Skip to main content

Peluang Bisnis Modal Kecil Bagi Pemula

Peluang bisnis selalu tersedia bagi siapapun yang ingin memulai sebuah bisnis. Mulai dari bisnis yang memerlukan modal usaha yang besar sampai bisnis modal usaha paling terkecil. Buat anda yang ingin menekuni kerja sampingan di sela-sela kesibukan tidak ada salahnya jika mencoba ide usaha yang tidak terlalu membutuhkan modal besar. Apalagi jika anda adalah seorang mahasiswa. Terutama mahasiswa perantauan yang berasala dari daerah. Kenapa tidak mencoba menjadikan sesuatu yang berasal dari daerah anda menjadi sebuah ide bisnis yang menguntungkan. Iya, pastinya setiap daerah memiliki produk 'khas' dari daerah yang dapat diangkat menjadi peluang bisnis. 

Jangankan mendapat uang saku, bisa saja bisnis itu besar. Seperti yang sudah kami sebutkan dalam artikel sebelumnya bahwa pengaruh optimis dalam bisnis bagi pengusaha" sangat penting. Jika kita optimis. Kenapa tidak mencoba dengan melakukan survey terlebih dahulu. Membawa produk khas dari daerah anda untuk ditawarkan ke teman-teman kuliah. Seperti makanan khas, aksesoris, souvenir dan lainnya. Namun, untuk menjaga resiko kerugian besar. Alangkah baiknya jika anda mengutamakan produk yang tahan lama. Produk yang memiliki masa kadaluarsa lama. Sehingga resiko dapat diminimalisir.  
Sumber by infopeluangusaha.org

Oh ya! Jangan mengira karena kami memberikan contoh diatas bagi mahasiswa. Cara binis ini juga cocok bagi anda yang sudah bekerja atau berkeluarga di perantauan atau masyarakat daerah itu sendiri. Bisnis itu tidak melihat status atau apapun itu. Siapapun dan dimanapun dapat dilakukan. Apalagi bagi ibu rumah tangga yang tidak bekerja. Yang hanya mengandalkan penghasilan dari suami. 

Melihat banyaknya peluang usaha dan ide-ide bisnis tanpa memerlukan modal besar tampaknya bukan berita baru lagi jaman sekarang. Ide bisnis dengan modal kecil yang sukses pun banyak. Bahkan kisah sukses mereka telah menginspirasi dari berbagai kalangan. Kenapa mereka bisa? Kenapa anda tidak mencoba memikirkannya?

Modalnya besar! Saya yakin ketika anda membaca artikel ini. Anda langsung memikirkan 'darimana modalnya?' Tidak apa-apa. Itu sah-sah saja dan wajar bagi pemula. Terlebih dalam keluarga anda tidak ada pebisnis. Sebelumnya baca dulu yang ini "Pengaruh Optimis Dalam Bisnis Bagi Entrepreneur" Jadi tidak heran kalau anda langsung berpikir ke modal usaha. Padahal sebenarnya modal paling utama saat memulai bisnis adalah optimis dan mempunyai rasa lapar

Jika anda pernah membaca artikel yang menjanjikan usaha tanpa modal dengan membayar sejumlah uang kepada mereka. Apakah itu benar menurut anda? Kadang dengan kalimat tersebut kita mudah percaya tanpa benar-benar menganalisa terlebih dahulu maksud dan tujuan dalam kalimat yang diberikan. 

Pada dasarnya masyarakat yang mudah percaya dengan hal tersebut adalah masyarakat yang ingin cepat mendapatkan penghasilan besar secara instan. Kita berpikir ketika membuka sebuah usaha, yang ada dalam pikiran hanya keuntungan tanpa memikirkan proses. 

Lalu ada tipe orang yang ingin memulai bisnis dengan gengsi. "Pengen loh buka bisnis yang dapat dikerjakan dari rumah atau pengen loh buka usaha yang besar" Kemudian ketika telah mengetahui ide-ide bisnis. Bukannya menerima, malah maunya membuka bisnis besar, sedangkan modal yang dimiliki lebih cukup untuk buka usaha kecil ketimbangkan bisnis besar.

Jadi mungkin akan lebih baik jika bisnis yang sesuai dengan kemampuan. "Baiklah, tapi membuka usaha dengan modal kecil pun tak ada. Trus gimana dong?" 

Sebenarnya banyak peluang bisnis yang diawalnya tak harus membutuhkan modal uang sampai berjuta-juta. Apakah anda tidak memiliki uang sebesar 100 ribu rupiah? Saat ini cukup banyak usaha yang hanya membutuhkan modal usaha tidak sampai rp 100 ribu. Seperti MLM Oriflame yang hanya membutuhkan modal tak sampai rp 50 ribu. Tapi banyak kok dari mereka menghasilkan pendapatan jutaan rupiah perbulan. Akan tetapi dengan "syarat" fokus, tekun, optimis dan lainnya. Contoh lain yang sedang booming saat ini adalah bisnis toko online. Bahkan sekarang kita bisa berjualan tanpa butuh modal uang dan tempat jualan. saya percaya anda sudah tahu apa yang dimaksudkan? Bisnis Affiliasi, dimana kita dapat menjual produk atau jasa milik orang atau suatu instansi tertentu. Maka kita akan mendapatkan komisi dari setiap produk yang kita jual. 

Bagaimana menurut anda? Apakah anda setuju dengan dengan saya sebutkan diatas. Jika ada tambahan silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu