Skip to main content

6 Tips Terbaik untuk Bekerja Dari Rumah

6 Tips Terbaik untuk Bekerja Dari RumahSemakin banyak pengusaha yang bekerja dari jarak jauh. Mereka bahkan mungkin sudah mempunyai "kantor" sendiri di rumah, sebuah ruang bekerja. Atau sebuah tempat kedai kopi terdekat. Untungnya jaman sekarang bekerja dari jarak jauh tidak sulit, karena teknologi telah memungkinkan semua orang - bahkan pengusaha yang bolak-balik ke kantor seperti biasa setiap hari - untuk mendapatkan keuntungan dari fleksibilitas bekerja dari rumah ketika dibutuhkan. Bekerja di rumah dapat memberikan banyak fleksibilitas. Anda dapat bekerja ketika merasa menyukainya. Jika memiliki anak, Anda dapat mengatur jadwal hari kerja di antara berbagai aktivitas anak.

Siapapun yang bekerja dari rumah akan memberitahukan kepada anda bahwa itu memiliki manfaat, namun juga menantang. Pada tahun perkiraan 1998, mungkin media sosial belum ada. Dimana setiap orang harus bekerja di kantor. Dan mengontrol pekerjaan setiap hari dari kantor.

Bekerja dari rumah tentu mempunyai sedikit kekurangan, anda tidak punya satu interaksi dengan siapapun kecuali dengan ruangan tempat kerja peralatan kerja lainnya. Tidak ada manusia disekitar untuk berbagi ide secara langsung. Anda bekerja selama ber jam-jam, menggunakan piyama. Tidak ada seorang pun di sana untuk menekan pekerjaan anda, harus bangun tepat waktu, yang membuat anda mengembangkan disiplin diri. Jika Anda ingin berhasil bekerja dari rumah, Anda harus tahu bagaimana agar siap bekerja setiap hari dan selalu profesional, fokus, dan teratur.

6 Tips Terbaik untuk Bekerja Dari Rumah
Sumber by Adnein.net

Tapi hal itu dapat diatasi dengan baik, seperti bergabung dengan beberapa kelompok jaringan dan mengadopsi beberapa prakter terbaik. Berikut adalah beberapa tips yang perlu diingat untuk tetap fokus pada pekerjaan sepanjang hari :

Mengatur dan menjaga jam reguler kantor
  • Kebanyakan orang yang bekerja dari rumah menemukan mereka bekerja terlalu banyak. Pekerja jarak jauh berjuang untuk menjaga jadwal rutin, bekerja beberapa jam sehari. Beberapa gangguan tidak dapat dihindari. Klien tenggat waktu tiba-tiba mungkin memerlukan tambahan jam. Kewajiban pada keluarga dapat juga mengganggu, terutama jika anak-anak di rumah pada siang hari.
  • Makanya lakukan yang terbaik untuk mengatur jam kerja dan kewajiban kepada mereka. Kemudian mencoba yang terbaik untuk meninggalkan pekerjaan di "kantor" dan sementara menontaktifkan telepon untuk menikmati sisa hari anda. Beri waktu anda untuk mengisi ulang sehingga anda dapat seproduktif mungkin.

Rencanakan dan Membuat Struktur Hari Kerja 
  • Menyusun hari kerja anda untuk memaksimalkan efisiensi. Manfaatkan ritme alami tubuh anda dan rencana di sekitar jam paling produktif. Jika anda mengetahui, anda lebih fokus di pagi hari. Mungkin sebaiknya atur kerja pada pagi hari sampai jam berapa. Buatlah daftar tugas yang paling penting sebelum anda beralih ke bisnis kurang mendesak. Jika masih memungkinkan, untuk menutup pintu kantor anda untuk sinyal kepada orang lain bahwa anda bekerja dan tidak ingin diganggu.

Berpakaian yang Mengesankan
  • Memang menarik bekerja dengan hanya menggunakan piyama sepanjang hari, itu bukan kebiasaan kerja terbaik. Cara anda berpakaian dapat mempengaruhi secara psikologis. Meluangkan waktu untuk mandi, sarapan, sikat gigi dan pakaian dapat membuat seseorang merasa lebih percaya diri. 

Menyisihkan area kerja ditetapkan.
  • Konsistensi merupakan aspek penting untuk bekerja dari rumah. cobalah untuk bekerja di tempat yang sama setiap hari. Itu bisa tempat tidur dirubah menjadi kantor, atau menyediakan meja terletak di sudut ruang tamu atau bahkan di meja makan. 
  • Pastikan fungsi ruang kerja secara efisien untuk anda, bisnis dan gaya anda. Kelilingi diri anda dengan hal-hal yang menginspirasi dan membuat anda bahagia seperti menempatkan bunga, lukisan, gambar disekeliling tempat kerja  atau musik favorit. Membuat ruang kerja menjadi tempat dinikmati setiap hari, daerah dimana anda dapat fokus dan melakukan pekerjaan terbaik.

Mengambil Istirahat (Take Breaks)
  • Jadwalkan waktu untuk instirahat dalam sehari. Bangkit dari meja, peregangan atau berjalan di sekitar rumah atau di jalan. Mengambil istirahat makan siang dan menikmati makanan siang.
  • Jika anda memerlukan bersosialisasi sedikit, pergi keluar untuk makan siang bersama dengan teman-teman atau klien. Salah satu keuntungan bekerja dari rumah adalah mempunyai waktu flesibilitas. Jika kebugaran penting baia anda, lakukan perjalanan singkat ke gym yang dapat membuat sore produktif. 

Hindari Gangguan
  • salah satu tantangan bekerja dari rumah adalah accountability (pertanggung jawaban). Dengan kolega atau mitra dekat, sangat mudah untuk menjadi terganggu. Mungkin ada saja pekerjaan rumah dan harus dilakukan. Lakukan yang terbaik untuk menunda tugas-tugas rumah tangga, seperti laudri dan mencuci piring yang bisa dikerjakan pada malam hari. 
  • Tetap fokus pada pekerjaan sepanjang hari untuk mempertahankan produktivitas yang konsisten. Hindari gangguan online anda. Batasi waktu yang dihabiskan untuk email, media sosial dan situs terkait. 
  • Mengatur timer di ponsel atau perangkat komputer jika perlu. Jangan buang waktu atau uang pada pertemuan atau kegiatan yang counterproductive (tidak produktif) untuk keberhasilan anda tentunya. 
Itulah beberapa tips terbaik untuk bekerja dari rumah yang mungkin dapat menjadi referensi bagi anda yang ingin atau sudah bekerja dari rumah. 

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu