Skip to main content

15 Tips Jitu Membuat Konten Berkualitas Untuk Blog

15 Tips Jitu Membuat Konten Berkualitas Untuk Blog - Konten boleh dikatakan sebagai roh dari sebuah blog. Tapi kalau hanya mengisi artikel, itu mudah saja. Siapapun bisa melakukannya. Nah, yang menjadi masalah umum dari setiap blogger adalah cara membuat konten besar dan berkualitas tinggi. Konten besar yang dimaksudkan disini adalah tentang konten yang berkualitas tinggi, dari segi kegunaan, memberikan solusi, dan disukai banyak pembaca. Apakah anda pernah bertanya-tanya bagaimana membuat konten yang bagus untuk blog anda? 

Dibawah ini kami akan membagikan panduan yang terdiri dari 1400 lebih kata dengan 15 langkah untuk membantu anda menulis artikel dengan nilai tambah yang nyata bagi pembaca anda.
  • 1) Rencanakan apa yang ingin anda capai dengan artikel itu?
Hal ini sangat penting. Perencanaan sangat penting tidak hanya dalam kehidupan sehari-hari. Sebelum anda mulai menulis, anda harus tahu apa yang anda inginkan.

Jadi, tanyakan pada diri anda beberapa pertanyaan seperti dibawah ini:
  • Apakah harus sebuah artikel promosi?
  • Atau mungkin anda ingin berbagi pengalaman anda tentang sesuatu yang unik dan layak dibagikan.
  • Apakah itu sebuah cerita sederhana untuk pembaca anda?
  • Apakah anda ingin membuat mereka menangis Atau tertawa?
  • Atau mungkin anda ingin membangkitkan minat mereka tentang sesuatu?
Anda harus menjawab pertanyaan-pertanyaan ini sebelum mulai menulis artikel
Jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan ini akan memberi anda gambaran, tentang apa tujuan dari artikel anda.

Dan memiliki tujuan adalah suatu keharusan.

  • 2) Rencanakan Beberapa Waktu Anda Bebas dari Gangguan
Ada banyak hal yang dapat mengalihkan perhatian anda dari pekerjaan ini (menulis). Terutama freelancer (blogger, pemasaran online, spesialis SEO) yang menghabiskan sebagian besar pekerjaan mereka di depan layar, boleh dibilang berada dalam bahaya karena setiap saat gangguan itu dating mengganggu konsentrasi saat bekerja.

Jadi itu sangat penting, sebelum anda mulai menulis, lebih baik menyelesaikan semua tugas-tugas anda yang lain, membersihkan meja dan matikan ponsel anda.
Ini adalah tips yang bekerja pada saya : Matikan Media social, Televisi dan Godaan online yang tidak berhubungan dengan tugas menulis konten.
Berikut adalah gangguan yang paling umum sebagai blogger atau penulis :

  1. Email
  2. Ponsel
  3. Media Sosial
  4. Keluarga dan Rekan Kerja
  5. Lingkungan yang bising
  6. Kekacauan di meja anda
  7. Game online
  8. Televisi
  9. Kemalasan
  • 3) Melakukan Beberapa Penelitian  dengan Cepat pada Topik Anda
Saya berasumsi bahwa anda sudah tahu subyek artikel anda. Bahkan jika anda adalah seorang ahli, ada banyak cara untuk melakukan penelitian tentang hal itu (topic). Anda harus memeriksa di mesin pencari favorit , apa yang sedang trend dan apa yang tidak. 

Dibawah ini anda dapat menemukan beberapa sumber yang saya gunakan untuk menemukan topik hangat;
  • Google Trend
  • Google Alert
  • Blog yang saya ikuti
  • Jaringan Sosial seperti LinkedIn

  • 4) Gunakan Kata Kunci TEPAT dalam Topik Anda
Jangan menulis artikel tidak hanya untuk pembaca, tetapi juga untuk mesin pencari, anda harus berpikir tentang kata kunci yang tepat terbaik untuk artikel anda.

Dalam kata kunci yang terbaik bagi saya berarti bahwa ada banyak pencarian untuk kata kunci tersebut, dan persaingan dengan kata kunci yang tidak terlalu tinggi. Ada banyak alat, anda dapat menggunakannya. Beberapa dari mereka gratis dan ada juga yang berbayar.

Kebanyakan perangkat gratis yang terkenal untuk riset adalah Google Keyword Tool. Alat ini oke bangat bagi saya untuk tiga alasan ; gratis, sederhana dan anda dapat menggunakan alat ini pada setiap komputer yang memiliki akses ke internet.

  • 5) Headline (Judul) Bagus adalah Sebuah Kunci
Judul artikel anda harus menarik pengguna internet untuk mengklik itu. Ada ribuan blog, portal , forum dan kumpulan artikel. 

Apa hal yang paling penting dalam memilih apa yang harus dibaca adalah judul. Hal ini mirip dengan kesan pertama. Anda harus bisa seperti judul atau tidak (jika anda tidak menyukai judul, anda tidak akan membacanya). Judul artikel anda seharusnya tidak hanya membangkitkan minat untuk pembaca anda - itu juga harus SEO friendly. 

Judul anda mungkin kontroversial, dengan pertanyaan, memprovokasi pembaca anda untuk menjawab - hampir semuanya diterima di sini. 

  • 6) Pertimbangkan Membuat Artikel Seperti Daftar 
Bahkan saat pergi berbelanja, mereka menyiapkan daftar barang untuk dibeli. Jadi mengapa tidak membuat mereka bahagia?  

Selan itu, tulisan yang ditulis seperti daftar akan lebih mudah dibaca. 

  • 7) Gunakan Teknik (12+2)*3
Teknik ini sangat sederhana - menulis selama dua belas menit, mengambil dua menit istirahat, dan ulangi tiga kali. 

Jika anda membutuhkan lebih sedikit atau lebih banyak waktu untuk menulis artikel - anda harus mengulangi proses yang kurang atau beberapa kali. 

Tapi ingat - selama 12 menit anda harus menulis dan hanya menulis, tanpa pengecualian.

Setelah itu, anda akan mendapatkan dua menit instirahat, bila anda dapat melakukan sesuatu yang lain (tapi kami sarankan anda untuk tetap tinggal di depan komputer). Untuk menghitung waktu, anda dapat menggunakan timer pada jam atau smartphone. 


  • 8) Menulis Untuk Pembaca Anda
Anda mungkin berpikir - apakah anda bercanda? Tentu saja, saya menulis untuk mereka. 

Apa kamu yakin?

Mungkin anda menulis untuk blog anda, untuk Google atau diri sendiri?  Tapi tidak perlu bingung, setelah membaca tips ini, mudah-mudah anda semakin mengerti. 

Memang pada point ke empat saya menulis bahwa anda harus menulis tidak hanya untuk pembaca, tetapi juga untuk search engine. Memang benar, selama anda ingat bahwa menulis untuk pembaca di tempat yang pertama. 

  • 9) Mencampur Konten Di Blog Anda
Aku akan memberitahu anda satu rahasia - menulis artikel pembunuh tidak cukup hari ini. Ini di utamakan pada hari ini. Kami memiliki banyak blogger dan ribuan blog, yang bersaing dengan ribuan orang lain untuk pembaca.

Jadi apa yang harus kita lakukan? Anda mungkin bertanya padaku. Setiap blogger harus memutuskan bagaimana ia ingin membuat pengunjung mereka terpesona. Jika anda tidak punya ide, dibawah ini anda dapat menemukan beberapa tips, bagamana dapat menarik pembaca untuk posting anda. Tentu saja, anda dapat memilih hanya satu dari beberapa daftar dibawah ini:
  1. Teks
  2. Video
  3. Gambar, foto
  4. Daftar, Grafik dan tabel
  5. Podcast
  6. Infografis
  7. Slideshow
  8. Wawancana 
  • 10) Jangan Berlebihan
Anda harus menulis artikel anda dengan sebaik mungkin. Sekali lagi saya mengingatkan bahwa banyak situs lain dan blog di web yang menjadi saingan. Jadi anda harus menghemat waktu pembaca anda jika anda menulis tentang sesuatu, tetapi jika anda tidak punya waktu untuk menjelaskan secara rinci - cukup menyebutkan dengan menghubungkan ke sumber yang tepat.

  • 11) Tempatkan "Call to Action" dalam Artikel anda
Seperti yang saya sebutkan di poin pertama dalam artikel ini, setiap artikel harus memiliki tujuan. Menempatkan panggilan untuk bertindak akan memberi anda kesempatan untuk meminta pembaca tentang memenuhi kebutuhan anda. 

Sederhana "ajakan untuk bertindak" dapat membantu anda dalam :
  • Meninggalkan komentar di bawah posting anda
  • Mendapatkan "Like" untuk halaman Facebook anda
  • Mendapatkan pelanggan baru pada daftar email anda
  • Dapat menjual produk anda
  • Bahkan jika anda tidak tahu apa yang anda inginkan dari pembaca, anda harus membiasakan mereka dengan panggilan bertindak - mungkin di masa depan akan membantu anda dalam bisnis anda.
Jika anda tidak tahu dimana sumbernya, anda harus mencari dan berbagi pengetahuan ini dengan pembaca anda. Di Sisi lain, kita harus menghormati waktu pembaca anda. Jadi jelas tentang ide-ide anda, membangun kalimat sederhan tidak mengulang lagi dan lagi.  
Beberapa contoh panggilan untuk bertindak:
  1. Dapatkan salinan gratis Anda "100 Tips untuk Blogger"
  2. Mendaftar untuk newsletter kami
  3. Silakan berbagi pengalaman Anda di bawah ini di komentar

  • 12) Baca Hati-Hati dan Semua Artikel Siapa Tahu ada Salah Ejaan
Jika anda tidak ingin kehilangan pembaca, pelanggan atau calon pelanggan anda harus menulis tanpa kesalahan eja. Jadi sekarang saatnya untuk memeriksa posting anda. Anda harus membaca artikel anda setidaknya sekali dan menandai semua kesalahan atau salah eja. 

  • 13) Mengambil Waktu Beberapa Menit Istirahat - Minum Teh atau Kopi
Bahkan istirahat sejenak benar-benar penting untuk pikiran anda. jadi, berdiri dan pergi ke kedai kopi atau ke dapur sendiri. Jika memungkinkan, anda bahkan dapat berbicara dengan seseorang tapi ingat tujuan anda untuk menulis artikel. Tapi tetapkan batas waktu untuk istirahat anda - lima menit seharusnya sudah cukup.

  • 14) Publikasikan Artikel Anda
Artikel anda hampir siap untuk dipublikasikan. Sekarang saatnya untuk perbaikan dan untuk memformat posting anda.

Artikel anda harus dibaca, membayangkan itu seperti brosur mudah untuk dibaca, dipahami dan menemukan poin utama. 
Nah, langkah selanjutnya yang anda lakukan :
  • Masukkan artikel anda ke Wordpress atau blogspot
  • Tambahkan beberapa gambar terkait, foto atau video untuk artikel
  • Menghubungkan ke artikel lain atau sumber
  • Format artikel anda - membuat poin, paragraf dll
  • Mempublikasikan atau jadwal posting anda untuk penerbitan

  • 15) Promosikan Posting Anda
Ok, posting anda siap diterbitkan. Tapi anda perlu banyak pengunjung, yang akan membaca konten anda. Berikut dibawah ini daftar tips yang paling penting mendapatkan trafik ke blog anda :
  • Berkomentar di blog lain sesuai niche anda
  • Membagikan di Media Sosial (Twitter, Facebbok, LinkedIn, Google plus)
  • Menambahkan tombol share di blog anda
  • Kirim posting anda ke pelanggan anda dari daftar email anda
  • Berpartisipasi dalam Komunitas blogging
  • Menulis Guest Post di blog lain
  • Menggunakan alat SEO untuk menganalisi blog anda dan pesaing.
Sekarang Anda siap untuk membuat konten yang besar dan menarik untuk blog Anda.

Apakah Anda menyukai postingan ini?

Jika ya, Anda dapat berbagi dengan teman-teman Anda atau pengikut anda.

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu