Skip to main content

Prinsip Pengusaha Sukses dalam Berwirausaha

Prinsip Pengusaha Sukses dalam BerwirausahaPrinsip adalah petunjuk, arah dan kebenaran umum atau individual yang dijadikan seseorang atau sekelompok orang sebagai pedoman hidup untuk berpikir dan bertindak. Kita sering mencari dari mesin pencari atau dibuku apa saja prinsip pengusaha sukses dalam berwirausaha. Banyak orang meyakini bahwa prinsip yang mereka pegang tersebut akan dapat membuatnya sukses juga. Tapi memang kita harus mempunyai prinsip agar tidak kehilangan arah dalam berwirausaha. Tentu semua orang ingin menjadi pengusaha yang sukses. Tapi apakah setelah menjadi entreprenur akan selalu menuju kesuksesan. Sadarilah potensi dalam diri kita masing-masing. Memang banyak motivator yang mengatakan siapapun boleh sukses. Ingat, apakah setiap pebisnis sukses? Tidak, banyak yang gagal.


Nah, disinilah topik permasalahannya. Mungkin banyak dari kita ingin sekali membuka usaha kecil menengah. Ide bisnis dan modal sudah tersedia. Akan tetapi bila tanpa tujuan yang jelas dan prinsip kuat, paling gagal. Lalu apakah anda mau gagal berkali-kali?

Prinsip Pengusaha Sukses dalam Berwirausaha, bisnis online, ukmSaya rasa tidak! 

Wirausaha muda disebut sebagai tumpuan perekonomian di dalam negeri. Hal itu juga sudah diterapkan di negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Korsel dan lainnya, dimana pengusaha berperan penting dalam menggerakkan poros perekonomian negeri. Makanya pemerintah sangat mendorong para pemuda-pemudi di Indonesia untuk membuka usaha dan tidak mensia-siakan peluang bisnis yang ada. Oleh karena itu, sebelum anda melangkah lebih jauh ke arah yang tidak jelas. Alangkah baiknya jika anda menyempatkan waktu untuk membaca beberapa prinsip-prinsip pengusaha sukses dalam berwirausaha dan berbisnis yang kami simpulkan dari beberapa pendapat pengusaha yang telah berpengalaman: (Baca Juga : Tips Pengusaha - Mengantisipasi Skenario Terburuk)
  • Jangan takut kegagalan. Iya, agak susah memang menghindari kenyataan ini. Sementara kita tidak dapat melihat masa depan. Apakah usaha yang kita buka bakal sukses atau gagal. Tapi, walaupun demikian disinilah ujian pertama bagi calon entrepreneur memutuskan yang akan berdampak pada masa depannya. Para pengusaha berpengalaman selalu mendorong anak muda untuk jangan takut gagal. Kalau gagal, ulagi lagi dari bawah. 
  • Kerja keras. Ingin sukses iya, harus kerja keras. Gemar bekerja keras. Kerja keras yang dimaksud disini adalah mengacu pada proses bekerja dengan tekun, sabar, dan bersedia melakukan banyak hal untuk mencapai kesuksesan. 
  • Kreatif dan Inovatif. Pengusaha dapat bertahan mengikuti arus perekonomian yang sering tidak satu arah memaksa mereka harus kreatif dan inovatif dalam usahanya. Lihat saja contoh perusahaan yang sudah sangat besar, tapi mereka selalu berkreasi dan mengeluarkan produk terbaru yang pastinya mempunyai kelebihan dari sebelumnya. 
  • Fokus (Konsentrasi). Jika sudah memutuskan masuk ke dalam bisnis tertentu, maka fokuskanlah tenaga dan pikiran anda ke usaha tersebut. Khususnya jika dalam tahap pemula, yang benar-benar masih baru memulai. Ada orang yang suka mencoba banyak hal, membuka beberapa bidang jenis usaha yang berbeda. Walaupun ada yang sukses, tapi pada umumnya kebanyakan mengalami kegagalan karena tidak fokus pada satu pekerjaan saja.
  • Bertindak dengan hati-hati dan penuh perhitungan mengambil resiko. Hati-hati bukan berarti anda dipaksa untuk takut mengambil resiko dan akhirnya tidak mau maju kedepan, tidak perlu menghindarinya. Yang perlu dilakukan adalah perhitungkan dengan baik sebelum mengambil keputusan yang tepat, terutama dalam tingkat resiko yang tinggi.
  • Memiliki Pemikiran Optimis. Selalu berpikir positif, bahwa apa yang anda kerjakan tentunya memberikan hal yang baik bagi anda. Pernahkah anda mendengar bahwa pikiran negatif adalah pencuri mimpi. Tetaplah optimis menatap masa depan bisnis anda.
  • Semangat dan, Ambisius Gigih dalam bekerja. saya yakin anda mengerti maksud ini. Sedang dalam hidup saja kita harus semangat, agar penyakit tidak masuk ke dalam tubuh. Demikian juga dengan bisnis, jangan berharap usaha anda bertahan lebih dari 6 bulan jika anda loyo. Ambisi harus kuat untuk mencapai tujuan anda.
  • Konsisten menjaga reputasi dengan baik. Harus konsisten dengan produk atau jasa yang anda, mulai dari kemasan, kualitas, dan lain-lain. AKan lebih baik jika di upgrade. Sehingga konsumen pun semakin percaya. 
  • Belajar dari Pengalaman Orang lain dan Menerima kritikan dan Nasehat. Ketika anda sukses, jangan merasa hebat jika ada orang yang memberikan nasehat kepada anda. Walupun mereka itu bukan pengusaha. Pengalaman orang lain memang belum tentu akan kita alami, tapi setidaknya hal itu dapat sebagai pelajaran untuk menjaga-jaga, setidaknya sebagai tambahan pengetahuan yang suatu hari nanti bisa dibagi pada orang lain. (Baca Juga : 7 Skill Teknologi Harus Dimiliki Pengusaha Sukses )
  • Tidak Suka Menunda pekerjaan. Pengusaha yang sukses selalu menghargai waktu. Menunda pekerjaan berarti membuang uang. Jauhi kebiasaan itu, sebab itu adalah penyakit lama manusia yang susah dibersihkan. 
  • Terus Belajar. Pengetahuan kita harus di upgrade agar dapat menghadapi perkembangan zaman yang setiap waktu bertambah. Jangan cepat puasa dengan apa yang sudah anda dapatkan hari ini. Mungkin besok atau bulan depan itu sudah tidak berfungsi lagi. 

Comments

  1. Prinsip paling penting menurut saya sih harus punya usaha. Percuma juga punya segala yang dibutuhkan untuk jadi pengusaha sukses jika tidak punya usaha sendiri, hehehe...
    Maaf, bercanda... btw, salam kenal dari blogger yang sama-sama mengulas masalah bisnis

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu