Skip to main content

9 Cara Termudah Untuk Memulai Pemasaran Pada Website Anda

Marketing Online - Situs web atau website adalah suatu halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada peladen yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi. Website merupakan komponent atau kumpulan komponen yang terdiri dari teks, gambar, suara animasi sehingga lebih merupakan media informasi yang menarik untuk dikunjungi. 

Website Statis adalah web yang mempunyai halaman tidak berubah. Artinya adalah untuk melakukan perubahan pada suatu halaman dilakukan secara manual dengan mengedit code yang menjadi struktur dari website tersebut.

Website Dinamis merupakan website yang secara struktur diperuntukan untuk update sesering mungkin. Contoh umum mengenai website dinamis adalah web berita atau web portal yang didalamnya terdapat fasilitas berita, polling dan sebagainya.

Website Interaktif adalah website seperti blog dan forum dimana dalam situs ini user bisa berinteraksi dan beradu argument mengenai apa yang menjadi pemikiran mereka dan biasanya memiliki moderator untuk mengatur topik tertentu.

Website Anda dapat digunakan untuk berbagai tugas, misalnya:
  • Membuat pengumuman atau pemberitahuan.
  • Memberikan pelayanan kepada Customer Anda.
  • Menerima masukan dari pengunjung/customer Anda.
  • Berkomunikasi langsung dengan Customer Anda yang berada di belahan dunia manapun.
  • Membagi dan mendistribusi file dan foto.
Nah, itu adalah sedikit yang perlu anda ketahui tentang situs web. Anggap saja anda telah merancang sebuah website, sudah ada konten didalamnya, dan segala sesuatunya terlihap bagus. Kecuali sekarang masalah ada satu masalah besar, bagaimana anda benar-benar mulai menarik pengunjung/pembaca atau mendapatkan bebera traffik ke wesite anda? sayangnya, walaupun ribuan orang setiap menit berada di internet, pengunjung tidak datang secara otomatis, tidak peduli situs anda terlihat berkualitas. Sebaliknya, anda harus menerapkan strategi online untuk mendapatkan trafik.

Berikut adalah 10 cara termudah untuk memulai pemasaran situs web anda. Sementara beberapa dari ini mungkin memerlukan biaya uang, investasi awal sangat penting.
  • 1) Media Sosial
Pertama adalah media sosial. Hal ini sangat mungkin karena persentase yang tinggi dari pelanggan potensial anda menggunakan jejaring sosial secara teratur. Gunakan kesempatan untuk membuat kehadiran bisnis anda pada platform yang paling populer dan mengarahkan pengikut anda untuk menemukan website anda. Beberapa platform yang paling umum digunakan untuk usaha kecil adalah Twitter, Facebook, dan Instagram.

Namun perlu diperhatikan untuk tidak langsung berjualan, jika tujuan anda berbisnis. Mulailah berkomunikasi, gunakan situs anda untuk membagikan informasi penting, tips dan solusi yang menyelesaikan masalah calon konsumen. Bisnis harus non-instrusif dan konsisten membantu. 

  • 2) Email Pemasaran
Selanjutnya adalah pemasaran email. Meskipun telah ada beberapa publikasi negatif selama bertahun-tahun karena spamming massal, namun pemasaran email masih merupakan metode pemasaran yang sangat sukses. Bahkan, masih memegang gelar untuk mencapai ROI (Return On Investment) tertinggi dibandingkan dengan metode pemasaran lainnya.

Untuk memulai, anda perlu membuat mailing list dan memberi orang alasan yang baik untuk memilih. Hal ini biasanya dilakukan dengan beberapa bentuk giveaway gratis, yang mengharuskan pengunjung email pengajuan untuk menerima insentif. Kampanye email berikutnya kemudian digunakan untuk mengarahkan orang ke situs web anda untuk alasan yang berbeda. Email pemasaran memberikan tingkat konversi yang sangat baik dan itu relatif hemat biaya dan mudah diatur.

  • 3) SEO (Search Engine Optimization)
SEO sangat efektif untuk usaha kecil karena orientasi google baru-baru ini terhadap hasil pencarial lokal. Sementara. Berikut beberapa praktik terbaik terkenal untuk mengoptimalkan halaman :
  • Menciptakan konten berdasarkan penelitian kata kunci
  • Menggunakan kata kunci yang relevan di seluruh teks secara alami
  • Menggunakan gambar dan video (Itu memiliki kata kunci dalam judul mereka!)
  • Menghubungkan ke situs yang relevan dan termasuk format yang lebih baik (termasuk H1 dan tag judul lainnya) (Baca Juga Jenis-Jenis dan Pengertian SEO)
Dengan mengikuti praktir terbaik dan terus menguji apa yang bekerja dan menerapkan perubahan apapun, anda dapat mengoptimalkan situs anda untuk peringkat tinggi di halaman hasil mesin pencari. Tidak hanya itu, anda juga dapat menempatkan kata kunci untuk mencapai segmen tambahan atau niche yang lebih bertarget sebagai bisnis anda. 

  • 4) PPC (PAY PER CLICK)
Dengan PPC Advertising, anda menggunakan outlet iklan internet sebagai Google Adwords, untuk posisi iklan anda di dekat bagian atas hasil pencarian untuk istilah kunci yang anda pilih. Jumlah yang anda bayar ke Google, didasarkan pada jumlah kali orang mengklik iklan. Anda juga bisa menyesuaikan dengan anggaran yang anda punya. Karena PPC melibatkan investasi uang, adalah bijaksana untuk melakukan penelitian atau meminta saran. Namun, metode pemasaran ini telah terbukti sangat efektif untuk mendapatkan traffik dengan tingkat konversi yang lebih tinggi.

  • 5) Konten Update
Mengarahkan traffik baru hanya setengah pertempuran. Anda juga harus mengubah traffik itu setelah mereka mencapai website anda. Pastikan bahwa halaman cenderung berinteraksi dengan pengunjung baru, dan halaman itu up to date dan terfokus pada untuk mendapatkan mereka mengambil tindakan tertentu. (Baca Juga15 Tips Jitu Membuat Konten Berkualitas Untuk Blog)

  • 6) PR (Publict Relation) - Humas
Semakin banyak PR yang anda lakukan, semakin banyak ata menyebar tentang bisnis anda. Siaran pers adalah kesempatan besar untuk pasar bisnis anda setiap kali anda memiliki pengumuman tentang promosi produk bary, layanan baru, dll. Meskipun siaran pers sendiri bisa mahal, mereka adalah cara yang bagus untuk dijemput oleh industri blogger dan peningkatkan backlink profil seo anda. Perlu diingat bahwa PR tidak harus bergantung hanya pada pers releases. Anda bisa mulai dengan membuat profil Google My Bisnis dan memastikan semua saluran online secara konsisten dengan strategi PPC dan SEO anda. Jika anda benar-benar kekurangan uang tunai, pertimbangkan pengumuman siaran pers di website anda dan menggunakan secara efektif dengan dipromosikan di media sosial dan mengarahkan traffik ke situs web anda.

  • 7) Referrals
Jika anda memiliki banyak pelanggan online yang setia dan senang terhadap anda, mereka cenderung untuk memajukan bisnis anda dengan rekomendasi dan komentar positif. Untuk memaksimalkan efek ini, perlihatkan ulasan-ulasan pelanggan. Bahkan jika anda menerima ulasan positif, tidak perlu dihapus, manfaatkan itu sebagai langkah merebut kesempatan untuk mengatasi masalah secara profesional dalam forum publik. Pastikan bahwa anda secara teratur memantau dan mengomentari setiap outlet yang relevan dengan industri anda, seperti TripAdvisor, Yelp, Forum atau Group Facebook

  • 8) Pemasaran Video - You Tube
Video merupakan kekuatan penting untuk pemasaran saat ini, dan YouTube adalah layanan video terbesar di dunia. Video telah terbukti meningkatkan keterlibatan pengguna dan konversi pengunjung. Sementara beberapa video dapat menjadi sebuah virus untuk sebuah usaha. Tidak juga perlu biaya mahal untuk marketing video.

  • 9) Pemasaran Offline
Seiring dengan semua strategi pemasaran online, anda juga perlu untuk menjangkau khalayak offline anda. Lakukan ini dengan memperbaharui kartu nama anda, bahkan stiker dalam kenderaan anda untuk memasukkan URL website anda, anda dapat meningkatkan traffik dan kembali terlihat oleh pelanggan.

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu