Skip to main content

Usaha Kecil dan Startups: 5 Sifat Kepemimpinan

Usaha Kecil dan Startups: 5 Sifat Kepemimpinan - Apa itu seorang manajer? Apa itu pemimpin? Dalam konteks usaha kecil dan startups adalah dua makhluk yang berbeda tapi selalu digabung menjadi satu. Dalam dunia perusahaan besar keduanya jelas sangat berbeda. Manager adalah orang yang harus mampu membuat orang-orang dalam organisasi dari berbagai karakteristik, latar belakang budaya, akan tetapi memiliki ciri yang sesuai dengan mencapai tujuan organisasi. Namun, dalam dunia usaha kecil dan pemula, manajer besar juga harus menjadi pemimpin besar.   (Baca Juga : 11 Prinsip Menjadi Pengusaha Sukses)


Usaha Kecil dan Startups: 5 Sifat Kepemimpinan

Berikut adalah lima sifat kepemimpinan yang kami anggap paling penting untuk keberhasilan pemimpin usaha kecil menengah dan besar :
  • 1) Jujur: Transparansi, keterbukaan, dan kesediaan untuk berbagi adalah ciri utama bagi seorang pemimpin usaha kecil yang efektif. Nilai-nilai kejujuran harus meresap dalam bisnis kecil dan dibagikan pada semua orang terutama bagi pelanggan. Banyak orang yang berkata, bahwa orang baik itu banyak tapi orang jujur itu sedikit. Kejujuran itu berarti dapat dipercaya, setia adil dan tulus. 
  • 2) Memiliki Kemampuan Komunikasi yang Unggul : Ini benar-benar kewajiban untuk manajer atau pemimpin agar menjadi komunikator yang hebat. Harapan ditetapkan dan pedoman di definisikan melalui kemampuan komunikasi yang kuat, baik lisan maupun tulisan. Bagaimana tim anda memahami apa yang diharapkan dari mereka kecuali timbal balik yang jelas dan kejujuran ditawarkan secara konsisten? Ketika karyawan memiliki kekhawatiran, pemimpin perlu kemampuan untuk mendengarkan dan menanggapi. 
  • 3) Bertanggung Jawab : Manajer dan pemimpin jangan ragu untuk mengambil tanggung jawab atas tindakan mereka dan untuk hasil, entah itu adalah keberhasilan, kegagalan, kesalahan atau kemenangan. Dengan konsisten dan terus menerus mengambil tanggung jawab, anda menetapkan harapan yang tinggi sambil mempengaruhi perubahan positif. Berbagi dalam keberhasilan daripada selalu menyalahkan adalah strategi besar untuk membangun tim yang kuat. 
  • 4) Bekerja sama secara bebas dan Sukarela : Ada beberapa elemen untuk kolaborasi dari setiap manager-pemimpin harus memperhatikan dan praktek. Kolaborasi besar yang paling selalu melibatkan unsur delegasi. Bagian penting dari kepemimpinan adalah memahami bahwa anggota tim lainnya harus bekerja dengan cara mereka belajar sendiri dan memiliki pemasukan bersama dengan kemampuan untuk berhasil atau gagal. Membangun tim dimulai melalui pertumbuhan dan perkembangan masing-masing individu dan tanpa empati.
  • 5) Menampilkan Gairah : Kepemimpinan besar harus inspiratif. Komitmen yang jelas harus selalu tampak jelas, dan campuran terlihat antusiasme dan keinginan akan menginspirasi yang sama pada orang di sekitar anda. Gairah membawa perspektif dengan selalu mengekspresikan komitmen dan kerja keras adalah manifestasi dari semangat itu. Memberi contoh melalui gairah anda sendiri dan menggunakannya untuk menyalahkan energi dan semangat dalam tim anda. 

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena...

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan ...

Apa Itu Usaha Menengah?

Usaha menengah adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perseorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dengan usaha kecil atau usaha besar dengan jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan (Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Bab 1 pasal 1). Usaha kecil menengah juga berfungsi sebagai sarana untuk memeratakan hasil-hasil pembangunan yang telah dicapai. Kewirausahaan dalam menjalankan industri menengah adalah modalnya cukup besar, peralatan dan sarana tempat sudah bagus dan pembagian kerja sudah jelas, tenaga kerja/karyawan berjumlah 20 sampai 100 orang. UKM (Usaha Kecil Menengah) adalah tulang punggung ekonomi Indonesia. Jumlah UKM hingga 2011 mencapai sekitar 52 juta. UKM di Indonesia sangat penting bagi ekonomi karena menyumbang 60% dari PDB dan menampung 97% tenaga kerja.  Baca Juga ...