Skip to main content

4 Tips Media Sosial Marketing Untuk Meningkatkan Keterlibatan Pelanggan

4 Tips Social Media Marketing Untuk Meningkatkan Keterlibatan PelangganBagaimana bisnis anda dapat meningkatkan keterlibatan media sosial dengan pelanggan. Salah satu kondisi yang diperlukan untuk media sosial pemasaran usaha kecil  untuk menjadi efektif: iya, komunitas sosial perusahaan Anda harus terlibat.


Sayangnya, banyak perusahaan membuat kesalahan dengan memprioritaskan visibilitas jauh di depan keterlibatan. Meskipun apakah 10 penggemar atau 10.000 melihat posting media sosial anda, anda tidak akan menghasilkan prospek  apapun atau penjualan kecuali penggemar terlibat - yaitu, tertarik pada merek anda dan antusias tentang produk dan jasa Anda.

Berikut empat Tips Social Media Marketing Untuk Meningkatkan Keterlibatan Pelanggan:
  • Membuat Website Anda Mobile Friendly
Jika kita hitung-hitung pengguna smartphone di Indonesia sampai tahun ini, tidak terbayangkan lagi jumlahnya bisa ratusan juta. Setiap waktu ponsel pintar datang dengan fasilitas masing-masing dengan harga yang boleh dikatakan masih dalam daya beli masyarakat tanah air. Jadi hal itu memberi peluang bagi pebisnis untuk memanfaat pasar dengan membuat website yang ramah ponsel (Mobile Friendly), yaitu website yang tentu dapat diakses dan cepat dari smartphone. Plus, salah satu kegiatan smartphone favorit Indonesia menghabiskan waktu di situs media sosial.

4 Tips Media Sosial Marketing Untuk Meningkatkan Keterlibatan PelangganUntuk mencapai keterlibatan media sosial, anda harus memberikan pengalaman mobile yang mulus bagi pengguna yang pergi dari halaman media sosial anda ke website anda. Jika anda posting link ke halaman produk dan halaman penawaran khusus, dan pengguna harus berurusan dengan situs web mobile- tidak ramah, mereka tidak akan mengkonversi pada pembelian.

Fitur dari situs web mobile-ramah, yang terbaik dibangun menggunakan desain web responsif, memiliki berbagai karakteristik penting, termasuk navigasi sederhana, konten singkat,pemesanan online mudah, dan desain sederhana dengan banyak ruang berwarna putih.

  • Menjalankan Media Sosial Eksklusif Khusus
Ketika website anda dapat dijalankan dalam perangkat selular - yang ramah, kau siap untuk memulai penawaran khusus yang mengarahkan trafik media sosial untuk website anda. Banyak perusahaan membangun keterlibatan dengan menawarkan media sosial  eksklusif , karena mereka mendorong orang untuk terhubung dan, yang lebih penting, perhatikan.

Penawaran tidak perlu unik untuk setiap situs media sosial anda karena penggemar cenderung untuk terhubung dengan kamu di lebih dari satu tempat. Yang penting adalah untuk membuat tawaran menarik. Selain media sosial eksklusivitas, apa saja elemen dari tawaran menarik tersebut? 
  • Nilai substansial
  • Mudah dimengerti
  • Ketersediaan terbatas atau tenggat waktu untuk memesan
  • Presentasi visual menarik
  • Mudah bagi pengguna untuk membeli, mendaftar, atau sebaliknya mengkonversi
Jangan berkecil hati jika atau tawaran pertama kamu dan kedua gagal sama sekali. Pengulangan dan kesabaran adalah kunci untuk pemasaran media sosial, tetap lakukan pendekatan promosi anda, atau mereka hanya mungkin belum sekarang.

  • Mengajak Penggemar/Pengikut Berbicara
Tidak setiap penggemar suka berbicara dengan perusahaan pada media sosial, tetapi banyak dilakukan. Pembicara adalah senjata rahasia anda untuk konversi, karena percakapan mereka adalah dukungan pihak ketiga yang kuat untuk perusahaan kamu, produk dan jasa. Contoh cara untuk mengajak penggemar berbicara:
  • Mengajukan pertanyaan: Bagaimana anda menyukai produk kami, bagaimana anda menggunakan produk kami, apa ide-ide yang anda miliki untuk produk baru, bagaimana kita dapat meningkatkan produk kami, dll
  • Mengundang fans untuk meng-upload atau mengirimkan foto mereka menggunakan produk kamu, atau menggunakan mereka dengan cara yang unik.
  • Memposting kuis online, menawarkan hadiah untuk 10 responden  pertama yang benar.
  • Kirim penggemar produk gratis dan mengundang mereka untuk memeriksanya pada halaman media sosial kamu
Sebagai contoh, ini menunjukkan, untuk memperkenalkan faktor menyenangkan untuk komunikasi sosial media sebagai pemicu membantu percakapan. Selalu diingat, media sosial sebagai media bersantai. Jika anda semua bekerja (serius) dan tidak bermain (kuis), fans akan tertarik di tempat lain.

  • Menanggapi
Ketika penggemar berbicara, mendengarkan dan menanggapi. Tidak ada halangan yang lebih besar untuk pelanggan atau calon pelanggan daripada merasa bahwa perusahaan tidak peduli.

Jika seseorang mengajukan pertanyaan melalui media sosial, publik atau melalui pesan pribadi, jawaban anda harus cepat, pribadi, menyeluruh dan bijaksana. Orang tidak hanya akan menghargai - dan mungkin akan tersanjung oleh - respons anda, mereka cenderung untuk memberitahu masyarakat sosialnya betapa agungnya anda.

Respon cepat, seperti tiga lainnya tips, membutuhkan waktu dan investasi. Namun, media sosial, seperti bentuk lain dari pemasaran, jauh dari bebas, terlepas dari apa yang disebut dengan guru dapat mengklaim.

Kabar baiknya adalah, ketika anda menempatkan upaya dalam keterlibatan sosial, anda akan dihargai dengan fans termotivasi, rujukan dan order.

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu