Skip to main content

Blog Bisnis - Mengapa Perusahaan butuh Blog?

Blog Bisnis - Mengapa Perusahaan butuh Blog?Blog adalah media marketing jangka panjang yang akan membawa anda pada kesuksesan. Blog untuk bisnis adalah perangkat pemasaran yang berguna untuk meningkatkan kunjungan ke webite anda dan mendapatkan kontak calon konsumen potensial. Secara fakta memang blog memiliki manfaat bagi perusahaan, namun masih banyak dari mereka para pelaku usaha yang meremehkannya. Blog bisa menjadi media untuk merepresentasikan profesionalisme seseorang dan membangun kepercayaan calon pelanggan.

Melalui artikel ini, kami mencoba membagikan kepada yang benar-benar memerlukan, manfaat terbesar blog untuk bisnis anda. 

Bisakah blogger digunakan untuk kepentingan promosi bisnis online?

Bisa sangat!

Trus gimana caranya?

Iya, kita buat blog dari blogger. Lalu dijadikan sebagai sarana prasarana pemasaran bisnis online. 

Itu sudah cukup? Pelanggan potensial akan langsung memberi produk kita. Secepat dan semudah itukah? 


Berikut dibawah ini Keuntungan dan langkah-langkah sederhana memanfaatkan blog untuk perusahaan :
  • Keuntungan Pertama : 
Blog Bisnis - Mengapa Perusahaan butuh Blog?Blog memberikan kontribusi yang kuat untuk optimasi website anda. Dengan menulis berbagai artikel lalu menerbitkannya (Tapi bukan sebarangan artikel, disarankan agar sesuai jenis blog usaha anda), halaman itu berkesempatan terindeks oleh mesin pencarian Google. Dengan demikian blog membantu website anda mendapatkan tempat yang lebih baik di hasil pencarian Google diantara pesaing-pesaing anda.
Berikut dibawah ini beberapa cara optimasi sederhana blog;
  • Update Blog secara reguler. Update blog sangatlah penting, disarankan melakukan update minimal dua kali seminggu. Usahakanlah artikelnya yang benar-benar berkualitas, unik, dan bermanfaat bagi banyak orang.
Lakukan Optimasi Kata Kunci yang Sesuai pada artikel anda
Pertimbangkan kata kunci yang tepat yang akan dimasukkan calon pengunjung website di mesin pencari. Buat judul artikel anda dengan menggunakan kata kunci yang sesuai dengan bisnis anda jalankan dan mampu meningkatkan peringkat di mesin pencari
Berikut cara optimasi Kata Kunci ;
  • Pahami apa yang dibutuhkan pengguna mesin pencari. Kira-kira apa yang menyebabkan seseorang menggunakan mesin pencari? Iya, yang pasti jawabannya adalah Informasi. Mereka menggunakan search engine tentu untukecari informasi yang penting bagi mereka. Jadi tugas kita sebagai blogger menyediakan bagi mereka yang butuh informasi. 
  • Bagaimana kita mengetahui informasi yang dibutuhkan pelanggan? Untuk mencari tahu apa yang dibutuhkan pemakai mesin pencari dengan melakukan yang namanya riset kata kunci (keyword). Riset kata kunci adalah proses mencari tahu tentang apa yang dibutuhkan oleh pengguna mesin pencari. Riset kata kunci dapat dilakukan Google Keyword Planner dan Ubersuggest.org
  • Pahami apa yang dibutuhkan oleh Google. Google sangat menyukai konten berkualitas, oleh sebab itu ketika mengoptimalkan SEO (searh engine optimization) kita perlu menulis konten yang berkualitas. Pengguna google dan google sendiri membutuhkan konten yang bagus. Google akan menyuaki website/blog yang bisa menyajikan konten yang dibutuhkan oleh pengguna google. Jadi jika kita ingin google menampilkan website kita di halaman pertama pecarian, tentu harus menyajikan artikel yang bersifat informasi dibutuhkan pengguna google.
  • Keuntungan Kedua : 
Blog untuk bisnis adalah perangkat untuk menunjukkan potensi bisnis anda, dengan membagikan informasi kepada umum berkaitan dengan usaha anda berupa opini , tips dan trik. Hal ini berguna untuk membangun kepercayaan calon konsumen setelah menampilkan keahlian melalui blogger. 

Kita harus mampu memberikan solusi tentang masalah terbesar apa yang dimiliki oleh para pelanggan. Caranya mudah dengan menuliskan daftar-daftar yang kita-kira proble yang sering dijumpai oleh konsumen. Kemudian melalui blogger, bagikan sulosi terhadap masalah-masalah tersebut kepada semua orang secara gratis. 

Menunjukkan keahlian dengan artikel pada blog, akan secara tidak langsung membuat anda mengungguli pesaing-pesaing anda dalam kepercayaan dari pelanggan. Konsumen akan menganggap anda sebagai ahlinya karena selalu tahu cara menyelesaikan masalah mereka. 

Setelah mendapatkan kepercayaan calon pelanggan dari artikel, yakinlah bahwa orang akan memutuskan membeli setelah membaca informasi dari blog bisnis yang dibuat.

  • Blog Sebagai Pemasaran Jangka Panjang
Seharusnya wirausahawan harus sadar betul bahwa memiliki blog didalam website adalah strategi pemasaran jangka panjang. Selain itu bisa diandalkan dalam membangun merek anda. Jangan remehkan kekuatan blog. Blog di dalam website bisnis dapat memberikan kesempatan unik untuk meningkatkan eksposur dan membangun hubungan dengan konsumen, meningkatkan loyalitas merek. Jika belum memulainya, maka segera luncurkan bisnis anda secara online dan capai keuntngan yang lebih besar. (Baca Juga : Tips Cara Membangun Merek Bisnis Yang Kuat)

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu