Skip to main content

10 Keterampilan Wirausaha Sukses Yang Harus Dimiliki Saat Membuka Usaha

Keterampilan Wirausaha Sukses - Salah satu hal yang perlu diperhatikan dan menanamkannya ke dalam pola pikir calon pengusaha pemula adalah bahwa kewirausahaan dapat dipraktekkan sehari-hari. Berlatih menjadi pengusaha akan mendorong anda menjadi pengusaha sukses. Dimana setia orang menginginkan sukses sebagai entreprenur. Tapi sangat disayangkan bahwa keinginan besar dan impian tersebut tidak disertai dengan usaha, kerja keras nyata dari setiap individu. Lalu, karena tidak terwujud atau menjadi pengusaha gagal, mereka-mereka itu pun menyalahkan yang pantas disalahkan. 

Mengapa anda ingin menjadi entrepreneur? Seringkali jawaban banyak orang karena ingin menjad sukses atau kaya di atas rata-rata orang kebanyakan. Tanpa pernah berpikir bahwa diperlukan skill untuk menjalan sebuah usaha.

Untuk menjadi seorang pengusaha sukses tentu harus mempunyai keterampilan dan kompetensi dalam menghadapi risiko usaha. Wirausahawan harus mampu menciptakan hal baru, rekatif, dan fleksibel. Bila keterampilan mengelola usaha meningkat, usaha yang dibangun diharapkan memberikan keuntungan. 

Berikut adalah keterampilan-keterampilan seorang wirausaha sukses yang harus dimiliki dalam membuka usaha :
  • Negoisasi
Negoisasi adalah salah satu keterampilan yang perlu dimiliki setiap pengusaha. Anda harus berhasil meningkatkan kesepakatan dengan mitra bisnis, salah satunya melalui kemampuan negoisasi. Kemampuan negoisasi pengusaha bisa dilihat pada aspek keberanian menggali informasi, kesabaran bertahan, keberanian meminta lebih banyak, integritas dan aktivitas sebagai pendengar saat nego. Keterampilan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pelaku bisnis yang tangguh, mengedepankan jiwa wirausahanya. (Baca Juga : Tips Negosiasi Jalan Menuju Sukses)
Negoisasi yang dilakukan oleh para pengusaha melakukan tawar menawar yang berlangsung dengan kesediaan saling memberi dan menerima konsesi diantara negoisator. Sedangka hasil negoisasi yang ingin dicapai, yaitu tercapainya kesepakatan integratif adalah tawar-menawar untuk mencapai win-win solution (Leicki, 2003 : 113 - dr Artikel YUSUF Hamdan, DKK "Kemampuan Negoisasi Pengusaha dalam Meningkatkan Kesepakatan Bisnis) 
wirausaha sukses, pengusaha, entrepreneur, wirausaSementara Menurut Negoisator yang sering bekerjasama, Thomas (2007 : 76) berpendapat "Semakin lama dan dekat hubungan anda, semakin tidak pantas bagi anda untuk memulai dengan penawaran tinggi, dan kepercayaan menggantikan negoisasi.

  • Jaringan Bisnis
buatlah koneksi dengan seseorang yang berpotensi dapat membantu anda dalam bisnis kamu atau sebaliknya. Memang dalam membangun jaringan bisnis pasti ada rasa takut serta penolakan. Anda mungkin bisa berlatih dengan mencoba untuk bersikap ramah kepada orang-orang yang baru sata bertemu. Mengatakan lebih dari biasanya "Haloo..." ke kasir. Bisa juga pada Twitter, menanggapi atau pesan langsung seseorang dan kemudian membawa percakapan ke email. 

  • Menulis
Faktanya adalah menulis sebuah keterampilan yang sangat penting untuk dimiliki sebagai pengusaha. Yang diperlukan untuk menulis rencana bisnis anda. Siapa yang akan mulai mendorong anda keluar untuk menulis konten di blog kamu? Tenu anda dapat menyewa seseorang tapi bagaimana kamu mengetahui konten ditulis dengan baik atau tidak? Jadi berlatihlah, sehari-hari. Menulis diblog pribadi sendiri. Posting tamu pada weblog orang lain. Yakinlah, kualitas tulisan anda akan meningkat dari waktu ke waktu. - Blog Bisnis - Mengapa Perusahaan butuh Blog?

  • Publick Speaking (Berbicara di Depan Umum)
Menurut saya ini yang paling sulit, kelihatannya mudah tapi begitu didepan banyak orang segalanya bisa hilang sekejab. Keterampilan ini sangat penting saat menyuguhkan bisnis ke banyak peserta. Namun, ada bisa melatihnya dengan hal-hal mudah seperti berbicara pada diri sendiri di depan cermin selama 30 menit, berbicara depan keluarga, teman dan ulangi beberapa kali.  Perhatikan kecepatan, nada dan isyarat.

  • Mendelegasikan
Seorang pengusaha sukses perlu mendelegasikan, dan melakukannya dengan baik. Misalnya jika anda seorang blogger, tidak salah menginvestasikan beberapa juta rupiah dengan mendapatkan freelancer untuk menulis 20 artikel untuk anda. Pastikan anda sebagai pemilik usaha tidak ikut turun tangah secara penuh mengurusi pekerjaan yang bisa didelegasikan misalnya membeli tiket, memesan taksi dll. 

  • Kreativitas Inspiratif dan Inovasi
Kemampuan inilah yang akan menjadi seorang pengusaha berbeda dibandingkan pengusaha lainnya. Melihat persaingan yang sangat ketat membuktikan bahwa yang terlambat akan hancur. Inspiratif, mampu menunjukkan sebagai sosok yang penuh inspirasi bagi orang lain terutama mentees

  • Mengelola Keuangan
Saat memulai sebuah bisnis, mungkin anda belum punya cukup orang atau anggaran untuk mempekerjakan seorang akuntan untuk mengelola keuangan usaha kamu. Keterampilan itu sangat diperlukan pencatatan keuangan yang rapi dan teliti, menganalisis untung rugi, alokasi yang akan digunakan investasi kembali. Banyak rencana bisnis yang gagal mencapai target di atas kertas hanya karena penulisan keuangan tak bisa dikalkulasi.

  • Manajemen Waktu dan Pengembangan Sumber Daya Manusia
Sebagai bos atau pemilik usaha anda harus memiliki keterampilan rekrutmen karyawn, pengembangan sumber daya manusia, evaluasi kinerja dan membuat karyawan anda nyaman bekerja pada bisnismu. Juga kemampuan merencanakan, mengatur, mengarahkan, menggerakan (memotivasi), dan mengendalikan orang-orang dalam menjalankan perusahaan.Selain itu, anda juga harus tetap disiplin dalam mengatur waktu agar semua pekerjaan bisa terselesaikan sesuai target bersama. Karena dalam sebuah bisnis, sedikit kesalahan saja bisa mengakibatkan kerugian besar. 

Ditambah dengan rutinitas setiap hari dan segudang pekerjaan. Sebaiknya anda mengetahui mana yang tugas yang lebih diprioritaskan agar jalannya bisnis berjalan lancar. Pintar membagi waktu antara usaha, mitra bisnis maupun bersama keluarga.

  • Marketing dan Penjualan
Tentu anda menyadari saat membuka sebuah usaha, agar bisnis anda dapat berjalan  dan bersaing dengan kompetitor yang gencar berpromosi dan menjual. Jika anda punya anggaran khusus untuk memberikan bagian promosi kepada pihak kedua tetap saja, anda harus mengerti. Maka keterampilan marketing dan sales menjad menu wajib untuk terus dikembangkan karena itu menjadi tombak keberhasilan bisnis. 

  • Mengetahui Strategi
Mengatahui strategi/cara bersaing. Wirausaha, harus dapat mengungkap kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), dan
ancaman (threat) dininya dan pesaing. Ia hanus menggunakan analisis SWOT baik terhadap dininya maupun terhadap pesaing.
  • Komunikatif, kekuatan dalam mengembangkan hubungan dan hubungan dengan orang lain

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu