Skip to main content

Cara Menjadi Entrepreneur Sukses? Awal Menjadi Blogger

Cara menjadi entrepreneur sukses? Banyak cara menjadi seorang entrepreneur yang sukses. Misalnya mengawali menjadi seorang blogger. Melihat banyak orang yang sukses sebagai pengusaha di usia muda. Dapat membangkitkan jiwa muda untuk ikut terlibat di dalamnya. Termasuk saya sendiri. Saat ini, umur saya di bulan juli mendatang akan akan genap 30 tahun. Tapi hingga sekarang, saya selalu hidup dalam ketidak pastian. Saat dua tahun yang lalu saya memutuskan menikah seorang gadis cantik yang telah selama 2 tahun kami pacaran. Hingga sekarang mungkin ada perubahan dalam keluarga kecil kami ini. Walaupun sampai sekarang kami belum dipercaya oleh Tuhan menjadi orang tua. Tapi kami tidak pernah berhenti berusaha dan berdoa, sekiranya kami sudah siap bila Tuhan memberikan anak kepada kami. 

Semenjak menikah, saya pernah bekerja dalam sebuah perusahaan. Boleh dibilang masih perusahaan yang cukup baru. Dalam perusahaan tersebut saya belajar banyak tentang bekerja. Bagaimana bekerja, bagaimana tekanan yang kita dapat dari perusahaan dan bagaimana rasanya tidak dianggap. Mungkin anda juga pernah merasakan bekerja keras melebihi jam kerja tapi hasil yang kita dapat itu-itu saja. Malah saat anda  sendiri sedang merasa down, tapi malah dianggap tidak dapat mengikuti jalannya perusahaan. Pekerjaa bertambah, tapi penghasilan tetap begitu saja. 

Mungkin begitulah dunia kerja. Walaupun keadaannya tidak sama dalam semua perusahaan. Seperti teman yang bekerja dalam sebuah perusahaan swasta juga. Jam kerja masuk sama, jam pulang pun tepat pada waktu yang ditentukan oleh perusahaan itu sendiri. Belum lagi fasilitas yang di dapatkan.

Tapi itu bukan masalah yang harus kita bahas dan kita selesaikan disini. Karena tentu hal itu tidak memiliki jawaban yang pasti. Mungkin yang dapat kita lakukan adalah mencari yang lebih baik. Mencari perusahaan yang dapat memberikan kenyamanan dalam hal salary, fasilitas dan lainnya. Jadi kuncinya ada pada diri sendiri. Jika ingin mendapatkan yang lebih, ia harus belajar lebih giat agar dapat bekerja di perusahaan yang di inginkan. 

Saya melihat dari pengalaman sendiri dan pengalaman orang bekerja pada perusahaan tidak selalu sama. Pasti ada saja hal yang membedakan, yang kadang membuat kita jadi tidak fokus dan selalu merasa di tempat kerja kita serba kurang. Kenapa hal itu terjadi? Karena setiap manusia itu tidak pernah puas. Kita juga sangat susah bersyukur atas apa yang kita dapatkan. 

Maka setelah saya keluar dari perusahaan terakhir. Saya memutuskan untuk menjadi entrepreneur. saya lalu membuka google dan mencari cara sukses menjadi entrepreneur? Membaca motivasi dan kisah-kisah orang sukses. Bagaimana mereka membuka usaha dengan modal yang kecil? Apa saja yang dibutuhkan dalam membuka usaha?

Nah, inilah hambatan saya. Mungkin semua orang pernah mengalaminya. Saya terkendala di "Modal". Modal awal yang harus dibutuhkan  untuk membuka sebuah usaha. Sepertinya usaha apapun saya perhatikan harus membutuhkan modal. Sementara waktu itu uang yang kami miliki sekalipun gaji berdua dikumpulkan tetap saja tidak cukup. Maka saat itu juga keinginan untuk membuka usaha harus hilang seketika. Sebenarnya dalam beberapa kali kesempatan , saya pernah menemui teman dan mengajak untuk membuka usaha patungan. Tapi sepertinya gayung tidak bersambut. 

Maka ketika itu pun saya teringat dengan blogpsot. Bagaimana cara menghasilkan uang dari blog. Sebab, sejujurnya hal ini sudah pernah saya pelajari sewaktu bekerja jaga warnet. Saya masih ingat waktu itu, beberapa kali membuat blog, mengisinya dengan artikel lalu mendaftarkan ke google adsense. Tapi berapa banyak blog yang saya buat tetap saja tidak berhasil. Hingga pada titik tertentu, menyerah pada keadaan tanpa belajar dari kegagalan. Menurutku saya sangat bodoh. Kenapa saya harus berhenti bukannya semangat belajar dari kegagalan. 

Lalu, setelah resmi keluar dari pekerjaan. Saya memutuskan belajar dengan benar tentang blogger. Bagaimana membuat artikel yang benar agar diterima menjadi publisher. Selama 3 bulan saya mengurung diri dirumah sambil kirim lamaran kerja dari internet. Setiap hari saya menghabiskan waktu lebih dari 10 jam ngeblog. Bahkan sampai istri saya sendiri setiap hari pusing melihat suaminya hanya duduk di depan laptop. Apalagi waktu sudah berjalan lebih 3 bulan. Tetap saja tidak ada perusahaan yang mau menerima saya bekerja. Apa karena saya waktu itu lebih fokus pada blog? entahlah. Tapi saya merasa mungkin karena itu. Komitmen saya harus dapat gajian setiap bulan dari Internet. 

Maka singkat cerita, bulan ke empat blog saya diterima menjadi publisher google adsense. Saya sangat senang sekali. Tapi rupanya itu baru awal. Kerja kerasa, fokus dan komitmen yang lebih tinggi sangat dibutuhkan. Bahkan 2 kali lebih dari yang saya lakukan sebelumnya. Sehingga jadilah melakukannya dengan giat. Membuat artikel yang unik. Sehari-hari minimal 2 postingan. Memang ada sedikit kemajuan, hari bertambah hari dollar saya dapatkan bertambah. Hingga masuk bulan ketiga, minimum gajian dari google adsense tiba. Saya masih ingat waktu itu dollar yang terkumpul $111, 84. Rasanya sangat senang, apalagi ketika itu kami membutuhkan banyak uang untuk kontrakan sebesar  6 juta rupiah. 

Kalian tahu, bagaimana wajah istriku melihat blog yang saya kerjakan setiap hari dapat menghasilkan uang. Barulah seketika itu dia mulai percaya bahwa apa yang saya kerjakan ternyata dapat membantu keuangan keluarga kami. Hingga pada saat ini, semoga juga usaha online ini terus berlanjut dan bahkan 2 kali lipat dari yang saya dapat sekarang.

Makanya, saya pun berkomitmen. Biarlah saya selama lima tahun ini susah dengan membuat blog yang cukup banyak. Setidaknya setelah lima tahun kedepan, semua blog yang saya buat ini dapat memberikan dollar tiap bulan. Setidaknya sebelum saya dapat membuat satu blog yang banyak pengunjungnya. Saya akan berusaha membuat banyak blog. 

Tapi bukan berarti saya menyerah membuat blog yang banyak pengunjungnya. Setidaknya sebelum kesana, sambil belajar. Membuat banyak blog dapat mendorong saya untuk lebih tekun. Karena saya sudah membuktikan sendiri, hasil dari ketekukan, dan kerja keras. 

Ayo, mari menjadi entrepreneur yang pintar dan cerdas!!!

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu