Skip to main content

Inilah Alat dalam Strategi Pemasaran Media Sosial Agar Lebih Efektif

Inilah Alat dalam Strategi Pemasaran Media Sosial Agar Lebih Efektif - Strategi pemasaran media sosial memang menjadi media paling populer dan banyak dipergunakan oleh berbagai kalangan untuk mendapatkan trafik, pengunjung, calon pembeli lebih banyak. Menciptakan "gebrakan (buzz)" di seluruh produk, jasa, bisnis atau suatu peristiwa merupakan persyaratan dari semua yang di inginkan klien. Tidak ada tongkat sihir (wand) dalam pemasaran media sosial bahwa seseorang akan melambaikan tangan dan target audiens secara otomatis akan mulai datang ke situs Anda. Dan pemasaran untuk satu merek mungkin tidak bekerja bagi orang lain. Klien itu selalu suka melihat dan tertarik dengan sesuatu yang dapat menarik perhatiannya. Sering kita lihat persaingan dalam beberapa perusahaan yang menjual produk yang sama. Tapi dengan strategi pemasaran media sosial yang baik, satu perusahaan akan dapat tampil nomor satu dari pesaingnya

Inilah Alat dalam Strategi Pemasaran Media Sosial Agar Lebih Efektif, bisnis online, marketing online

Proses menciptakan buzz tidak dimulai dari membuat Blog atau membuat video, itu adalah strategi media sosial yang meliputi jejaring sosial dan kata-dari mulut marketing. Kami telah mengumpulkan daftar alat media sosial yang digunakan perusahaan untuk membangun media sosial  yang dicampur dengan pemasaran mereka.
  • Blog
Blog telah menjadi alat yang hebat untuk pemasaran jejaring sosial. Pertama karena, jika dioptimalkan dengan benar, mereka dapat digunakan untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web. Sebuah blog yang baik akan membantu dalam menciptakan link internal, konten segar, komunitas yang aktif, atau banyak lalu lintas mesin non-pencari. Contoh blog populer di mana Anda dapat membuat account adalah:
  1. WordPress
  2. Blog.com
  3. Bloggers.com
  4. Typepad, dll

  • Microblogging

Seperti blog, mikroblog menawarkan kesempatan besar untuk promosi bisnis. Yang baik melalui konsistensi konten dan optimasi yang baik. Salah satu yang paling sering digunakan adalah Twitter.
  • Video online
Pentingnya video online telah meningkat pesat selama beberapa tahun terakhir. Video online pun banyak dipergunakan untuk video tutorial dan produk yang akan dijual atau membagikan tips-tips yang membantu costumen menggunakan produknya. Situs berbagi video populer termasuk YouTube dan Vimeo.
  • Photosharing
Media sosial adalah semua tentang berbagi! Oleh karena itu, ada banyak platform yang memungkinkan berbagi foto dengan teman-teman Anda. Beberapa dari mereka adalah: Flickr.com, Memeo.com, dan Photobucket.com.

  • Podcasting
Podcasting adalah bagian dari alat-alat media baru yang ditawarkan kepada kedua mempromosikan merek Anda dan produk / jasa.

  • Berbagi presentasi (Presentation Sharing)
Banyak cara lain untuk memasukkan nama merek Anda menjadi sorotan adalah dengan menawarkan presentasi tentang topik yang menarik untuk audiens Anda melalui berbagi presentasi website. Mereka semakin mulai populer saat ini. Beberapa dari mereka adalah:
  1. SlideShare.net
  2. MyPlick.com
  3. Scribd.com

  • Jaringan Sosial: Aplikasi, Fan Pages, Groups, dan Personalities
Jaringan sosial adalah tempat untuk menyajikan dan mempromosikan diri serta untuk tetap berhubungan dengan audiens yang ditargetkan

  • Crowd Sourcing / Voting
Crowdsourcing adalah model yang efektif karena dapat digunakan untuk program pengembangan, upaya pemasaran, penelitian, dan pendidikan. Misalnya Dell telah menggunakan Crowdsourcing sebagai pemecahan masalah dan model produksi terdistribusi dan telah mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi mereka.

  • Bookmarking / Tagging
Bookmark sosial adalah sebuah metode bagi pengguna internet untuk berbagi, mengatur, pencarian, dan mengelola bookmark dari sumber daya web. Contoh situs social bookmarking populer:
  1. Lintas.me
  2. Vivalog
  3. delicious.com
  4. Digg
  5. Diigo

  • Forum Diskusi dan Forum
Forum online adalah cara yang bagus untuk memasarkan produk / jasa dan berinteraksi dengan para profesional lain atau audiens Anda. Terlibat audiens Anda di forum sesuai pasar Anda dapat membawa nilai yang tinggi ke situs Anda dan merek juga.

  • 11. Konten Penggabungan (Content Aggregation)
Agregasi konten menawarkan Anda kesempatan untuk membawa semua berita dan feed di seluruh komunitas online Anda account di satu tempat. Ada yang bilang ini adalah masa depan jejaring sosial. Berikut adalah beberapa situs agregasi konten:
  1. Bloglines
  2. FriendFeed
  3. Lifestream.fm
  4. Lijit
  5. Fark
  6. MyBlogLog

  • Pemantauan merek
Media sosial juga menawarkan berbagai alat yang membantu bisnis memahami posisi merek mereka. Contoh yang populer adalah:
  1. Buzzlogic
  2. Radian6
  3. ReputationDefender
  • Peringkat dan Ulasan
Cara terbaik untuk mencari tahu di mana situs Anda berdiri atau bagaimana merek Anda dirasakan oleh orang lain adalah melalui peringkat dan ulasan. Lihat Yelp, atau GetSatisfaction.

  • Widget
Bagi mereka yang berusaha untuk mempromosikan merek mereka sendiri, masih dapat membuat lencana (badges) pribadi, menggunakan widget yang menarik di Facebook, Twitter, dan jaringan lain atau dengan hanya menggunakan WidgetBox

  • Wiki
Wiki adalah ensiklopedia online. Berikut adalah daftar pendek dari wiki:
  1. Wikipedia.org
  2. Citizendium.org
  3. AboutUs.org
  4. Pbwiki
  5. PBworks.com
  6. Wetpaint.com

Seiring dengan semua cara-cara baru untuk menerbitkan konten Anda di situs jaringan, penting untuk mempublikasikan artikel Anda di situs penerbitan seperti EzineArticles, eHow, Google Docs (docs.google.com), IdeaMarketers, Yahoo Artikel Group (groups.yahoo.com ) dan menyerahkan press release di situs khusus penting seperti i-Newswire, PR.com, PressReleasePoint, dan PRLog.org.

Social Media Marketing bisa sangat membingungkan pada waktu. Ada banyak jaringan dan saluran yang dapat dipilih. Membuat kehadiran di semua saluran sangat memakan waktu dan secara acak (randomly) memilih jaringan bukan strategi media sosial yang baik waktu. Perusahaan yang berjuang untuk memahami apakah marketing mix (campuran) jejaring sosial yang harus mereka gunakan untuk membuat merek mereka sukses di dunia online.

Baca Juga : 

Kami menyarankan penting untuk mengidentifikasi saluran yang cocok untuk bisnis Anda tergantung pada audiens target Anda. Bisnis harus merencanakan strategi pemasaran online langkah-demi-langkah dan bertukar pikiran ide-ide (brainstorm) dengan agen pemasaran online mereka yang akan bekerja sama untuk produk / layanan.

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu