Skip to main content

Apa itu Usaha Kecil? Apa itu Usaha Menengah - Jenis Bisnis Menguntungkan dan Paling Laris

Apa itu Usaha Kecil? Apa itu Usaha Menengah dan Jenis Bisnis Menguntungkan dan Paling LarisUsaha kecil adalah usaha yang dibangun dengan skala kecil, modal kecil dan cakupan pasar kecil. Tapi melihat kesempatan besar dengan adanya fasilitas teknologi yang semakin canggih membuat usaha kecil menengah bisa memberikan penghasilan cukup besar. Bahkan saat ini, usaha kecil menengah sedang trend bagi pemuda pemudi tanah air. Bisnis kecil pun laris manis dibuka oleh siapa pun. Selain karena modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar, usaha ini pun dapat dikerjakan secara flesible. 

Tapi bukan berarti usaha kecil tidak bisa berkembang menjadi perusahaan yang besar pada suatu hari nanti. Hanya butuh proses dan waktu. 

Sesuai dengan Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2008  tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Usaha kecil adalah  usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau bukan cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dari usaha menengah atau usaha besar yang memenuhi kriteria Usaha Kecil sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang ini.

Baca Juga3 Usaha Kecil dan Menengah Yang Menguntungkan Paling Laris

Assetnya berkisar mulai > 50 juta - 500 Juta dan Omzetnya > 300 Juta - 2,5 Miliar

Sedangkan........

Usaha menengah adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perseorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dengan Usaha Kecil atau usaha besar dengan jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini.

Assetnya berkisar > 500 Juta - 10 Miliar dengan Omzetnya > 2,5 Miliar - 50 Milliar

Program usaha kecil menjadi salah satu harapan sebuah Negara yang bisa membantu mengurangi permasalahan ekonomi di Indonesia. Pemerintah sendiri pun sangat mendorong para pemuda untuk berwirausaha. Bahkan pemerintah melalui lembaga keuangan memberikan fasilitas-fasilitas bagi para pengusaha pemula (startups) seperti kemudahan dalam meminjam untuk tambahan modal usaha. - Usaha Kecil dan Startups: 5 Sifat Kepemimpinan

Mereka juga menyediakan lokasi berjualan dan memberikan training-training tentang entrepreneur dan pengembangan diri. Sebagian Lembaga Keuangan memberikan secara cuma-cuma demi mendorong para anak-anak muda yang memiliki niat dan cita-cita tinggi untuk dapat menjadi pengusaha sukses. 

Walau memang kalau dilihat dari pola pikir para anak muda-mudi di Indonesia yang masih takut beranjak dari zona amannya. Selain itu pemikiran yang masih lebih besar menjadi Pegawai Negeri Sipil dengan alasan fasilitas yang disediakan oleh negara, dan pekerjaan yang tidak terlalu penuh dengan tekanan tinggi seperti perusahaan swasta. Dan peluang dipecat atau jabatan diturunkan kecil dibandingkan bekerja sebagai karyawan di perusahaan swasta. 

Sehingga wajar pola pikir dan prinsip menjadi pegawai negeri sipil masih menjadi pilihan prioritas utama bagi setiap pemuda pemudi di Negara ini. 

Namun, sebelum memulai usaha kecil anda sendiri. Alangkah baiknya jika anda melihat ke diri sendiri apakah anda ;
  • Seorang yang tidak sombong dan tentu baik hati
  • Seorang yang kreatif 
  • Seorang yang inovatif
  • Seorang pekerja keras
  • Seorang yang dapat mengatur keuangan (Manajemen Keuangan)
  • dan Keberuntungan
Banyak usaha kecil menengah yang menguntungkan dan paling laris yang dapat anda buka di tahun ini atau mungkin di tahun 2016 yang akan datang. Sementara anda masih siap-siap mempersiapkan segala hal yang berhubungan dengan jenis bisnis yang akan anda buka. Bisnis kecil yang sukses pada tahun 2015 ini pun banyak berhasil dan terbukti dapat bangkit walaupun dengan biaya yang cukup kecil, yang penting benar-benar dilakukan dengan tekun, niat baik, kemauan yang tinggi dan kerja keras.


usaha kecil, usaha kecil menengah, pengusaha sukses, bisnis kecil

Berikut adalah beberapa jenis usaha kecil menengah yang cukup menjanjikan, dan bahkan beberapa diantaranya bisa dijalankan dengan modal kecil.
  • 1) Usaha Kecil Menengah di Bidang Kuliner
Ingat, makanan adalah kebutuhan paling pokok manusia di seluruh dunia yang tak bisa lepas dari kehidupan anda. Jadi bisnis kuliner akan tetap ada, usaha menguntungkan dan akan selalu laris sepanjang masa. Untuk contohnya, saya yakin anda sudah tahu jenis-jenis usaha kuliner yang cocok untuk anda dengan modal usaha yang mungkin dibawah 5 juta.

  • 2) Usaha Kecil Menengah di Bidang Fashion
Setelah makanan, manusia pun tentu harus butuh pakaian. Jadi usaha ini pun akan selalu diikuti dengan kesempatan sukses. Pakaian adalah kebutuhan sekunder manusia, dimana kita tak bisa bergerak tanpa pakaian dan model pakaian pun setiap waktu akan berubah.

  • 3) Usaha Kecil Menengah di Bidang Teknologi
Saat ini, apa pun bisa dijual dan dibeli melalui Internet. Satu lagi, modal yang dibutuhkan pun tidak lagi sebesar beberapa puluh tahun yang lalu. Tapi saat ini, membuat sebuah website toko online pun sudah bisa dengan biaya dibawah 5 juta rupiah. Dan untuk contoh usaha di Internet banyak yang bisa dipilih dan mudah dilakukan.

  • 4) Usaha Kecil Menengah di Bidang Pendidikan
Pendidikan akan selalu ada dan penting bagi kehidupan setiap geneari sebuah negara. Jenis usaha ini bisa dilakukan seperti menjadi guru privat dan lainnya.

  • 5) Usaha Kecil Menengah di Bidang Otomotif
Perkembangan dunia otomotif mengalami pertumbuhan yang sangat pesat, terlihat dari banyaknya mobil dan motor yang terjual setiap tahun. Ditambah lagi kemacetan setiap hari di jalanan. Membutuhkan jasa bengkel, spare part, jasa cuci motor/mobil dan menjual perlengkapan otomotif untuk motor dan mobil.

Bagi anda yang sedang mempersiapka diri untuk membuka sebuah usaha kecil dalam waktu dekat ini, mungkin beberapa bidang bisnis tersebut dapat menjadi refrensi bagi anda dalam memilih bisnis yang tepat.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu