarnya, layanan akan menangkap dan memperbaiki kesalahan kecil di website anda sebelum masalah itu berubah menjadi masalah besar.

  • 3) Keamanan Website
Salah satu alasan terbesar menggunakan hosting bisa sangat bermanfaat adalah keamanan tambahan. Kebanyakan layanan web hosting akan menjamin layanan aman dengan menjalankan audit keamanan, update otomatis, filter spam, scan virus, dan konfigurasi firewall.

Untuk keamanan server lebih optimal, pilihlah layanan yang tepat untuk memastikan sistem keamanan terbaik untuk server anda.

  • 4) Penyimpanan dan Backup disertakan
Jumlah penyimpanan pada perusahaan akan selalu berfluktuasi, dan layanan web hosting dapat membantu mengakomoasi sesuai kebutuhan. Umumnya, layanan dilengkapi dengan penyimpanan yang membantu anda menjaga dan mengatur file yang diperlukan, dan memilah-milah dan menghapus yang anda tidak perlu.

Selanjutnya, anda perlu sistem cadangan untuk mencegah data yang hilang, sistem backup data otomatis menyimpan file dalam website anda. Usaha kecil sangat rentan terhadap kehilangan data, dan layanan web hosting bisa menjadi solusi.

  • 5) Berkurangnya Biaya Operasional
Meskipun menggunakan layanan web hosting mungkin tampak membutuhkan biaya mahal pada awalnya, jika anda berpikir tentang hal itu dalam jangka panjang, itu adalah pilihan yang paling efisien dan terjangkau untuk sebuah situs web bisnis. Bisnis yang memilih untuk menggunakan layanan web hosting gratis harus menyewa tenaga untuk mengelolanya, dari seorang desainer web dan admin penuh waktu. Padahal biaya untuk menyewa karyawan di rumah per tahun bisa untuk membayar sewa hosting dan jauh lebih murah dibandingkan membayar layanan hosting.

  • 6) Meningkatkan Peringkat dan Meningkatkan Profits
Akhirnya, usaha kecil dapat mengandalkan layanan webhosting untuk meningkatkan peringkat secara keseluruhan, secara efektif membawa lebih banyak pendapatan. Kualitas web host menawarkan hardware yang lebih baik dan koneksi internet yang lebih baik daripada kebanyakan server pribadi, dan kecepatan sehingga lebih cepat mengurangi beban untuk situs web host. 

Kecepatan juga secara signifikan menambah kualitas website anda karena pengalaman pengguna jauh lebih baik ketika beban situs merespon dengan cepat. Google ingin hanya menawarkan situs web berkualitas tinggi dalam hasil pencarian, dan jika anda memiliki kemanan, kecepatan, dirancang dengan baik dan website terawat - dan anda akan melihat perbedaan dalam tingkat konversi, penjualan, dan pendapatan. Dengan layanan web hosting yang tepat, bisnis anda akan memulai keuntungan pada tahun-tahun mendatang. 

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu