Skip to main content

Ide Sederhana Memulai Bisnis Anda Sendiri

Ide Sederhana Memulai Bisnis Anda Sendiri - ide atau gagasan bisnis adalah rancangan tentang bisnis yang tersusun di pikiran. Ide itu selalu ada muncul dalam kepala. Apalagi ide untuk memulai bisnis sendiri. Namun kadang cara mewujudkan ide tersebut kita tidak tahu cara memulainya, sehingga ide tetaplah ide yang tak pernah menjadi kenyataan. 

Apakah anda mencari cara untuk memulai bisnis tetapi tidak tahu harus mulai dari mana? Nah, kabar baik bagi anda yang mempunyai ide-ide bisnis. Seringkali ide bisnis terbaik melotot anda langsung di wajah dan mungkin anda tidak menyadari hal itu. Anda tidak perlu menjadi seorang lulusan UI (Universitas Indonesia) atau seorang jenius untuk mengubah ide itu menjadi bisnis yang sukses. Anda hanya harus mampu mengidentifikasi masalah dan menemukan cara untuk memecahkan mereka atau mencari cara untuk mengubah hobi atau minat menjadi peluang usaha.

Mari kita lihat beberapa cara untuk dapat memulai bisnis :
  • Lakukan Apa Yang Kamu Sukai
Jika anda bersemangat tentang sesuatu, anda lebih mungkin untuk berhasil di balik gairah yang menjadi sebuah usaha. Gairahmu akan membawa anda berdedikasi, berpengetahuan, kreatif, dan gigih. Jadi, berpikir serius tentang apa yang anda sukai.

  • Jangan Menciptakan Yang Baru
Sangat jarang bahwa anda akan dapat mengembangkan konsep atau produk yang benar-benar sangat baru. Sebaliknya, fokus pada ide yang sudah ada. Sebuah contoh mungkin akan lebih baik jika menemukan cara baru dalam memasarkan produk yang biasa. Misalnya Usaha Toko Bunga, telah ada selama bertahun-tahun, tetapi sekarang ada bisnis yang mengkhususkan diri dimana pelanggan dimungkinkan untuk memesan bunga secara online. Kuncinya di sini adalah untuk berpikir tentang apa yang orang ingin beli dan bagaimana mereka ingin membelinya dan bentuk model bisnis apa yang tepat. (Baca Juga7 Aturan Briliant Bisnis Startup dari Mark Cuban)
Ide Sederhana Memulai Bisnis Anda Sendiri
  • Membosankan
Kadang-kadang membosankan adalah yang terbaik. Banyak orang telah menciptakan bisnis yang sukses dengan menawarkan layanan keseharian yang biasa dilakukan atau membosankan. Seperti cuci jendela, membawa anjing berjalan, membersihkan rumah, pemasangan pipa, dan itu hanya beberapa contoh. Kunci untuk menghasilkan keuntungan dengan layanan membosankan itu untuk menawarkan mereka bahwa pelanggan tidak bisa melakukannya, tidak akan melakukan, tidak punya waktu untuk melakukan, atau tidak dapat melakukan dari tempat lain.

  • Lihatlah Ke Hobi Anda
Apakah anda seorang tukang roti yang besar? Mungkin orang jenis dalam perencanaan pesta ulang tahun anak-anak? Mencari cara untuk mengubah hobi mereka atau keterampilan menjadi bisnis. Mungkin anda dapat menjual produk anda dipanggang untuk restoran atau toko roti, atau anda bisa menawarkan jasa perencanaan pesta kepada orang lain.

  • Mengajar
Jika anda memiliki keterampilan yang mungkin orang lain untuk belajar, mengapa tidak menawarkan untuk mengajari mereka (tentu dengan biaya)? Anda bahkan dapat membuat beberapa uang ekstra dengan menjual bahan simpanan yang mungkin cocok untuk siswa, dimana siswa mungkin perlu untuk menyelesaikan kursus. Bahkan lebih baik lagi, mengubah keterampilan anda dan bahan ke dalam buku atau program komputer yang dapat diproduksi massa dan menjual ke khalayak yang lebih besar. Jika keterampilan atau keahlian yang lebih berorientasi pada bisnis, pertimbangkan untuk menawarkan layanan anda kepada perusahaan atau korporasi untuk biaya per jam.
  • Membeli Sebuah Bisnis
Anda dapat melewatkan sakit kepala memulai bisnis dari nol dan membeli bisnis yang sudah berjalan. Dengan cara ini, anda harus menghindari mencari dan melatih karyawan, membangun basis pelanggan, dan mencari pemasok. Banyak infrastruktur yang harus sudah berada di tempat. pastikan bahwa anda mencari tahu mengapa pemilik menjual. Juga, melakukan due diligence dan menyewa pengacara dan akuntan untuk meneliti perusahaan. Tentu, anda tidak ingin menjadi kapten kapal tenggelam.

Sebuah variasi dari membeli bisnis yang didirikan adalah untuk membelu waralaba. Jika anda memiliki modal di depan, pada dasarnya membeli bisnis anda tinggal meneruskannya. Walaupun anda pastinya harus melakukan banyak pekerjaan, tetapi setidaknya sudah memiliki kerangka yang solid untuk memulai.

Ini hanya beberapa ide yang dapat digunakan untuk memulai bisnis anda sendiri. Jika salah satu dari yang kamu tuliskan diatas tidak bekerja untuk anda, jangan khawatir! Ada ratusan lebih ide di luar sana. Sebuah pertukar pikiran kecil dan penelitian dapat membawa anda ke pilihan yang terbaik bagi anda.

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu