Skip to main content

Tips Pengusaha - Mengantisipasi Skenario Terburuk

Pernahkah anda tiba-tiba menemukan sebuah ide bisnis yang sangat bagus? Dengan penuh kegembiraan anda ingin segera menajalankannya, penuh dengan hasrat untuk memulai proses. Dipenuhi dengan antusiasme yang tinggi dan rasa percaya dri yang tinggi membuat anda berpikir satu arah. Walau memang tidak ada yang dapat meramalakan masa depan, dan kita harus selalu optimistis. Walaupun uang bukanlah segalanya, anda harus tetap sadar dan yakin bahwa itu sangat penting sebagai penyangga saat bisnis gagal. Tidak berjalan sesuai rencana. Kita mungkin tidak dapat memproyeksikan setiap krisis yang datang dalam bisnis, tetapi ketika itu terjadi, anda sudah siap dengan peralatan tempur untuk menghadapinya. Mengantisipasi skenario terburuk adalah cara bijak dari seorang pengusaha untuk mengatasi segala hal yang bisa menjadi sebuah masalah dalam bisnis.

Mengatasi krisis dalam bisnis akan membawa anda ke level permainan yang lebih tinggi. Krisis akan mencoba ketangguhan pondasi bisnis anda.Yang memungkinkan anda untuk memperbaikinya dan membuat perjalanan anda semakin mulus. 

Selalu mempersiapkan dri, krisis pasti datang seperti musim hujan setelah musin panas. Setiap bisnis pasti melewati siklus tersebut. Baik bisnis keci, apalagi bisnis paling besar sekalipun. Jangan terlalu sombong berharap bisnis anda akan selalu berjalan mulus. Semakin anda siap, semakin cepat anda keluar dari badai yang datang.
pengusaha sukses, menjadi pengusaha, cara menjadi pengusaha

Kemampuan mengatasi atau mempersiapkan solusi akan memudahkan kita untuk mengendalikan perusahaan ke arah yang benar ketika menghadapi rintangan operasional. Perencanaan menghadapi sejumlah resiko yang akan datang , akan membantu anda mengetahui rencana kontinuitas bisnis yang dipilih. Ingat, semua entrepreneur hebat juga telah berhasil melewati beberapa krisis. 

Jadilah entrepreneur yang hebat dengan menerima semua konsekuensi yang ada dan menerimanya sebagai ujian untuk mempersiapkan anda menghadapi hal yang lebih besar. 

Sumber Inspirasi - Buku Nanz Chong Komo

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena...

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan ...

Apa Itu Usaha Menengah?

Usaha menengah adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perseorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dengan usaha kecil atau usaha besar dengan jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan (Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Bab 1 pasal 1). Usaha kecil menengah juga berfungsi sebagai sarana untuk memeratakan hasil-hasil pembangunan yang telah dicapai. Kewirausahaan dalam menjalankan industri menengah adalah modalnya cukup besar, peralatan dan sarana tempat sudah bagus dan pembagian kerja sudah jelas, tenaga kerja/karyawan berjumlah 20 sampai 100 orang. UKM (Usaha Kecil Menengah) adalah tulang punggung ekonomi Indonesia. Jumlah UKM hingga 2011 mencapai sekitar 52 juta. UKM di Indonesia sangat penting bagi ekonomi karena menyumbang 60% dari PDB dan menampung 97% tenaga kerja.  Baca Juga ...