Skip to main content

4 Dasar Pemasaran Online Harus Diketahui Pengusaha

4 Dasar Pemasaran Online Harus Diketahui Pengusaha - Pemasaran online sebenarnya tidak jauh berbeda dengan offline. Hanya saja pemasaran online (online marketing) mempergunakan jaringan internet untuk memberikan informasi kepada banyak orang tentang produl atau jasa yang sedang dijual. Pengusaha menghabiskan banyak waktu belajar bagaimana untuk meningkatkan bisnis mereka. Marketing adalah kunci keberhasilan bisnis dan pemasaran online senantiasa begitu penting. Menurut banyak sumber, 84 persen orang mengatakan bahwa perbedaan terbesar dalam usaha kecil antara sekarang dan lima tahun yang lalu adalah penggunaan lebih banyak sarana pemasaran online. Pemasaran produk lima tahun yang lalu jelas lebih sulit dibanding sekarang. Banyak media yang dapat dipergunakan baik berbayar maupun secara gratis. Bahkan bisa dikerjakan oleh siapapun. Pengusaha pemula saat ini tentu harus bersyukur karena kecanggihan teknologi terus tercipta dan bermunculan. Sehingga marketing secara online pun lebih mudah dan lebih cepat dalam menargetkan pasar. 

5 Dasar Pemasaran Online Harus Diketahui Pengusaha, marketing online, bisnis online
Baca Juga :
Setiap pengusaha harus terbiasa dengan ini lima konsep untuk memaksimalkan hasil pemasaran online. Berikut adalah 4 dasar pemasaran online yang harus diketahui pengusaha :
  • Penjualan dan Loyalitas Pelanggan yang Menguntungkan
Promosi (campaigns) secara online standar yang diharapkan untuk menjual produk menguntungkan. Hal ini juga disebut sebagai "promosi penjualan tunggal (single sale campaigns)" karena setiap penjualan dimaksudkan untuk menjadi menguntungkan. Promosi ini dapat berubah menjadi tidak menguntungkan karena naiknya biaya iklan dan terjadi perang harga. Salah satu solusi adalah untuk membuatnya menguntungkan dengan menaikkan penjualan dari pelanggan yang baru diperoleh.

Adalah jauh lebih mudah untuk menjual kepada pelanggan yang sudah ada daripada untuk mendapatkan yang baru. Oleh karena itu, menciptakan strategi yang yang dapat meningkatkan banyaknya item atau jasa yang mereka pesan setelah mereka datang untuk kepercayaan Anda.
  • Media sosial adalah media yang sangat baik.
Banyak perusahaan mengkhawatirkan media sosial mungkin bukan alat iklan yang bagus. Namun, media sosial menawarkan begitu banyak metode penargetan yang telah menjadi platform iklan yang bagus bagi sebagian besar bisnis.

Sosial media dapat bekerja lebih baik untuk beberapa bisnis dari yang lain. Sebagai petunjuk praktis, menguji Linkedin ketika pemasaran untuk bisnis dan Facebook saat memasarkan kepada konsumen, meskipun banyak bisnis B2B telah berhasil dengan iklan Facebook. Coba Twitter Iklan Video, Iklan Google dll untuk mencapai target audiens Anda.
  • Pengujian (Testing) tidak segera menguntungkan.
Pengujian saluran iklan (advertising channels) baru mungkin tidak menguntungkan pada awalnya, tetapi itu tidak berarti bahwa Anda harus berhenti dengan segera. Anda harus berharap untuk memiliki saluran iklan baru mengkonversi hingga 50 persen lebih dari yang sudah ada.

Ini berarti bahwa mereka memiliki potensi dan hanya memerlukan tune up (Penyempurnaan) atau optimasi sebelum peningkatan skala anggaran. Pengujian sangat menguntungkan untuk akun yang sukses tetapi membutuhkan volume lalu lintas lebih banyak untuk meningkatkan penjualan.
  • Mengembangkan promosi berdasarkan apa yang Anda pelajari.
Menggunakan platform seperti Google Analytics adalah suatu keharusan untuk mengumpulkan data seperti apa orang yang mengunjungi halaman anda, produk yang mereka beli setelah pembelian pertama mereka, berapa banyak waktu yang mereka habiskan pada halaman tertentu, halaman yang mereka kunjungi, usia, jenis kelamin, wilayah geografis pelanggan Anda dan banyak lagi. Trik dalam menggunakan Google Analytics adalah untuk mengambil data ini dan menggunakannya di seluruh platform untuk meningkatkan hasil.

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu