Skip to main content

11 Prinsip Menjadi Pengusaha Sukses

11 Prinsip Menjadi Pengusaha Suksesmenjadi seorang pengusaha harus bercita-cita tinggi. Fokus menciptakan bisnis yag memiliki nilai moral dan budaya yang besar. Menjadi karyawan bukan sekedar memulai sebuah usaha kecil atau besar lalu asik dalam proses mencari keuntungan. Seorang pengusaha atau menjadi pebisnis harus mempunyai prinsip hidup. Semuanya harus terbentuk dalam sinergi positif.


Berikut adalah 11 prinsip menjadi pengusaha Sukses :
  • Sukses dapat didefinisikan dalam berbagai cara. - Jangan membuat kesalahan dengan memfokuskan secara eksklusif pada berapa banyak uang yang anda hasilkan. Uang memungkinkan untuk melakukan sesuatu, tidak lebih, tidak kurang. Anda dapat menggunakan uang untuk membantu orang lain. Ini memberi kesempatan untuk bermurah hati dan melakukan hal yang benar.
  • Menjadi sukses akan memakan waktu lebih lama dari yang kita pikirkan seharusnya. - Tidak ada cara tepat menjadi sukses. Jangan percaya siapa pun yang mengatakan sebaliknya. Mereka mengiklankan bagaimana cara cepat mencapai keberhasilan. Mengejar kesuksesan itu membutuhkan waktu dan proses lama karena untuk jangka panjang. Profesi pengusaha itu membutuhkan dedikasi. 
  • Banyak Cara untuk mencapai keberhasilan - Entrepreneur itu selalu bergerak. Jadi belajarlah sebanyak mungkin dari orang lain. Belajar dari pengusaha sebanyak mungkin. Tapi bukan berarti anda mengikuti jalan mereka, anda bisa membuat peta jalan sendiri dan mengubahnya. Tentu kita sudah mengetahui bahwa mendengar dan membaca pengalaman para pebinis sukses mempunyai jalan berbeda dalam meraih kesuksesan. 
    11 Prinsip Menjadi Pengusaha Sukses
  • Harus bersedia berkorban - Waktu adalah salah satu dari mereka (usaha). Jadi pastikan anda menikmati apa yang anda lakukan. Menjadi pengusaha harus merelakan waktu, karena waktu adalah uang. Apalagi saat memulai dan bagi pemula. Namun, jangan biarkan dedikasi anda menghancurkan bagian lain dari kehidupan anda. Memang banyak orang berkata harus bekerja 24 jam sehari. Akan tetapi kuncinya ada ditangan kita sendiri. 
  • Perlakukan setiap orang dengan hormat - Kita semua saling berhubungan. Industri lebih kecil dari seperti kelihatannya. Pengusaha bijaksana selalu memperlakukan setiap orang dengan hormat. Pebisnis yang telah hidup dalam proses kesuksesan berjiwa sosial yang tinggi. Memperlakukan setiap orang dengan hormat. Karena mereka pada umumnya mereka sudah mengalaminya.
  • Jika seseorang memperlakukan anda dengan buruk dari awal, usahakan untuk memperbaiki hubungan tersebut menjadi lebih baik.
  • Cobalah untuk bersabar - Situasi buruk terjadi ketika anda terburu-buru. Perlu diperhatikan bahwa waktu adalah salah satu aset terbesar pebisnis. Jika anda memberikan cukup waktu untuk berpikir sesuatu, anda akan menemukan lebih banyak kemungkinan.
  • Jangan mencoba untuk mengubah orang yang sulit.  Berfokuslah pada mengubah cara anda menangani mereka. Itulah salah satunya hal yang dibawah kendali anda.
  • Memiliki sikap positif - Orang ingin bekerja dengan orang yang mereka sukai. Tapi tentu mencari orang seperti itu sulit, apalgi sesuai dengan skil yang dibutuhkan ke dalam bisnis. Maka memiliki sikap positif pada siapapun adalah cara terbaik agar dapat bekerjasama dengan setiap orang. Jika kita berpikir postif pada orang yang tidak kita sukai, besar kemungkinan mereka juga akan melakukan hal yang sama.
  • Selalu berkata jujur, bahkan ketika itu menyakitkan. - Terkadang kita menjauhkan diri dari kejujuran, karena ketakutan beberapa hal. Menjaga harga diri atau menjaga perasaa orang lain. Tapi kejujuran walalupun menyakitkan harus tetap disampaikan, karena satu hal dapat berakibat baik atau buruk dalam di masa akan datang. 
  • Mengakui kesalahan - Banyak pengusaha yang memiliki egois tinggi. Ketika merasa salah, takut dan malu mengakui kesalahan. Tetap menyalahkan orang lain, pemerintahan bahkan sampai melemparkan kesalahan kepada karyawannya. Maka ketika anda gagal mengambil tanggung jawab atas tindakan sendiri atau pegawai, akuilah. Sebab itu bisa membusuk dan menjadi sebuah kebencian.


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena...

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan ...

Apa Itu Usaha Menengah?

Usaha menengah adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perseorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dengan usaha kecil atau usaha besar dengan jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan (Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Bab 1 pasal 1). Usaha kecil menengah juga berfungsi sebagai sarana untuk memeratakan hasil-hasil pembangunan yang telah dicapai. Kewirausahaan dalam menjalankan industri menengah adalah modalnya cukup besar, peralatan dan sarana tempat sudah bagus dan pembagian kerja sudah jelas, tenaga kerja/karyawan berjumlah 20 sampai 100 orang. UKM (Usaha Kecil Menengah) adalah tulang punggung ekonomi Indonesia. Jumlah UKM hingga 2011 mencapai sekitar 52 juta. UKM di Indonesia sangat penting bagi ekonomi karena menyumbang 60% dari PDB dan menampung 97% tenaga kerja.  Baca Juga ...