Skip to main content

8 Cara Untuk Tetap Termotivasi Saat Mendirikan Usaha Baru

8 Cara Untuk Tetap Termotivasi Saat Mendirikan Usaha BaruMotivasi adalah sebuah kunci untuk mempertahankan segala aspek dalam kehidupan agar selalu semangat dan tidak menyia-nyiakan waktu dalam mencapai tujuan pribadi. Tidak bisa dipungkiri ada saatnya dalam kehidupan terjadi namanya down, semangat turun. Sementara tujuan masih jauh di depan mata. Saat mendirikan usaha baru, sulit untuk tetap bisa fokus pada rutinitas sebagai pengusaha baru. Meski demikian, anda harus terus berusaha membuat diri kita tetap termotivasi agar bisa mendapatkan penghasilan yang sesuai harapan. 

Bagi setiap orang tentu berbeda cara mereka membuat dirinya tetap termotivasi dalam menjali kehidupan, terutama dalam memulai sebuah usaha kecil menengah, menjadi blogger, menjadi penulis, sebagai karyawan dan lain-lainnya. Jika anda adalah seorang pemimpin dalam sebuah perusahaan atau pun sebagai seorang karyawan, kita harus memiliki cara tersendiri dalam membuat semangat bekerja terjaga. Jika sebagai seorang pemimpin, sangat diharuskan agar dapat bisa menurunkannya ke pada pegawai-pegawainya. - 3 Cara Tetap Termotivasi untuk Memimpin Bisnis Anda

8 Cara Untuk Tetap Termotivasi Saat Mendirikan Usaha Baru

Berikut adalah 8 Cara Untuk Tetap Termotivasi Saat Mendirikan Usaha Baru :

  • 1) Ubah Desktop Komputer Anda

Kalau saya, sebagai seorang blogger yang sedang dalam proses selalu menatap komputer selama berjam-jam setiap hari, hari demi hari. Tujuan saya adalah mendapatkan 3 dollar per hari. sangat kecil iya, tapi menurutku itu bisa memotivasi setiap hari untuk menyajikan konten-konten fresh dan berkualitas. Kalau untuk dua tahun ke depan, target terbesar adalah mendapatkan 10 juta per bulan. Bagi blogger yang besar tentu itu sangat kecil. 

Maka sebagai alasan agar tetap termotivasi mengejar target tersebut, saya mengganti foto desktop notebookku dengan foto rumah minimalis dan segepok uang. Tentu karena itu dalam dua tahun ke depan harus sudah terpenuhi. 

Melihatnya sehari-hari akan memaksa kita untuk berpikir terus untuk mewujudkannya, dimana pun dan kapan pun. Kadang saja ide-ide baru akan muncul setelah melihat gambar itu. Tapi saya tidak meletakkan gambar Ferari di dekstopku karena itu tidak membuatku termotivasi. 

  • 2) Melakukan Sesuatu Yang Menyenangkan Di Tengah-tengah Minggu Kerja
Ada yang bilang saat memulai bisnis baru, harus bekerja keras. Tapi bukan berarti dalam satu minggu itu anda lahap untuk bekerja tanpa istirahat. Ambillah satu hari dalam seminggu untuk melakukan sesuatu yang menyenangkan. Buatlah jadwal hari yang menyenangkan seperti pergi untuk mendaki, minum kopi atau bir pada siang hari, pergi memancing, menonton film dan apa pun yang benar-benar anda nikmati.

Kemudian hari berikutnya di tempat kerja, gunakan hari itu sebagai motivasi. Ketika anda bekerja untuk anda sendiri, anda dapat melakukannya kapanpun yang anda inginkan. Salah satu cara terbaik untuk tetap termotivasi adalah untuk mengalami apa yang anda capai.

  • 3) Membuat Pencapaian Mulai dari Yang Kecil
Awal ketika memulai sebuah bisnis, salah satu kesalahan terbesar seseorang yang saya perhatikan adalah orang-orang yang memiliki tujuan yang terlalu tinggi.

Seperti yang saya tulis di atas, tujuan kecil saya adalah mendapatkan penghasilan dari blog hanya 3 dollar saja per hari. Tapi ada orang saat baru memulai blogging, membuat target pencapaian $3000 per bulan, itu bagus, tapi kalau itu hanya tujuan utama, anda bisa kacau. Itu tidak bisa terjadi dalam semalam. 

Menurut saya akan lebih bagus jika anda memiliki 5-10 tujuan yang lebih kecil untuk setiap tujuan mulia, sebelum membuat kemajuan yang lebih besar, dan hal itu akan menjauhkan anda dari rasa frustasi. 

  • 4) Memutar Lagu yang Mendorong Semangat Anda
Saya yakin setiap orang mempunyai daftar lagu yang membuatnya merasa termotivasi atau semangatnya terpompa. Tapi kalau saat ini belum ada, tentu saja anda harus memilikinya. Membuat daftar putar dari semua lagu-lagu. Saya sendiri memiliki beberapa lagu, yang membuat pikiran tenang ketika menulis artikel. Saya pikir itu ada hubungannya dengan faktar sebagian besar musik adalah menyenangkan dan itu memotivasi untuk melakukan apa pun.

  • 5) Melalukan Sesuatu yang Baik Untuk Seseorang
Rasanya senang sekali, ketika melihat seseorang senang atas apa yang kita lakukan terhadapnya. Mungkin berupa bantuan kecil. Seperti menghabiskan waktu untuk berjalan dengan seseorang. Membantu bisnis teman, mungkin tampak aneh. Namun, menjadi murah hati bisa sebagai hadiah bagi orang lain.

  • 6) Menulis Daftar Pencapaian dan Belum Dicapai
Ada teman yang selalu membawa catatan kecil di kantonya. Saya pikir itu untuk membahas togel, ternyata salah besar. Rupanya ia selalu menulis pekerjaan yang harus dilakukan setiap hari, dan pencapaiannya. Lalu ia juga akan mencari tahu apa yang membuat beberapa pekerjaan dalam daftar tidak tercapai. Memiliki daftar nyata dari semua hal keren yang ingin anda lakukan dalam hidup adalah hal yang sangat kuat. - 7 Cara Tetap Fokus Pada Impian Anda

  • 7) Membuat File Masa Depan
File masa depan? Mungkin anda akan bertanya apa itu? Saya selalu berpikir dalam lima tahun kedepan seperti apa hidupku? Apakah ada tempat-tempat eksotis yang ingin anda tuju dalam 5 tahun ke depan. Iya, lima tahun ke depan tentu ingin liburan ke beberapa tempat yang menurutku itu wajib bagi saya.

Maka saya pun menempatkan gambar-gambar yang ingin saya miliki di masa depan dalam satu file. Demikian juga dengan bisnis, bagaimana bisnis anda terlihat di masa depan. Jadi kapan saja anda merasa down, kembali ke file dan mengahabiskan waktu melihat segala sesuatu di sana.

  • 8) Membaca Biografi
Membaca biografi pengusaha sukses sebenarnya sering dilakukan oleh orang, tapi tanpa tindakan itu tak akan terjadi. Anda dapat belajar beberapa hal yang dapat diterapkan untuk bisnis, tapi ingat itu tidak selalu mudah bagi anda, dan bisa saja anda memiliki kesamaan dengan mereka.  

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu