Skip to main content

Pemasaran Media Sosial untuk Bisnis Supaya Inovatif dan Lebih Efektif

Pemasaran Media Sosial untuk Bisnis dengan Inovatif dan Lebih Efektif Sudah menjadi fakta bahwa kehadiran #media sosial di masa sekarang benar-benar memberikan manfaat besar untuk tujuan pegembangan usaha, terlebih bagi usaha ukm (usaha kecil menengah). Media sosial hadir dengan konsep lebih modern dan lebih canggih. Internet dan media sosial telah berubah 100 persen menjadi bagian yang tidak terlepaskan dari kehidupan manusia, khususnya berpengaruh kuat bagi pelaku bisnis dalam hal pemasaran.

Pemasaran media sosial adalah cara atau teknik mendapatkan trafik dalam pemasaran online melalui situs-situs media sosial seperti Twitter, Facebook, Youtube dan lain-lainnya. Kehadiran media sosial seperti obat yang sudah lama di tunggu-tunggu banyak orang. Berbagai kegunaan yang membuat setiap orang harus mempecayakan pemasaran bisnisnya pada situs-situs yang seperti ini. Misalnya biaya promosi yang murah, mudah menggunakan, dapat membangun komunitas, memperluas prospek pasar, dan membangun konsumen pada sebuah perusahaan. 

Namun bukan berarti jika kita menggunakan media dalam pemasaran, tak langsung bisnis yang kita pasarkan secara otomatis meningkatkan keuntungan tanpa sebuah strategi yang tepat. Tentu kita harus paham penggunaan yang tepat dan strategi pemasaran melalui media sosial yang sesuai masyarakat modern saat ini. 

Program pemasaran media sosial pada umumnya dipusatkan pada usaha menciptakan konten berupa posting teks, tulisan, gambar, video dan infographis yang ditujukan untuk menarik perhatian pemakai dan mendorong mereka berbagi (share) sehingga di konversi menjadi profit. Media sosial merupakan platform yang sangat inovatif dan efektif untuk berkomunikasi dan mendengar keluhan pelanggan/klien dan calon pelanggan. 

Baca JugaSembilan Tips Blogging Untuk Bisnis Online Internet Marketing

Keberadaan sosial media sekarang menyediakan kecepatan berinteraksi antara pemilik usaha dan pelanggan. Sebagai konsumen, kita dipermudah untuk mencari produk atau jasa yang terpercaya dan sesuai dengan kemampuan daya beli. Sementara demikian juga bagi entrepreneur dimurahkan mempromosikan segala jenis produk dan jasa secara cepat. 
Pemasaran Media Sosial untuk Bisnis Supaya Inovatif dan Lebih Efektif


Untuk Melengkapinya, disini kami akan menambahkan beberapa strategi pemasaran media sosial agar lebih efektif:
  • Tentukan Target
Kenali target pasar produk anda. Dalam setiap statistik, kita selalu ditunjukkan persentasi pengunjung sesuai umur, jenis kelamin, negara dan lainnya. Nah, ketahui dulu apakah target anda pengguna media sosial yang berasal dari umur 15 tahun sampai ke 28 atau dari kalangan pelajar dan mahasiswa. Produk anda cocoknya untuk yang mana? 

  • Tentukan Media sosial akan digunakan
Menurut kami, untuk poinyang kedua ini. Saat ini jejaring sosial yang paling populer dan pengguna aktifnya paling banyak masih dipegang Facebook, Twitter dan Instagram. Jadi utamakan dulu media sosial itu. Tapi tidak masalah jika menggunakan forum-forum populer seperti Kaskus dan forum lainnya.

  • Membuat Konten yang Keren
Konten keren artinya konten yang kreatif, berguna bagi banyak orang dan segar. Karena konten adalah salah satu kunci utama dalam pemasaran melalui media sosia. Sederhana saja, kalau seandainya kita berada diposisi sebagai konsumen pengguna jejaring sosial melihat sebuah postingan yang biasa-biasanya saja, tentu akan melewatkannya. Sebaliknya, jika konten yang kita berikan kreatif, unik dan berguna bagi kehidupan banyak orang, pengguna internet pasti merasa tertarik membagikan informasi tersebut. 

  • Membentuk Komunitas Sendiri
Buatlah komunitas tersendiri yang khusus sesuai dengan bisnis anda. Secara berkala, komunitas ini menghadirkan berbagai konten yang menarik, unik dan berguna bagi member komunitas itu. Dalam komunitas ini, para anggota dapat saling bertukar tips, resep, dan berbagi infor tentang yang berhubungan dengan usaha anda.

  • Menjalin Interaksi dengan Pelanggan
Setelah membangun komunitas, coba berikan posting, tweet secara berkala. Jika perlu lakukan komunikasi secara personal agar mereka dapat mengenal produk bisnis anda. Sapa mereka dengan sopan. Usahakan tetap menjalin hubungan baik dengan kenalan-kenalan di media sosial, jangan lupakan pengguna lama karena pendatang baru.

Baca Juga : 7 Cara Bisnis Dapat Menguntungkan Dari Facebook

Oleh karena itu, jangan sia-siakan kepopuleran media sosial begitu saja. Jangan biarkan #sosial media berjalan sendiri tanpa campur tangan anda dan strategi yang tepat dalam pemasaran.

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari