Skip to main content

11 Cara Mudah Membuat Uang di waktu luang Anda

11 Cara Mudah Membuat Uang di waktu luang Anda Apakah anda pernah mendengar sebuah kalimat yang mengatakan bahwa berbagi adalah kepedulian. Tapi bagaimana kalau berbagi juga bisa membuat lebih banyak uang bagi anda? Dalam dunia ini saling terhubung saat ini, ada lebih banyak cara untuk membuat uang ekstra dengan sedikit usaha. Menghasilkan uang di waktu luang memang menjadi pilihan bagi mahasiswa untuk tambahan uang saku mereka setiap bulannya. Jika anda ingin membuat lebih banyak uang, anda tidak perlu kerja sambilan sebagai babysitter, atau berada di keramaian untuk mencari paruh pekerjaan paruh waktu yang mungkin tidak sesuai dengan jadwal anda yang sibuk. 

11 Cara Mudah Membuat Uang di waktu luang AndaAnda dapat menggunakan sistem ekonomi berbagi untuk keuntungan-keuntungan membuat uang sebagai imbalan. Itu kesepakatan yang cukup menggiurkan, kan?


Berikut adalah beberapa cara mudah membuat uang di waktu luang :
  • Menyewakan Apartemen/ Rumah Anda
Jika anda seperti kebanyakan orang, sewa adalah biaya terbesar dalam anggaran setiap bulan. Mungkin ini lebih cocok bagi anak orang kaya tentunya, khususnya yang memiliki rumah sendiri atau apartemen sendiri dimana anda tinggal sendirian ditempat itu. Bayangkan jika anda memiliki lebih dari satu kamar dalam rumah tersebut, itu bisa disewakan pada teman kampus anda yang bisa menjadi tambahan uang sakut per bulannya.Tapi ingat jangan pernah sekali-kali menyewakan rumah orang lain. Bisa-bisa anda yang rugi dua kali lipat.

  • Menyewakan Mobil Anda
Transportasi bisa menjadi anggaran yang besar bagi anda. Ini juga berlaku bagi siapapun yang sedang kredit mobil. Anda cenderung menghabiskan jutaan rupiah setiap bulan pada mobil tersebut. Tapi bagaimana anda bisa menutup beberapa lobang itu, dengan sedikit atau tidak ada usaha. Untungnya saat ini mobil tersebut dapat disewakan. Seperti direntalkan. Di medan sendiri mobil banyak dirental kepada penjual pulsa dan data internet dengan uang sewa 100 ribu sampai lebih setiap hari. Ada lagi yang menyewakan sebagai mobil pengantin, dan mobil wisata.

Bila anda tidak menggunakannya mobil anda, daripada membiarkannya berdebu. Maka lebih baik dijadikan penghasil uang yang bisa dapat menutupi uang angsuran setiap bulan. 

  • Membuat uang dengan Sebagai Pengemudi (Sopir)
Jika anda ingin membuat lebih banyak uang dengan menggunakan mobil anda sebagai driver untuk berbagai perusahaan. Atau kadang beberapa orang menyewa mobil berserta drivernya. Artiya anda akan mendapatkan penghasilan dua kali lipat. Seperti yang sedang populer di Ibukota saat ini, menjadi Sopir Uber Taksi. Karena pekerjaan ini flesibel, dapat dikerjakan ketika ada waktu luang. 

Selain mobil, motor anda pun bisa disewakan untuk membuat uang. Seperti menjadi Tukang Ojek Online yang saat ini sedang sangat digemari banyak orang di Ibukota. Beberapa tukang Go-jek telah membuktikan dapat menghasilkan pendapatan 300 ribu rupiah hingga 500 ribu rupiah per hari. Dan ingat pekerjaan ini dapat dikerjakan kapan saja. Menjadi tukang ojek Go-jek memungkinkan anda tidak perlu capek mutar-mutar, karena penumpang biasanya datang sendiri melalui aplikasi yang telah tersedia. 

  • Menyewakan Barang Anda (Tidak Terpakai)
Apakah anda pernah membeli sepeda karena satu alasan tertentu tanpa berpikir panjang? Sehingga sepeda tersebut hanya dipakai sebentar dan menjadi pajangan di gudang. Nah, sekarang biarkan barang-barang itu membuat uang bagi anda. Sewakan sepeda tersebut. Mungkin juga ada beberapa barang yang tak terpakai tersimpan dirumah, dimana itu bisa jadikan sebagai mesin pencetak uang bagi anda. 

  • Menjadi Penjual Pulsa
Menjual pulsa bahkan dapat dilakukan darimana saja, bahkan sambil anda kuliah atau bekerja di sebuah perusahaan swasta dimana bosnya mungkin lebih cerewet dari seorang Ibu tiri. Teman saya melakukan pekerjaan itu, jadi ketika anda yang sms untuk minta isi pulsa. Disaat bosnya sedang di ruangan, mereka biasanya pura-pura ke kemar mandir atau melakukan spekulasi lainnya. 

  • Menerima Ketikan
Saat ini memang boleh ditakan hampir setiap orang telah memiliki notebook atau laptop sendiri. Tapi apakah mereka serajin anda. Beberapa mahasiswa juga banyak yang malas ketika berurusan soal ketik mengetik. Makanya Jasa Rental Komputer banyak di dekat kampus. Artinya Jasa Ketik Komputer itu masih sangat dibutuhkan. Bahkan Jasa Ketikan dengan Mesin Ketik pun di sekitar kampus masih banyak terima job setiap harinya. Kenapa itu tidak anda manfaatkan untuk membuat uang. Anda hanya perlu menerima ketikan ketika ada waktu luang anda. Pekerjaan itu pun bisa dilakukan dari rumah, dikampus, saat bersama pacar dan saat hang out  di cafe. 

  • Berjualan barang bekas
Mungkin anda salah satu orang yang suka membeli barang sewaktu sedang berjalan-jalan. Anda bisa menjualnya mulai dari buku-buku lama sampai mainan yang masih layak pakai. Tentu anda harus pandai memilih barang bekas menarik yang bisa dijual. Dan tak harus punya sendiri, anda bisa menjual barang bekas lain, dengan mendapatkan fee dari setiap penjualan atau sebagai perantara. 

Baca Juga : 3 Usaha Kecil dan Menengah Yang Menguntungkan Paling Laris

  • Menjadi Guru Les Private (Pribadi)
Anda masih kuliah atau Ibu rumah tangga yang memiliki waktu luang tak terpakai. Luangkan waktu tersebut untuk membuat uang dengan menjadi guru privat mata pelajaran yang anda kuasai atau mengajar musik dan lainnya. Iya, yang penting anda memiliki sesuatu dapat dibagikan dan dijadikan sebagai uang. Bisa saja orang yang mendatangi rumah mu, dan anda yang mendatangi rumah orang yang menyewa jasa anda. 

  • Menjadi Penerjemah
Sepertinya belajar bahasa asing itu masih urusan keberapa di Indonesia ini. Di Medan ini banyak usaha yang membuka jasa terjemahan bahasa asing seperti Indonesia - Inggris dan Inggris - Indonesia. Kalau memiliki skill tersebut, kenapa tidak menggunakan kesempatan itu sebagai penghasil uang di waktu luang anda. Anda dapat mengambil pekerjaan part time sebagai penerjeman dan mendulang untung. 

  • Penulis Lepas
Saat ini cukup banyak pemilik blog yang kurang dapat membuat artikel dengan baik, sehingga tak sedikit dari mereka yang menggunakan jasa penulis lepas demi postingan blognya. Belum lagi perusahaan tertentu yang memiliki blog, sementara blog harus di update secara reguler. Menjadi penulis lepas tampaknya sangat tepat untuk mesin pencetak uang tambahan anda. Pekerjaan ini dapat anda lakukan darimana saja dan kapanpun, bahkan dari kamar mandi. (Baca JugaPengertian blogger? Bagaimana Cara membuat blog?)

  • Menjual produk secara online/ Affiliasi
Situs online saat ini telah mendapat perhatian banyak orang diseluruh dunia. Selain mempermudah orang berbelanja tanpa harus keluar dari rumah. Situs online juga bisa dijadikan sebagai penghasil uang, seperti menjual barang orang lain dengan komisi dari setiap produk yang terjual. (Baca Juga 6 Tips Terbaik untuk Bekerja Dari Rumah )

Comments

  1. ini baru pengusaha yang profesional ,makasih yah
    jalan-jalan juga ke blog saya
    http://kupukblog.blogspot.com/

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu